sbmptn
Home SBMPTN Strategi Alternatif Jika Tidak Lolos SBMPTN
SBMPTN -

Strategi Alternatif Jika Tidak Lolos SBMPTN

Tidak sedikit peserta SBMPTN yang harus menelan pahitnya pil kekecewaan akibat tidak lolos seleksi. Apakah ini akhir dari perjuangan Anda? Tentu saja bukan. SBMPTN bukanlah satu-satunya kunci untuk melanjutkan pendidikan di PTN favorit. Oleh karena itu, Kamu harus membuang rasa kecewa dan kesedihan tersebut jauh-jauh karena masih ada alternatif lain yang wajib dicoba.

Setiap tahunnya, tak kurang dari 700 ribu peserta SBMPTN mengalami kegagalan. Meskipun demikian, banyak peserta yang mengubah strategi demi menjadi bagian dari perguruan tinggi negeri. Apa saja strategi alternatif yang perlu dipersiapkan untuk berjaga-jaga apabila tidak lolos SBMPTN tahun depan? Simak pembahasannya di sini.

Jika Tidak Lolos SBMPTN, Lakukan Hal Ini

Perlu untuk Anda ketahui, kegagalan dalam mengikuti tes SBMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Anda harus tetap optimis karena pintu keberhasilan belum sepenuhnya tertutup. Di bawah ini adalah beberapa strategi alternatif yang bisa Anda jadikan rencana cadangan apabila tidak berhasil lolos dalam SBMPTN.

1. Seleksi Mandiri

Seperti yang telah disebutkan, SBMPTN bukanlah satu-satunya pintu gerbang untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri. Setelah SBMPTN, Anda masih mempunyai satu kesempatan lagi yaitu Seleksi Mandiri. Untuk itu, Anda wajib memanfaatkan kesempatan yang ada demi menggapai cita-cita dan impian untuk bergabung di institusi kampus idaman.

Terkait pendaftaran Seleksi Mandiri, setiap universitas mempunyai jadwal serta kebijakan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus rajin mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait proses penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas hanya karena minimnya informasi yang didapatkan.

Bagaimana cara untuk mengikuti proses Seleksi Mandiri? Cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar di perguruan tinggi negeri yang diinginkan dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan Anda memeriksa daya tampung prodi yang dimaksud untuk melihat seberapa besar peluang untuk berhasil dalam Seleksi Mandiri.

Baca juga  3 Tips Menentukan Jurusan Favorit dari Maudy Ayunda

Setelah itu, cari informasi mengenai proses seleksi pada perguruan tinggi yang dimaksud. Informasi tersebut harus meliputi prosedur seleksi, jenis tes, dan lain sebagainya. Beberapa perguruan tinggi menetapkan beberapa jenis tes seperti Tes Potensi Akademik, Psikotes, Wawancara, hingga Uji Keterampilan.

Yang paling penting, Anda tidak boleh terpaku pada kegagalan SBMPTN yang telah lalu. Terlalu memikirkan kegagalan tersebut justru akan menghambat Anda dalam meraih keberhasilan melalui pintu Seleksi Mandiri. Pastikan Anda menggunakan kesempatan sebaik-baiknya serta mempersiapkan diri dengan maksimal. Usahakan untuk tetap konsenstrasi dan fokus pada tujuan Anda.

2. Pertimbangkan Perguruan Tinggi Swasta

Meskipun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri merupakan kebanggaan tersendiri, bukan berarti perguruan tinggi swasta tidak layak untuk dipertimbangkan. Saat ini, ada begitu banyak pilihan PTS yang menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan PTN. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa menjadikan PTS sebagai bahan pertimbangan apabila tidak lolos SBMPTN.

Mengapa memilih PTS? Masyarakat Indonesia memang terkesan menganak-tirikan perguruan tinggi swasta. Kenyataannya, kurikulum yang dipakai oleh PTS justru relatif lebih fleksibel serta melibatkan banyak inovasi dalam pengajarannya. Jadi, Anda tidak perlu malu atau ragu untuk mendaftarkan diri di perguruan tinggi swasta.

Ditambah lagi, banyak PTS kenamaan yang sudah tidak diragukan lagi kehebatannya karena mampu mencetak lulusan terbaik dengan skill yang mumpuni. Tidak hanya itu, beberapa PTS juga sudah bekerja sama dengan perusahaan berkelas internasional demi meningkatkan mutu pendidikan serta kualitas lulusan perguruan tinggi tersebut.

Jadi jangan heran jika kemampuan mahasiswa lulusan PTS mampu bersaing, bahkan tidak jarang lebih hebat jika dibandingkan dengan lulusan PTN. Hal ini dikarenakan PTS juga mempunyai kewajiban untuk mengembangkan mutu pendidikan demi memberi kontribusi untuk negara.

Baca juga  Perbandingan SBMPTN 2019 vs SBMPTN 2018

Terkait prospek kerja, saat ini banyak perusahaan yang tidak lagi mengutamakan universitas asal sebagai bahan pertimbangan dalam merekrut karyawan. Penilaian murni didasarkan pada kemampuan pencari kerja, bukan dari institusi mana dia berasal. Dengan demikian, Anda yang berkuliah di PTS mendapatkan kesempatan yang sama untuk mencari pekerjaan dengan prospek yang cemerlang asalkan mau berusaha.

Bagaimana cara untuk mendaftar di PTS? Setiap institusi mempunyai kebijakan yang berbeda mengenai penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa universitas yang mewajibkan adanya tes tertulis namun ada juga yang menggunakan nilai UN. Oleh karena itu, Anda harus mulai mencari informasi mengenai PTS berkualitas sebagai alternatif pilihan apabila tidak diterima dalam SBMPTN ataupun Seleksi Mandiri.

3. Siapkan diri untuk SBMPTN tahun berikutnya

Anda mempunyai tekad yang bulat untuk berkuliah di PTN dan enggan untuk memasuki PTS? Maka satu-satunya pilihan yang Anda miliki apabila gagal dalam SBMPTN dan Seleksi Mandiri adalah mengikuti SBMPTN tahun berikutnya. Banyak peserta yang memilih alternatif ini dengan berbagai alasan, mulai dari tidak adanya jurusan yang dimaksud di PTS atau biaya PTS yang terlalu tinggi.

Apapun alasannya, Anda mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mempersiapkan diri. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan akademik Anda supaya berhasil dalam SBMPTN tahun berikutnya. Jika tidak memungkinkan untuk belajar secara mandiri, Anda bisa mengikuti program yang ditawarkan oleh lembaga belajar atau kursus demi menggapai tujuan.

Dalam kurun waktu tersebut, Anda juga bisa melakukan evaluasi diri. Evaluasi tersebut meliputi kemampuan akademik, minat, serta bakat yang Anda miliki. Apakah Anda benar-benar mampu untuk mengikuti pembelajaran dalam jurusan tersebut? Apakah Anda melakukan beberapa kesalahan dalam proses seleksi SBMPTN yang telah lalu? Jadikan waktu yang Anda miliki bermanfaat untuk masa depan.

Baca juga  Rahasia Materi SBMPTN yang Sering Keluar

Berkuliah di PTN memang sebuah impian yang wajib Anda kejar. Meskipun demikian, Anda harus siap dengan hasil yang akan diperoleh. Apabila gagal dalam SBMPTN 2019, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Kamu termasuk siswa jurusan IPA atau IPS kah saat di SMA dulu? Pemilihan jurusan IPA ataup…