6 Rekomendasi Cara Belajar untuk Mahasiswa, Dijamin Ampuh Untuk Menghadapi Ujian

Hai kamu! Kali ini aku mau sedikit share tentang gimana sih cara belajar untuk mahasiswa-mahasiswa clever ini. Mahasiswa clever itu maksudnya gimana sih? Ok, jadi bisa disebutkan bahwa mahasiswa clever ini merupakan mahasiswa-mahasiswa yang aktif dalam belajar, yang kebanyakan mahasiswa-mahasiswanya itu ambisius dan bisa mengontrol diri sehingga bisa menjadi pribadi yang produktif.

Dalam bahasa Indonesia, Clever itu pintar, cerdas, cekatan, cerdik dan cakap. Paket komplit banget ya guys. Nah kurang lebih gambaran mahasiswanya ya seperti itu. Mau tau cara mahasiswa-mahasiswa itu belajar? Simak penjelasannya dibawah ini yaaa

Cara Belajar untuk Mahasiswa Khas Pelajar Clever

cara belajar untuk mahasiswa
Image by StockSnap from Pixabay

1. Banyak Membaca

Semua orang tau bahwa membaca adalah salah satu kebiasaan/hobi yang sangat bermanfaat. Jika kamu mempunyai hobi atau kesukaan dalam hal membaca, maka kamu adalah orang yang beruntung. Kenapa gitu? Karena dengan kita banyak membaca tentu kita bisa memperluas wawasan kita yang nantinya akan sangat berguna baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar.

2. Mendengarkan Materi dengan Sungguh-sunguh

Kalau kamu tipe yang kurang suka membaca, kamu bisa gunakan waktu belajarmu dengan mendengarkan materi melalui, channel youtube atau mungkin dari aplikasi belajar yang sering digunakan oleh beberapa orang.

Selain itu kamu juga tidak akan bosan karena biasanya video-video materi penbelajaran yang ada di channel youtube atau aplikasi disertakan animasi atau gambar-gambar sebagai pembantu dalam penyampaian materi.

3. Belajar dengan Mandiri

Di dalam beberapa kasus, seorang mahasiswa yang memiliki ketergantungan terhadap dosen ataupun pengajar biasanya akan memiliki sifat kurang mandiri dan kurang percaya diri.

Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus biasakan untuk sesekali mandiri dan tidak bergantung kepada dosen ataupun pengajar itu juga demi melatih kemandirian dan kepercayaan dirimu. Selain itu, kamu juga bisa lebih inisiatif dan teliti dalam mempelajai sesuatu terleih khusus materi pembelajaran yang diberikan dosen maupun pengajar.

4. Membatasi Penggunaan Gadget

Akan lebih baik jika kamu mencari tau menggunakan buku atau jurnal yang berkaitan dengan materi yang sedang kamu pelajari. Jangan terbiasa menggunakan internet dalam belajar atau mencari sesuatu yang ingin kamu ketahui.

Akan tetapi, bukan berarti penggunaan internet untuk belajar itu di larang, ya. Tidak seperti itu. Hanya saja jika kamu menggunakan buku dan membaca secara langsung tanpa distraksi dari gadget yang kamu gunakan, maka kamu akan merasa lebih tenang dan fokus.

5. Istirahat yang Cukup

Terlalu banyak belajar tapa ingat istirahat jua ga bagus ya, guys. Pastikan kamu cukup istirahat ya. Istirahat itu bukan rebahan terus scroll sosmed, ya. Itu namanya bukan istrahat. Istirahat disini adalah kamu bear-benar tidak berurusan dengan hal-hal yang membuat otak, otot dan syarafmu tegang.

Trus gimana?? Gampang! Kamu cuma perlu tidur atau bejalan-jalan sebentar, melihat lagit, mencari udara segar, melihat pepohonan atau tumbuhan hijau buat kamu yang terlu lama di depan komputer ataupun gedgetmu itu. 

6. Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Selain beristirahat yang cukup, penting juga menjaga keadaan tubuh tetap bugar. Dengan beristirahat yang cukup, dan menjaga kebugaran tubuhmu, kamu akan memproduksi lebih banyak oksigen di dalam otak dan hal itu sangat membantu kamu dalam berpikir.

Hal ini karena belajar merupakan kegiatan yang menguras kinerja otak. Maka dari itu sangat penting menjaga agar tubuh dapat beristirahat dengan baik, sehingga kamu akan lebih fokus dalam belajar.

Demikian beberapa cara belajar yang mungkin bisa kamu praktekan agar kamu bisa lebih maksimal dalam belajar dan lebih percaya diri dalam menjalani kegiatan dan kelas di masa-masa kuliahmu. Selain itu hal tersebut juga mengajarkan kamu agar selalu disiplin dan konsisten, serta menghargai setiap waktu yang kamu pakai untuk belajar.

Jangan pernah merasa puas belajar karena ilmu akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu dan yang pasti ilmu akan selalu berguna dimanapun dan kapanpun. Tetap semangat dan buktikan bahwa cita-citamu bukan hanya sekedar cita-cita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif – Tahukah kamu jika otak berpotensi untuk mengha…