Sekolah Kedinasan yang ada di Surabaya

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan terbesar setelah Jakarta. Oleh karena itu tak heran bahwa Surabaya juga menjadi salah satu pusat pendidikan bagi provinsi Jawa Timur. Tak hanya sekolah-sekolah umum saja yang banyak berdiri di Kota Surabaya, sekolah kedinasan di Surabaya juga cukup banyak di rintis.

Bila Kamu merupakan salah satu penduduk Jawa Timur, maka ada baiknya Kamu memprioritaskan beberapa sekolah kedinasan yang ada di surabaya untuk menambah pengetahuan Kamu, sekaligus mendapatkan jaminan kerja di instansi dinas yang menaungi sekolah kedinasan. Jadi Kamu bisa mendapatkan dua hal sekali jalan.

Sekolah Kedinasan di Surabaya

Berikut beberapa sekolah kedinasan yang ada di Surabaya:

1. Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Pelayaran Surabaya merupakan politeknik yang berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan. Pusat pendidikan dari Politeknik Pelayaran Surabaya adalah berada di jalan Gn. Anyar Boulevard No. 1, Kota Surabaya. Politeknik Pelayaran Surabaya ini di rintis sejak tahun 1982 di Semarang dan kemudian di resmikan menjadi Politeknik Pelayaran Surabaya sejak tahun 2013.

Politeknik Pelayaran Surabaya atau di singkat sebagai POLTEKPEL Surabaya memiliki akreditasi dari BAN PT dengan predikat B. Tujuan dari di dirikannya Politeknik Perkapalan Surabaya adalah untuk mencetak tenaga kelautan dan pelayaran yang ahli, mandiri dan profesional, sehingga mampu membantu perkembangan transportasi Indonesia.

2. POLTEKES KEMENKES (Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan) Surabaya

Sesuai dengan namanya POLTEKES KEMENKES berada langsung di bawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.POLTEKES ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang di dirikan sejak tahun 2004. Pusat pendidikan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan ini terletak di Jalan Pucang Jajar Tengah No. 56, Surabaya.

Baca Juga:  Tes Bakat dan Minat Kamu Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Politeknik kesehatan ini telah mengantongi ijin untuk membuka program studi dengan jenjang mulai dari diploma III hingga diploma IV. Tujuan di dirikannya Politeknik kesehatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja medis maupun pembantu medis yang mandiri dan profesional di wilayah Surabaya dan sekitarnya, atau di wilayah lain di Jawa Timur.

Beberapa program studi yang di sediakan oleh Politeknik Kesehatan Surabaya ini adalah:

  • Jurusan DIII dan DIV Keperawatan
  • Jurusan DIII dan DIV Kebidanan
  • Jurusan DIII dan DIV Kesehatan Lingkungan
  • Jurusan DIII dan DIV Teknik Elektro Medik
  • Jurusan DIII dan DIV Analis Kesehatan
  • Jurusan DIII dan DIV Keperawatan Gigi
  • Jurusan DIII Gizi

3. AAL (Akademi Angkatan Laut)

Bila di Jogja memiliki AAU atau Akademi Angkatan Udara, maka di Surabaya sebagai salah satu kota pusat Angkatan Laut, Surabaya memiliki AAL atau Akademi Angkatan Laut yang berdiri di bawah naungan struktural organisasi Komando Pendidikan Angkatan Laut, Tentara Nasional Indonesia. AAL telah di dirikan sejak tahun 1951 untuk mencetak Perwira Pertama dengan pangkat Letnan Dua di Angkatan Laut. Akademi Angkatan Laut ini di pimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut.

Akademi Angkatan Laut ini di dirikan agar mampu mengkader taruna angkatan laut untuk menjadi lebih profesional dan berkeahlian tinggi dalam bidang ilmu ketentaraan dan kelautan.

4. STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut)

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut atau STTAL ini memang hampir sama dengan Akademi Angkatan Laut, dimana keduanya berada di bawah naungan organisasi TNI Angkatan Laut, serta keduanya di fungsikan untuk menyiapkan dan melatih para calon kader anggota Angkatan Laut sehingga lebih profesional dan mandiri.

Baca Juga:  Mendikbud: Kecurangan UN Dilakukan oleh Guru

Sekolah Tinggi yang di dirikan pada tahun 1966 ini berfokus untuk memberikan pendidikan tentang teknologi yang dapat digunakan untuk pertahanan angkatan laut. STTAL yang berada di kawasan Bumimoro, Krembangan, Surabaya ini memiliki beberapa program studi yang terdiri dari jenjang diploma III hingga Strata II, seperti berikut:

  • Program Studi Diploma III dan Strata I Teknik Mesin
  • Program Studi Strata I Teknik Elektro
  • Program Studi Diploma III Teknik Elektronika
  • Program Studi Diploma III Teknik Informatika
  • Program Studi Strata I Teknik Managemen Industri
  • Program Studi Strata I Hidrografi
  • Program Studi Diploma III Hidro Oceanografi
  • Program Studi Strata II Analisis Sistem dan Riset Operasi

5. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya

Tak hanya pendidikan tentang kelautan atau pelayaran, Surabaya juga menjadi salah satu kota yang menjadi pilihan bagi Kementrian Perhubungan Republik Indonesia untuk mendirikan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan. Sekolah kedinasan di Surabaya satu ini di gagas dan di dirikan sejak tahun 1989 dengan nama Organisasi Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Surabaya.

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya memiliki fungsi sebagai pemberi pendidikan dan pembelajaran tentang teknik dan keselamatan dalam sistem penerbangan. Sekolah kedinasan ini tak hanya di khususkan untuk angkatan udara ataupun khusus pada warga sipil tertentu, namun sekolah kedinasan ini terbuka bagi masyarakat umum.

Bagi Kamu yang ingin tahu ataupun ingin mendaftar di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya, maka Kamu bisa datang ke jalan Kamuyani I/73 Surabaya. Program yang di tawarkan oleh Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya ini pun cukup bervariatif, mulai dari program pendidikan jenjang diploma maupun non diploma, diantaranya adalah:

  • Jurusan Teknik Diploma
  • Jurusan Keselamatan Penerbangan Diploma
  • Jurusan Teknik Penerbangan Non Diploma
  • Jurusan Keselamatan Penerbangan Non Diploma
Baca Juga:  Tugas Pembina OSIS dan Pembina Ekstrakurikuler

Kesemua jurusan ini memiliki beberapa program studi yang menjurus pada kebutuhan teknik pesawat, perawatan pesawat udara dan bKamur udara, serta teknik dan keselamatan pesawat maupun lalu lintas udara. Namun sekolah kedinasan ini bukan termasuk sebagai sekolah kedinasan gratis, namun kesempatan bekerja setelah lulus cukup terbuka lebar.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tokoh Dunia yang Sukses Setelah Gap Year

Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk nggak kuliah di tahun pertama se…