sekolah online ruangguru

Tips Mudah Produktif Selama di Rumah Aja!

Produktif Selama di Rumah – Tau ga sih guys, banyak banget orang di luar sana yang sering bertanya gimana sih caranya agar tetap produktif walaupun di rumah aja? Atau gimana sih caranya menata waktu belajar agar tetap produktif walaupun liburan? Dan masih banyak lagi.

Kebanyakan dari mereka selalu bertanya, apa kunci produktif? Entah itu dalam belajar maupun beraktivitas. Nah, guys aku bakal share nih ke kamu, kunci agar selalu produktif walaupun di rumah aja. 

Jadi, kunci produktif walaupun di rumah aja adalah agenda guys! Percaya ga percaya, agenda memiliki pengaruh yang besar lho untuk mengatur segala aktivitas sampai moodmu seharian penuh!

Wuidih, keren banget kan? Nah, kira-kira gimana sih caranya menyusun agenda? Atau apa aja sih yang dibutuhkan? Yuk, langsung cek tips di bawah ini ya!

Tips Mudah Produktif Selama di Rumah Aja!

1. Membuat atau membeli buku

Tahap pertama yang paling penting, tapi seringkali dilewatkan adalah memiliki buku yang dekoratif. Mungkin lebih tepatnya sesuaikan dengan keinginan maupun selera pribadimu guys. Hal ini berguna agar kamu selalu semangat dalam membuat jadwal atau agenda.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali membuat agenda, aku sarankan agar menggunakan buku yang dekoratif supaya lebih menarik perhatian dan membuatmu bersamangat dalam membuat agenda.

Namun, juga ada alternatif nih untuk kamu yang mager menghias buku. Kamu bisa langsung membeli buku agenda di toko buku atau market online guys. Di sana tersedia banyak banget jenis agenda. 

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

Mulai dari harian, bulanan, sampai tahunan. Saranku, kamu bisa memilih agenda yang terdiri dari 3 hal di atas guys. Memang lembarannya otomatis akan berkurang satu sama  lain, tetapi lebih baik untuk memilih sebuah agenda yang berisi harian, bulanan, dan tahunan.

Kamu yang pengen melakukan dekorasi sendiri juga bisa kok guys. Pertama,  bisa menggunakan agenda biasa yang langsung dihias atau membuat kertas sendiri. Nah, salah satu aplikasi yang dapat membantumu membuat kertas agenda adalah Canva tau Micrsoft office guys. Di sana tersedia banyak template yang lucu banget deh!

2. Mulai dari bangun tidur

Ini penting guys. Apabila kamu hendak menulis sebuah agenda, mulailah dari bangun tidur, lalu rancangkan apa yang ingin kamu lakukan dalam seharian itu. FYI, menulis agenda di pagi hari dapat membantumu agar lebih semangat dan membuat moodmu menjadi lebih baik. 

Ga hanya itu, power of membuat agenda di pagi hari adalah melatihmu untuk bangun pagi dan merencanakan sesuatunya sedari dini mungkin. Manfaat lainnya adalah berguna membuatmu selalu produktif dalam seharian penuh. Ingat guys, produktif bukan berarti belajar terus, tetapi melakukan kegiatan lain yang kamu suka selain rebahan hehehe.

3. Perhitungan waktu

Jangan lupa guys, kamu juga harus melihat realita yaa. Seringkali nih, kita membuat sebuah agenda tanpa menghitung estimasi waktu yang dihabiskan sehingga kebanyakan agenda malah meleset guys.

Tentukan waktu yang sesuai dengan kemampuanmu ya, jangan dikurangkan atau bahkan dilebihkan terlalu banyak. Apabila kamu kurangkan, tentunya aktivitas yang kamu lakukan menjadi tak maksimal.

Sedangkan apabila dilebihkan, maka kamu bisa kembali tak produktif deh dan waktunya terbuang sia-sia. Oh iya, sekedar tips dari aku guys, ada dua cara nih dalam menulis waktu di agenda.

  1. Pertama kamu bisa tulis pukul berapa hingga pukul berapa kamu melakukan suatu aktivitas. Misalnya, 07.00-08.00 (membaca buku), dll.
  2. Kedua, kamu bisa menggunakan alarm sebagai penanda guys. Aku sendiri menggunakan cara kedua. Prinsipnya kaya bel di sekolah gitu, jadi mempermudah kamu untuk lebih notice terhadap waktu.
Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Atau kalian juga bisa mengkombinasikan keduanya guys!

4. Kurangi kegiatan yang tidak penting

Nah, kebanyakan dari kita sering banget menghabiskan waktu yang kurang penting dalam melakukan suatu hal. Sebenarnya refreshing boleh guys, tetapi apabila keseringan juga tidak baik karena membuat kita menjadi tak produktif.

Mulai sekarang kalian bisa mengganti beberapa kegiatan kurang penting seperti bermain HP sampai berjam-jam atau bermain game dari pagi sampai malam, dengan kegiatan yang lebih bermanfaat sehingga segala kemampuan atau talenta kalian dapat diasah.

Sedangkan, apabila kalian menekuni game atau bermain HP sebagai sebuah hobi maka memiliki tujuan pasti. Tentukan juga kiat-kiat agar kalian tidak hanya sekedar main, tetapi berkembang guys.

5. Jam makan siang

Sering banget nih dilewatkan. Iyap, produktif boleh guys, tetapi jangan sampai melewatkan jam makan siang yang sangat penting. Kalian tetap harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi nutrisi dan asupan makanan yang sesuai. 

Jangan sampai nih, keasyikan produktif eh malah ketinggalan jam makan siang. Bisa juga guys, kalian jadikan makan siang sebagai salah satu agenda produktif. Misalnya, belajar memasak sesuatu untuk makan siang.

6. Penempatan agenda

Next, adalah penempatan agenda, hal ini ga kalah pentingnya guys. Kalian dapat menempatkan agenda di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau sehingga setiap waktu dapat dengan mudah mengambil, mengoreksi, sampai mengatur agenda kalian ya.

7. Evaluasi

Terakhir, ada tips dari aku guys. Nah, kalau kalian ingin bertumbuh atau berkembang pastinya memerlukan evaluasi di setiap aktivitas. Usahakan pada malam hari, setelah selesai beraktivitas kalian bisa mengambil beberapa menit untuk mengevaluasi.

Kira-kira kegiatan apa yang harus dikurangi atau bahkan kegiatan apa yang waktunya harus ditambah. Ini bermanfaat agar kamu selalu berkembang dan tidak stuck di situ saja guys!

Oke, di atas adalah beberapa tips untuk produktif selama di rumah. Kunci utamanya adalah manajemen waktu melalui agenda guys. Selain itu, agenda sendiri berguna agar kamu belajar mendisiplinkan diri sekaligus waktu terhadap aktivitas yang hendak kamu lakukan. 

Baca Juga:  Tips Menyusun Perencanaan di Tahun Baru

Di balik semua kegiatan produktifmu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan ya guys! Selamat mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beber…