8 SMA Swasta Terbaik di Indonesia! Yuk, Masih Ada Waktu Untuk Mendaftar Guys!

Hola gengs! Gimana nih kabar pengumuman SMA milikmu? Beberapa provinsi di Indonesia telah mengumumkan seleksi penerimaan siswa di berbagai SMA negeri wilayah tersebut, tetapi tak sedikit juga yang masih membuka seleksi untuk tahap kedua. Nah, selagi menunggu nih ada baiknya kamu juga mempersiapkan SMA swasta yang mungkin cocok denganmu.

Yah, hitung-hitung sedia payung sebelum hujan ya gengs, hehehe. Oleh karena itu, kali ini penulis ingin membagikan 8 SMA swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi salah satu pertimbanganmu. So, tanpa menunggu lagi yuk simak ulasan di bawah ini guys!

Daftar SMA Swasta Terbaik di Indonesia

1. SMA BPK 1 Penabur Jakarta

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Yap, sekolah swasta pertama yang penulis rekomendasikan kepadamu ialah SMA BPK 1 Penabur Jakarta. SMA satu ini terletak di Jl. Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Sekolah ini juga akrab disebut sebagai SMUKIE.

SMA BPK 1 termasuk salah satu sekolah menengah atas paling bergengsi di Indonesia gengs. Bahkan SMUKIE juga rajin memberikan sumbangsih dengan berbagai prestasi pelajarnya di bidang akademik maupun non-akademik.

Sekolah swasta ini memang memiliki predikat sebagai salah satu SMA dengan kurikulum yang ketat terutama di bidang matematika dan sains. Sehingga nama SMA BPK 1 Penabur berulang kali memenangkan kejuaraan olimpiade di kancah nasional sampai internasional.

Berdasarkan nilai UTBK sendiri, SMUKIE memiliki nilai rata-rata 594,437. Dengan nilai tertinggi 653 dan nilai terendah 485. Terbilang cukup tinggi sehingga SMA ini terletak di peringkat 2 SMA swasta dengan perolehan nilai UTBK terbaik.

Baca Juga:  8 Fakta Tentang Jurusan di SMA yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan! Awas Jangan Sampai Salah Tangkap Gengs!

2. SMA St. Louis Surabaya

Kita beralih ke kota Pahlawan yakni Surabaya, ada sebuah SMA swasta terbaik di Indonesia. SMA St. Louis Surabaya menyandang sebagai salah satu SMA swasta paling direkomendasikan oleh pemerintah RI.

Tentu hal ini karena sederet prestasi dan keunggulan yang dimilikinya. Sekolah satu ini terhitung rajin menyumbang prestasi khususnya di bidang olimpiade sains. Tidak hanya itu, SMA St. Louis juga memiliki prestasi luar biasa di bidang olahraga basket.

Sekolah yang terletak di Jl. Polisi Istimewa 7 ini juga menjadi salah satu sekolah tertua di Indonesia. Walaupun gedung sekolahnya menjadi salah satu cagar budaya Indonesia, tetapi fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap dan terbilang modern.

3. SMA Unggul Del Sumatera Utara

SMA swasta terbaik di Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Kamu pasti penasaran dong dengan ranking 1 perolehan nilai UTBK terbaik versi SMA swasta? Yap, SMA yang menduduki peringkat pertama nilai UTBK tertinggi ialah SMA Unggul Del yang terletak di Sumatera Utara gengs.

SMA ini memiliki nilai rata-rata UTBK 598. Di mana skor UTBK tertingginya 654 dan nilai UTBK terendah di sekolah ini 492. SMA Unggul Del terletak di kecamatan Lagu Boti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Fakta uniknya, Unggul Del menjadi salah satu SMA yang dibanggakan oleh Luhut Pandjaitan selaku ketua yayasan dan pendiri dari SMA ini. Bukan tanpa sebab, SMA Unggul Del memang memiliki berbagai fasilitas dan ekstrakurikuler yang patut diacungi jempol.

Tak hanya itu, sekolah ini juga memiliki keunggulan yakni kerja sama dengan salah satu yayasan di Inggris. Sehingga setiap tahunnya terdapat sekitar 1-2 siswa lulusan SMA Unggul Del yang mendapatkan beasiswa untuk menuntut ilmu di universitas Inggris.

4. SMA Kristen Petra Surabaya

Kembali ke arek-arek Suroboyo, SMA swasta terbaik di Indonesia berikutnya memiliki predikat dengan banyaknya siswa yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri. SMA Kristen Petra Surabaya juga menjadi langganan bagi berbagai prestasi di tingkat Kota Surabaya sampai kancah nasional.

Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Mulai dari prestasi di bidang story telling (ini yang paling terkenal gengs) sampai prestasi di bidang olahraga seperti basket dan tenis meja. SMA Kristen Petra juga memiliki berbagai fasilitas lengkap, mulai dari beragam laboratorium khusus MIPA, bahasa, dan komputer.

5. Global Islamic School Serpong

SMA swasta terbaik di Indonesia
Sumber: gisserpong.sch.id

Next, ada salah satu SMA swasta dengan kapasitas internasional yang mungkin menarik perhatianmu nih. Global Islamic School memiliki 3 cabang utama yang terletak di Serpong, Banten kemudian Kramat Jati, Jakarta Timur, dan yang terakhir Depok, Sleman, Yogyakarta.

Akan tetapi, kali ini penulis akan fokus membahas Global Islamic School yang terletak di Serpong, Banten. Sekolah satu ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang mengutamakan kreativitas dan kebebasan ekspresi dari siswanya (ini keren dan langka banget gengs di Indonesia!)

Ga hanya itu, sekolah satu ini juga menyediakan program internasional yakni edutrip dan homestay program yang membuat para siswanya lebih mandiri dan memperoleh banyak pengalaman. Mulai dari London Edutrip, Singapore Edutrip, sampai Melbourne Edutrip juga guys!

6. SMA Santa Ursula Jakarta

SMA swasta terbaik di Indonesia berikutnya terkenal karena mata pelajaran bahasa yang menjadi poin utama di sekolah ini. SMA Santa Ursula menyediakan program bahasa asing seperti Jerman, Belanda, Korea, Perancis, Jepang, dan Mandarin bagi para siswinya.

Ga hanya itu, ada berbagai kegiatan humaniora seperti melukis, vocal grup, tari, kecantikan, fashion design, pelatihan gamelan, dan masih banyak lagi. Kamu wajib memilih salah satu dan mengikutinya sebagai salah satu mata pelajaran.

Yap, sekolah ini cocok banget untuk kamu yang memiliki kemampuan lebih di bidang sosial humaniora daripada sains. Ada banyak fasilitas yang akan menunjang passion dan bakatmu tersebut gengs.

7. SMA Al-Azhar 1 Jakarta

SMA swasta terbaik di Indonesia
Sumber: smaia1.al-azhar.sch.id

Yup, masih di Jakarta tepatnya di daerah Kebayoran, Jakarta Selatan terdapat sebuah SMA swasta dengan predikat sebagai salah satu SMA islam terbaik di Indonesia. SMA Al-Azhar 1 memiliki berbagai fasilitas khusus di bidang keagamaan maupun pelajaran dan seni guys.

Mulai dari pembinaan agama yang terdiri dari Bahasa Arab, Tahfidz, dan Tahsin sampai pelaksanaan tadarus setiap 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Penulis sendiri merekomendasikan sekolah ini karena berbagai kelebihan di bidang akademik yang berbanding lurus dengan pembinaan agama yang patut diacungi jempol!

Baca Juga:  9 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Masuk SMA! Yuk Buruan Siapkan, Jangan Sampai Terlambat Guys!

8. SMA Regina Pacis Solo

Nah, SMA swasta terbaik di Indonesia yang terakhir sendiri berasal dari Solo gengs. Keunikan dari SMA ini adalah kemampuan penggunaan Bahasa Inggris dalam keseharian dalam pelajaran maupun pergaulan.

Ga hanya itu, Regina Pacis memiliki kedisplinan yang cukup tinggi bagi tiap siswa dan pelajarnya. Nah, kalau ditanya soal prestasi? Tentunya keunggulan utama di Regina Pacis ialah perlombaan di bidang Bahasa Inggris.

Khususnya Jawa Tengah sudah menjadi langganan bagi Regina Pacis untuk menyabet berbagai piagam di bidan story telling, speech, debate, spelling bee, sampai drama Bahasa Inggris.

Nah, itu tadi 8 SMA swasta terbaik di Indonesia versi penulis gengs. Sebetulnya masih banyak SMA swasta terbaik di Indonesia di bidangnya masing-masing. Ada SMA Kolose Loyola di Semarang, SMA De Brito Yogyakarta, sampai SMA Stella Duce.

Penulis harap, kamu bisa berjaga-jaga dengan tetap mendaftar di SMA di atas atau bahkan SMA swasta lainnya di kota kamu guys! So, jangan lupa semangat dan tetap optimis ya Kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…