Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar – Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten dalam hal belajar padahal ulangan dan ujian sudah mengejar kita dari belakang. Sehingga pada saat ujian banyak yang mengeluh tidak dapat menjawab bahkan sampai banyak mencontek dari Google.

Banyak juga yang menggunakan sistem kebut semalam atau yang lebih sering kita sebut dengan SKS yang bahkan membuat kita tidak bisa menjawab ujian kita malahan kita jadi sakit kepala. 

Kenapa hal itu bisa terjadi? Yeps, itu karena kita kurang konsisten. Eh, tapi apasih arti konsisten itu? Konsisten menurut KBBI adalah tetap atau tidak berubah ubah.

Ketika seseorang  konsisten, berarti dia mantap dalam melakukan sesuatu hal secara terus menerus atau berskala yang tetap demi tujuan yang ingin dicapainya.

Tips Konsisten Belajar untuk Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar
Photo by Thirdman on Pexels.com

Lalu apa apa saja sih tips agar kita bisa konsisten dalam belajar? Let’s check it out guys

1. Tetapkan Tujuanmu

Seperti judul artikel ini tujuan dari kita konsisten adalah nilai yang bagus. Yups, nilai yang bagus di laporan hasil belajar (rapot) kita dapat mempengaruhi sekolah kita selanjutnya.

Seperti contoh: saat kita mendaftar SMA, nilai rapot kita selama SMP sangatlah dibutuhkan demi memilih sekolah dengan kualitas yang bagus.

2. Fokus dan Berkomitmen

Apalagi saat pandemi ini, sangat banyak godaan agar kita tidak belajar mulai dari faktor eksternal seperti teman teman yang mengajak bermain main sampai faktor internal yaitu perasaan malas.

Tapi untuk menghindari semua itu, fokuslah pada tujuanmu. Bayangkan bagaimana jika kamu gagal pasti akan penuh penyesalan dan bandingkan jika kamu sukses pasti akan lebih enak dan hidup nyaman.

Baca Juga:  Mengenal Tes Dalam SBMPTN dan Tips Mengerjakannya!

Dan agar semua itu bisa terjadi berkomitmenlah dengan dirimu sendiri bahwa kita harus sukses dengan berusaha sekeras yang kita bisa dan pantang menyerah.

3. Tetap Sabar

Konsisten akan membutuhkan waktu yang lama agar menjadi kebiasaan. Oleh sebab itu, kita harus bersabar dan tetap selalu bersabar dan jika hari ini gagal maka hari besok harus lebih baik dari hari ini. Berusahalah sekeras mungkin untuk melawan rasa malasmu.

4. Lakukan dengan Maksimal 

Berusahalah dengan benar benar maksimal demi hasil yang maksimal pula. Ingat! Segala sesuatu yang setengah setengah bakal menghasilkan hasil yang setengah juga.

Sama hal nya dengan sistem tabur tuai, saat kamu menanam 10 pohon apel dan selalu merawatnya dengan baik maka akan tumbuh 10 pohon apel yang sehat dan lebat begitu juga hidup. 

5. Rutin dan Disiplin

Jika kamu sedang malas selalu ingat mengapa kamu mulai melakukannya? Hal itu akan membuatmu ingat tujuan awalmu dan hal itu lazimnya juga dapat membuat kamu tetap merasa termotivasi dan terinspirasi. Karena saat kamu tidak rutin itu sama artinya kamu tidak konsisten.

6. Belajarlah dari Kesalahan 

Jika kemarin kamu gagal maka hari ini harus lebih baik dari kemarin. Jangan menginginkan hal hal yang instan karena hasilnya tidak akan bertahan lama.

Tapi bangunlah sikap diri yang kuat dan tahan akan segala rintangan yang menghasilkan sesuatu yang berguna selamanya untukmu seperti contoh pengalaman.

7. Ajak Temanmu Berjuang Bersama

Bergaullah dengan teman temanmu yang juga memiliki tujuan yang sama denganmu atau bahasa twitternya ‘teman yang satu server’. Karena terkadang saat kamu butuh tempat curhat dan tempat memotivasi kamu akan merasakan bahwa teman itu sangatlah penting.

Baca Juga:  11 Tips Menghafal dengan Cepat! Dijamin Anti Stress!

Kamu bisa saling mengingatkan jika ada diantara kamu yang lupa, bahkan kalian bisa saling sharing sharing pengalaman ambis kalian masing masing.

Menjadi orang yang konsisten bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut dimulai dari rutin melakukan selanjutnya berdisiplin dan tidak pernah mengingkari komitmen maka kamu akan menjadi orang yang konsisten. Tetapi kita juga tidak bisa menilai itu sesulit apa?

Oleh sebab itu, let’s take first plan hal hal yang terjadi selanjutnya biarlah menjadi kejutan masa depan dan hasilnya mejadi hal yang membahagiakan.

Tetaplah memotivasi dirimu sendiri, karena motivasi dari dalam sangat besar pengaruhnya. See you on next article guys! GANBATTE!

“Be the change that you wish to see in the world” (Mahatma Gandhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kombinasi Shortcut Keyboard untuk Ngerjain Tugas, Biar Cepat!

Hi Readers! Siapa diantara kita yang belum mengenal laptop atau komputer? Komputer maupun …