4 Perbandingan Roboguru dan Brainly, Kamu Pilih yang Mana?

Siapa nih di antara kamu yang seringkali kebingungan dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau PR? “Kok jawabannya ga nemu sih?” atau “Waduh, maksud soalnya apa to?” dan masih banyak lagi keluhan mengenai pekerjaan rumah. Di sisi lain, rasanya agak canggung kalau bertanya via chat atau telepon dengan guru terkait.

Ketika menghadapi situasi ini, kebanyakan siswa memilih bertanya kepada teman atau mencari jawaban di internet. Salah satunya melalui forum Brainly.co.id yang sudah ramai digunakan siswa seluruh Indonesia sejak dulu.

By the way, ternyata ada cukup banyak forum tanya-jawab seperti Brainly lho guys. Salah satunya adalah Roboguru sebagai program dari Ruangguru. Nah, kali ini penulis mau menjabarkan perbandingan Roboguru dan Brainly berdasarkan berbagai faktor terkait. Kira-kira oke siapa sih? Roboguru atau Brainly? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Perbandingan Roboguru dan Brainly

1. Jawaban yang Diberikan

roboguru dan brainly

Oke, perbandingan Roboguru dan Brainly yang pertama ialah jawaban yang diberikan. Tentunya jawaban menjadi persoalan paling penting dong di antara dua forum ini. Pertama-tama, akan kita mulai dengan forum Brainly.

Untuk Brainly sendiri menganut sistem terbuka, artinya siapapun bisa memberikan jawaban terhadap soal yang diajukan. Mulai dari sesama siswa, dewasa, guru, dan masyarakat umum guys.

Berbeda dengan Roboguru, sistem dari Roboguru sendiri cenderung satu arah guys. Artinya kamu sebagai siswa akan mengajukan soal, kemudian master teacher dari Ruangguru yang akan menjawab soal-soal yang kamu berikan.

2. Mata Pelajaran yang Diajukan

roboguru dan brainly

Next, perbandingan Roboguru dan Brainly berikutnya terletak di mata pelajaran yang bisa diajukan dalam masing-masing forum. Untuk Roboguru sendiri memetakan setiap materi berdasarkan jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, SMA, SBMPTN, dan STAN.

Kamu bisa bertanya materi apa saja, mulai dari Matematika, Sosiologi, Penjaskes, Kewirausahaan, bahkan Bahasa Daerah juga guys. Ga jauh berbeda dengan Brainly, forum ini menyediakan materi untuk SBMPTN, Ujian Nasional, dan materi umum.

Perbedaannya adalah Brainly juga menyediakan forum bagi kamu yang ingin bertanya soal mengenai Bahasa Jepang, Mandarin, dan juga Bahasa Perancis. Selain itu, hampir keduanya memiliki cakupan materi yang sama guys.

3. Pembahasan Jawaban

roboguru dan brainly

Yap, sejauh ini memang masih susah ya untuk memilih Roboguru atau Brainly. Kalau gitu, penulis akan menjabarkan faktor berikutnya yaitu pembahasan jawaban. Dimulai dari forum Roboguru dari Ruangguru.

Roboguru sendiri menyediakan pembahasan berupa teks maupun video guys. Hal ini dikarenakan Roboguru memberikan jawaban dari master teacher yang ahli di bidangnya, maka jawaban yang diberikan pun pasti berupa teks yang lengkap atau video penjelasan apabila materi yang diajukan memang membutuhkan video penjelas.

Misalnya, sinonim “ganteng” dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Roboguru tidak hanya memberi jawaban “tampan” saja, melainkan juga pengertian dari sinonim bahkan antonim dalam Bahasa Indonesia. Kamu juga akan diberi pilihan sinonim selain tampan, sesuai dengan konteks kalimat.

Berbeda dengan Brainly yang hanya menyediakan jawaban berupa teks dan beberapa kali gambar, sesuai dengan keinginan dari pemberi jawaban. Hal ini berlaku bagi semua mata pelajaran ya guys.

4. Media yang Digunakan

roboguru dan brainly

Perbandingan Roboguru dan Brainly berikutnya ialah media yang digunakan. Sejauh ini, Brainly hanya menggunakan website resmi Brainly.co.id sebagai media untuk upload soal dan juga menjawab berbagai soal yang diberikan.

Sedangkan, untuk Roboguru sendiri menyediakan dua forum untuk bertanya guys. Pertama, kamu bisa melalui website roboguru.ruangguru.com atau melalui WhatsApp ke nomor 0815-7815-0000.

Untuk Roboguru sendiri akan menjawab dalam kurun waktu 1×24 jam, sedangkan Brainly umumnya tidak dapat diprediksi karena dapat dijawab oleh siapa saja dan kapan saja, sesuai dengan minat dari masing-masing penjawab.

5. Berbayar atau Tidak?

roboguru dan brainly

Perbandingan Roboguru dan Brainly yang terakhir ialah masalah pembayaran. Pasti banyak di antara kamu yang berpikir kalau Roboguru ini berbayar. Eits, jangan salah guys, Roboguru ini gratis-tis! Beneran gratis kok!

Hanya saja, Roboguru menyediakan dua layanan yaitu layanan bagi yang berlangganan dan gratis. Khusus yang gratis, maka kamu akan dikenakan batasan dalam bertanya. Sedangkan, apabila kamu berlangganan maka kamu akan mendapat kebebasan dalam bertanya kepada master teacher.

Biar belajar kamu lebih terarah alangkah baiknya kamu bertanya di Ruangles Online Ruangguru, karena kamu bakal diajarin langsung oleh tutor yang berpengalaman. Harganya juga sangat terjangkau, kamu tinggal beli koin dan bisa nanya sepuasnya.

Berikut Cara Beli Koin Ruangles online

Langkah 1

Pada halaman beranda akun kamu silahkan pilih menu Pembelian paling bawah kemudian pilih Ruangles online.

Langkah 2

Agar kamu bisa mendapatkan harga diskon silahkan pilih paket 3 koin.

Langkah 3

Kemudian masukkan kode diskon, untuk mendapatkan harga diskon gunakan kode DISKON65, pilih Masukkan kode kupon atau diskon, kemudian masukkan kode dan pilih Gunakan.

Langkah 4

Langkah selanjutnya silahkan pilih metode pembayarannya.

Itu tadi beberapa perbandingan Roboguru VS Brainly guys! Bagaimana menurutmu? Lebih prefer ke Roboguru atau Brainly? Penulis sendiri lebih menyarankanmu untuk menggunakan Roboguru karena keakuratan dalam jawaban.

Kamu ga perlu khawatir lagi jawaban yang diberikan salah atau bagaimana jawaban tersebut bisa ketemu (khususnya dalam matematika). Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Roboguru memberikan jawaban secara akurat dari master teacher dan juga pembahasan yang lengkap.

So, tunggu apalagi? Kamu yang kesulitan mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah (PR) bisa langsung bertanya ke Roboguru ya guys! Buat kamu yang kepo dengan fitur lain di Roboguru, bisa langsung klik link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Menggunakan Ruangguru di Laptop

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Ruangguru, langkah selanjutnya yang harus …