3 Rekomendasi Web Untuk Memperbaiki Ejaan Tulisan yang Wajib Diketahui Pelajar

Kamu sebagai pelajar pasti sering membuat suatu artikel, makalah, dan cerita bukan? Entah itu dari tugas sekolah atau memang kamu memiliki hobi menulis.

Menulis memang bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan karena kamu dapat menuangkan isi pikiran. Namun, kamu juga harus memperhatikan beberapa unsur dalam menulis.

Untuk dapat menguasai unsur yang diperlukan, dibutuhkan pendalaman dan banyak belajar. Unsur yang perlu diperhatikan terdiri dari kata baku, ejaan penulisan, kalimat efektif, hingga paragraf yang padu.

Sekarang, sudah ada web yang menyediakan jasa untuk membantu kamu dalam memperbaiki penulisan. Hanya perlu memasukkan tulisan dan kamu akan diberi tahu tulisan yang salah beserta perbaikannya. So, ini dia rekomendasi web untuk memperbaiki ejaan tulisan yang wajib diketahui pelajar!

Daftar Isi

Rekomendasi Web Untuk Memperbaiki Ejaan Tulisan

1. Ejaan.id

web untuk memperbaiki ejaan tulisan

Ejaan.id adalah laman penyuntingan atau edit secara online. Berdasar pada ilmu linguistik dan sistem informasi, pengguna dapat memperbaiki kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia secara tersistem.

Tak perlu takut, web ini sudah berpedoman pada PUEBI yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Karena itu, kamu tidak perlu takut jika masih akan ada kesalahan pengejaan atau lain hal.

Web ejaan.id bertujuan untuk mengembangkan model penggunaan bhasa Indonesia yang benar melalui teknologi. Sistem ini sudah berpedoman pada PUEBI dan KBBI untuk memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku, serta memperbaiki ejaan yang salah.

Founder dari Ejaan.id juga merupakan seorang dosen linguistic sehingga web ini juga dapat dipercaya dalam memperbaiki tulisan kamu.

Cara menggunakannya sangat mudah kamu dapat pergi ke google kemudian cari ejaan.id. Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman web. Di halaman web berisi penjelasan mengenai web ini, dan ada pilihan pelajari atau coba sekarang.

Baca Juga:  Cara Meraih Juara 1 di Kelas Pasti Berhasil!

Pilih yang coba sekarang. Kemudian akan ada tempat untuk menaruh tulisan. Masukkan tulisan yang ingin kamu perbaiki dan klik perbaiki ejaan. Perbaikan akan muncul setelahnya.

2. Typograp

web untuk memperbaiki ejaan tulisan

Memiliki fungsi yang sama seperti ejaan.id, typograp akan membantu kamu dalam memperbaiki tulisan dalam bahasa Indonesia. Typograp juga berpedoman pada PUEBI dan KBBI untuk memperbaiki penulisan yang salah.

Typograp dapat diakses oleh siapa saja dan secara gratis, memang tujuan dari pembuatan typograp ini adalah menyediakan layanan penulisan profesional secara gratis untuk memudahkan kamu.

Perbedaan typograp dengan ejaan.id terdapat pada penyediaan fiturnya. Typograp memiliki berbagai fitur yang berguna untuk memperbaiki tulisan kamu. Fitur yang bisa diakses secara gratis terdapat fitur artikel rewrite, typo checker, dan kamus IDN.

Setiap fitur memiliki kegunaan tersendiri, contohnya artikel rewrite akan membantu kamu menulis ulang artikel dengan kata atau kalimat yang lebih baik dan efektif. 

Cara menggunakan typograp cukup mudah, kamu bisa cari di internet typograp.com, kemudian kamu akan masuk ke dalam halaman typograp. Setelah itu pilih layanan yang mau digunakan.

Jika ingin mengecek kesalahan penulisan atau ejaan pilihlah typo checker. Jika ingin membuat artikel dengan kata dan kalimat lebih baik pilihlah artikel rewrite. Terdapat pula kamus IDN untuk melihat kata dalam kamus Indonesia. 

3. KBBI Kemdikbud

web untuk memperbaiki ejaan tulisan

KBBI Kemdikbud merupakan situs resmi untuk pencarian kata dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Situs ini sendiri dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa Indonesia.

Web ini dibuat dengan tujuan unuk memberi akses informasi secara luas kepada masyarakat Indonesia serta memberi fasilita pada masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan akan kosakata bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Tips Belajar Agar Tidak Mudah Jenuh dan Bosan

Cukup berbeda dengan kedua web sebelumnya, dalam KBBI Kemdikbud kamu hanya dapat mencari kosakata yang ingin kamu ketahui artinya atau mencari kata baku dan tidak baku. Web ini juga dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia, sehingga kebenarannya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Web ini seperti KBBI namun secara online. Web ini diperbarui secara rutin, sehingga kosakatanya juga semakin lengkap. Cara penggunaan KBBI Kemdikbud juga sangat mudah dan tentunya gratis.

Kamu dapat membuka internet dan mencari kbbi.kemdikbud.go.id. Setelah terbuka pada halaman utama web, akan langsung tersedia tempat untuk mencari kata. Masukkan kata yang ingin kamu ketahui, maka kata tersebut akan langsung muncul arti beserta sinonim atau kata yang baku. Aplikasinya pun juga bisa didapatikan di smartphone.

Itu dia beberapa rekomendasi web untuk memperbaiki ejaan tulisan. Selain memudahkan pengerjaan tugas, web ini dapat kamu manfaatkan sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri.

Selagi memperbaiki penulisan, pelajarilah letak kesalahan tulisan kamu, sehingga di kemudian hari tidak ada lagi kesalahan penulisan. Hal ini menjadi bukti bahwa ada banyak sarana atau media yang dapat kamu manfaatkan untuk belajar.

Sehingga tidak ada lagi kata malas yang menghambat proses belajar. Sebagai seorang pelajar, semangat belajar harus selalu ada dalam diri kamu. Manfaatkanlah berbagai media di sekitar kamu seperti internet untuk membangun semangat belajar. Semangat selalu pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…