Kenalan Yuk dengan 4 Fakta Jurusan Geodesi! Jurusan Unik dengan Materi IPS di Fakultas Teknik!!

Hai guys! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan baik-baik saja ya! Nah, apakah kamu pernah mendengar kata geodesi? Yap, geodesi sendiri merupakan cabang jurusan di fakultas teknik gengs. Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan jurusan ini, padahal ada banyak hal menarik dan unik yang dipelajari lho.

Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan informasi seputar jurusan geodesi khusus untukmu gengs! Siapa tahu ada di antara kamu yang cocok dengan jurusan ini sehingga bisa mulai nabung belajar dari sekarang! So, yuk simak ulasan di bawah ini guys!

Kenalan Dulu Yuk dengan Teknik Geodesi!

jurusan geodesi
Land surveyor working with total station on a construction site (excavator is beyond depth of field).

Yap, sebelum masuk ke berbagai penjabaran mengenai jurusan geodesi maka ada baiknya kita kenalan dulu dengan jurusan satu ini guys. Ada banyak orang salah arti mengenai jurusan ini, mereka beranggapan bahwa geodesi merupakan cabang ilmu SOSHUM. Memang ga salah gengs, karena ada materi SOSHUM di mata kuliah geodesi.

Akan tetapi, geodesi sendiri termasuk ke dalam fakultas teknik. Artinya pelajaran di dalamnya ga memuat unsur geografi atau geologi aja (sesuai namanya), melainkan juga disiplin ilmu matematika terapan yang juga menjadi kunci utama di mata kuliah geodesi guys.

Jurusan geodesi juga erat kaitannya dengan kemampuan analisis dan logika yang kuat. Sehingga kalau kamu ingin masuk ke jurusan ini, maka pilihan ujian di SBMPTN-mu nanti ialah SAINTEK dan bukan SOSHUM ya!

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di Indonesia Terakreditasi A

Apa aja sih yang Dipelajari di Jurusan Geodesi?

notes macbook study conference
Photo by Startup Stock Photos on Pexels.com

1. Geologi dan Geografi

Nah, sekarang masuk ke bagian materi kuliah teknik geodesi gengs. So, sesuai namanya geodesi ialah sebuah cabang ilmu yang mempelajari bentuk bumi sekaligus melakukan pemetaan bentuk muka bumi.

Jadi, mata kuliah yang pastinya ada ialah geologi dan geografi gengs. Kamu udah tahu belum apa bedanya geografi dan geologi? Geologi sendiri ialah cabang ilmu yang mempelajari tentang struktur internal bumi dan permukannya. Sementara geografi lebih berfokus mengenai hubungan antara manusia dengan ruang bumi.

2. Kalkulus dan aljabar

Next, di jurusan geodesi ini kamu ga hanya mempelajari teori aja gengs melainkan juga berbagai hitungan yang cukup rumit. Ada kalkulus dan aljabar linier yang menjadi salah satu mata kuliah di teknik geodesi.

Yap, kamu ga hanya memetakan bentuk muka bumi berdasarkan teori aja lho. Wajib banget nih hukumnya untuk melakukan perhitungan, analisis data, sekaligus logika matematika dalam memetakan.

So, itu kenapa kamu wajib mempelajari kalkulus dan aljabar di teknik geodesi. Oh iya, selain 2 materi tersebut, kemungkinan besar kamu juga akan menemui berbagai materi di dalam matematika terapan guys.

3. Coding dan IT

Siapa bilang anak geodesi belajar matematika dan geologi aja? Hehehe, selain dua mata kuliah di atas maka ada satu keterampilan yang wajib kamu kuasai gengs yakni coding. Ga mungkin dong kamu memetakan bentuk permukaan bumi atau melakukan perhitungan rumit di atas selembar kertas aja?

Oleh karena itu, ilmu IT sekaligus coding juga dibutuhkan untuk mempermudah kinerja kamu gengs. Sehingga salah satu mata kuliah yang akan kamu temui nantinya ialah coding sampai software perhitungan matematis.

Universitas dengan Jurusan Geodesi Terbaik

photography of people graduating
Photo by Emily Ranquist on Pexels.com

1. Institut Teknologi Bandung

Yap, universitas pertama dengan teknik geodesi terbaik berasal dai ITB yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Teknik geodesi di ITB tergabung ke dalam fakultas ilmu dan teknologi kebumian.

Baca Juga:  5 Tips Mahasiswa Baru Agar Mudah Beradaptasi

2. Universitas Gadjah Mada

UGM atau Universitas Gadjah Mada menjadi kampus dengan jurusan geodesi terbaik selanjutnya. Untuk masuk ke jurusan ini pun diperlukan nilai UTBK yang cukup tinggi gengs. Diperkirakan sekitar 630 ke atas, baru bisa mencukupi skoring teknik geodesi di UGM.

3. Universitas Diponegoro

Next, Semarang juga tak ingin ketinggalan dengan salah satu kampus unggulannya yakni Universitas Diponegoro. Kampus yang kerap disapa UNDIP ini memiliki jurusan geodesi yang cukup prestige guys.

Ga hanya itu, ada cukup banyak lulusan UNDIP di teknik geodesi yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri seperti Taiwan hingga Jepang untuk meneruskan pendidikan di teknik geodesi.

4. Institut Teknologi Nasional

Universitas swasta yang memiliki jurusan geodesi kali ini berasal dari Bandung lagi. Ada Institut Teknologi Nasional yang memiliki predikat sebagai kampus swasta dengan teknik geodesi terbaik di Indonesia.

Prospek Pekerjaan Lulusan Teknik Geodesi

jurusan geodesi
Geotechnical engineer setting up traixial test on soil sample

1. Dosen

Yap, dosen menjadi salah satu pekerjaan yang selalu ada di setiap jurusan kuliah gengs. Untuk kamu yang tertarik bekerja di bidang pendidikan atau akademik maka menjadi dosen adalah pilihan yang tepat.

Sekaligus ga banyak lho gengs dosen geodesi di Indonesia. Sehingga menjadi dosen di almamater atau bahkan universitas yang baru membuka jurusan geodesi akan menjadi prospek yang besar untukmu.

2. Staff BMKG

Kamu pasti ga asing dong dengan istilah BMKG? BMKG atau Badan Metereologi Klimatogi, dan Geofisika adalah lembaga pemerintahan non-departemen yang bergerak untuk mengamati sekaligus melakukan pengolahan informasi mengenai iklim, perubahan muka bumi, dan meterologi.

Secara sederhana BMKG memiliki tugas untuk memperkirakan cuaca atau bahkan fenomena alam seperti gempa bumi sampai tsunami. Nah, BMKG tentunya membutuhkan banyak staff di bidang-bidang tersebut.

Baca Juga:  10 Beasiswa Luar Negeri Fully Funded Bagi S1, S2, sampai S3

Yap, teknik geodesi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dibutuhkan untuk membantu BMKG. FYI, BMKG menjadi salah satu lembaga pemerintahan non-departemen yang bersifat transparan dan cukup jauh dengan perpolitikan gengs!

3. Teknisi

Guys, jurusan geodesi ga hanya bekerja di dalam ruangan aja lho! Hampir sebagian besar pekerjaan di jurusan ini justru berada di luar ruangan. Kamu akan sering terjun ke lapangan sampai melakukan analisa tanah di suatu tempat.

Setelahnya, baru deh kamu bekerja kembali di dalam ruangan untuk melakukan analisa terhadap data yang kamu dapatkan. Pekerjaan ini biasa disebut sebagai teknisi gengs. Ada banyak jenis teknisi dari teknik geodesi.

Mulai dari teknisi hidrologi, teknisi geotermal, yang intinya berhubungan dengan ukur mengukur dan pemetaan. Siapa yang membutuhkan? Tentunya berbagai perusahaan pertambangan sampai pengeboran minyak di Indonesia sampai seluruh dunia.

4. Peneliti LIPI

Prospek pekerjaan terakhir ini khusu bagi kamu yang senang melakukan pengembangan, berlama-lama untuk membuat jurnal penelitian, sekaligus melakukan inovasi. Yap, peneliti LIPI menjadi salah satu prospek bagimu yang tertarik di bidang teknik geodesi gengs.

Kamu bisa menjadi seorang ahli di bidang geodesi gengs. Kelak berbagai penelitianmu ini bisa membantu BMKG sampai pemerintahan untuk menanggulangi berbagai permasalahan lingkungan, perubahan iklim, atau bahkan fenomena alam lain.

Nah, itu tadi serba-serbi jurusan geodesi yang bisa penulis bagikan kepadamu. Kesimpulannya, jurusan satu ini memang worth it banget untuk dipelajari apalagi masih cukup jarang ditemui di Indonesia gengs!

So, kamu yang tertarik di bidang geografi sekaligus memiliki kelebihan dalam berhitung maka jangan ragu masuk di jurusan ini ya! Selamat belajar gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…