6 Tips Mahir Main Musik untuk Mengisi Liburan Kamu Menjadi Lebih Produktif!

Hola guys! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu dalam keadaan yang baik-baik saja di manapun kamu berada ya Kawan! Eits, bentar lagi udah liburan nih! Kira-kira kamu mau menghabiskan liburan dengan ngapain guys? So, buat kamu yang masih bingung mau ngapain gimana kalau liburan kali ini diisi dengan latihan main musik?

Yap, kali ini penulis mau kasih tahu ke kamu beberapa tips mahir main musik super easy dan dijamin langsung lancar dalam 1 bulan aja lho! Lumayan kan, kali-kali bisa bawain lagu buat gebetan hehehe. Penasaran apa aja sih tipsnya? Yuk, langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Tips Mahir Main Musik

1. Pilih alat musik yang ingin dikuasi

tips mahir musik
Sumber: Pinterest

Tips mahir main musik yang pertama ialah memilih alat musik yang ingin kamu kuasai guys. Apakah kamu ingin bermain piano atau keyboard terlebih dahulu? Apakah kamu ingin bermain gitar? Atau justru kamu ingin bermain drum? Ini sih bisa kamu sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhanmu guys.

Akan tetapi, kalau kamu sendiri bingung mau mempelajari alat musik apa? Maka penulis punya solusinya nih! Menurut guru les musik dari penulis, ada baiknya kamu mempelajari piano atau keyboard terlebih dahulu guys. Jadi, apabila kamu menguasai keyboard atau piano maka tidak akan sulit untuk menguasai alat musik yang lainnya. Hal ini karena piano atau keyboard dinilai sebagai pusat nada dalam sebuah band.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Yap, tentunya kamu membutuhkan alat musik dong untuk latihan. Sebenarnya ada banyak toko alat musik di seluruh Indonesia guys. Hanya saja untuk daerah Jawa Tengah, maka penulis menyarankan untuk membeli di Diana Musik Yogyakarta. Selain karena tersedia di e-commerce, gitar yang ada di Diana ini memang kece banget gengs.

Untuk alat musik seperti keyboard atau piano sendiri maka penulis sarankan memilih keyboard dulu guys. Kamu bisa menggunakan merk Yamaha atau mungkin Casio sebagai permulaan. Baru ketika sudah berminat dan suka, maka kamu bisa menggunakan piano elektrik (misalnya, merk Roland).

Baca Juga:  7 Trik Cepat Mengerjakan Tugas! Dijamin Cepat Selesai!

3. Pelajari kunci dan nada dasar

tips mahir main musik
Sumber: Pinterest

Tips mahir main musik berikutnya ialah mempelajari kunci dan nada dasar. Ga masalah kok guys apabila kamu ingin belajar secara otodidak. Kini ada banyak tutorial gitar, keyboard, sampai drum yang tersedia di Youtube lho. Penulis sarankan kamu mempelajari nada dasar terlebih dahulu seperti do, re, mi di keyboard.

Sementara untuk gitar, maka jangan ragu untuk latihan memainkan senar terlebih dahulu sebelum berbagai kunci. Nah, setelah paham dengan nada dasar maka kamu bisa lanjut ke tangga nada mayor (C, D, E, F, G, A, B) dan minor (Dm, Am, Bm) yang umum terlebih dahulu guys.

4. Berlatih dengan lagu sederhana

Sayang dong apabila sudah mempelajari berbagai kunci dan nada dasar, tetapi tidak menerapkannya ke dalam sebuah lagu. Maka dari itu, jika kamu sudah cukup ingat dan hafal kunci dasar tersebut kini saatnya menerapkan ke dalam lagu guys. Untuk piano atau keyboard penulis sarankan memainkan lagu Balonku atau Ibu Kita Kartini.

Berbeda dengan gitar, maka kamu bisa mencoba memainkan Anugerah Terindah karya Sheila on 7. Kunci yang digunakan pun cukup sederhana dan terkesan berulang, jadi sangat cocok untuk pemula. Untuk permainan drum, kamu bisa memulainya dengan ketukan sederhana seperti pada pop-rock.

5. Terus berlatih

Yap, tips mahir main musik yang paling penting ialah terus berlatih. Usahakan untuk meluangkan waktu 20-30 menit dalam sehari untuk bermain alat musik guys. Kamu bisa mulai dari pelemasan tangan, kemudian permainan sederhana kunci dan nada dasar, dan dilanjutkan dengan lagu yang terakhir kamu pelajari.

Beberapa hari pertama memang cukup lelah dan tak jarang menyakiti tangan (permainan gitar), tetapi tenang saja guys! Usaha tidak akan mengkhianati hasil kok. Apabila kamu benar-benar meluangkan waktu 30 menit atau lebih, penulis yakin dalam 1 bulan kamu sudah bisa menggunakan feeling dalam bermain musik.

Baca Juga:  Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

6. Latihan feeling

tips mahir main musik
Sumber: Pinterest

Last but not least untuk tips mahir main musik ialah latihan feeling. Tentunya kamu ingin dong bermain musik tanpa repot-repot mencari kuncinya terlebih dahulu di internet. Yap, permainan feeling memang memerlukan latihan dan waktu untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, kamu bisa melatihnya dengan rajin-rajin melatih kunci-kunci dasar. Coba pejamkan mata dan dengarkan tiap dentingan nada atau suara yang ditimbulkan dari senar. Setelah itu, dalam setiap lagu kamu akan menemukan tinggi rendahnya nada dan menemui kunci yang sesuai.

Oh iya, juga ada latihan feeling dasar yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu guys. Misalnya saja, untuk nada C mayor pasti lari ke F mayor. Atau Am yang pasti lari ke Dm. Ya itu kira-kira dasar yang bisa kamu ingat sembari melatih feeling guys.

Manfaat Bermain Musik

Lantas kenapa sih kamu harus bermain musik? Memang manfaatnya apa aja ya? Nih, penulis akan memberikanmu sedikit pencerahan. Simak baik-baik ya!

1. Melatih daya ingat

Yap, bermain musik juga sangat bermanfaat dalam melatih daya ingat lho guys. Kalau kamu ingin memiliki ingatan yang baik maka jangan ragu untuk latihan bermain musik. Cara lain melatih daya ingat ialah dengan membaca, tetapi memang minat baca remaja kini sangat rendah. So, bermain musik bisa banget dijadikan alternatif ya!

2. Menumbuhkan kreativitas

Next, dengan bermain musik kamu juga bisa menumbuhkan kreativitas lho guys. Kamu yang seringkali buntu ide atau mulai suntuk dalam mengerjakan tugas, maka bisa melarikan diri dengan bermain musik. Tak perlu bermain lagu yang sulit, cukup memainkan senar secara acak atau membunyikan tuts sesuai dengan feeling saja.

3. Memperbaiki mood

Sempat disinggung di atas nih, karena bermain musik juga menggunakan aspek perasaan maka tak jarang bermain musik bisa membantumu memperbaiki mood yang buruk guys. Kamu cukup menarik napas dalam-dalam, kemudian luapkan setiap perasaanmu dalam bentuk nada-nada.

Baca Juga:  10 Inspirasi Agenda Belajar Unik 2021!

4. Meningkatkan konsentrasi

Nah ini perlu banget guys, kalau kamu sudah menguasai berbagai langkah-langkah pada tips mahir main musik di atas maka rasakan perbedaan ketika mendengarkan pelajaran di sekolah. Tentunya kamu akan lebih berkonsentrasi terhadap materi dan juga lebih cepat menangkap.

Hal ini dikarenakan bermain musik juga mampu merangsang hormon di dalam otak untuk berkonsentrasi lebih. Secara sederhana, otakmu akan lebih hidup apalagi di hari-hari saat belajar online di rumah seperti ini.

5. Mencegah kepikunan dini

Siapa nih di antara kamu yang seringkali lupa atau bahkan sudah mengalami kepikunan dini? Kini kamu ga perlu khawatir, ada cara alternatif untuk mengatasi kepikunan dini. Kamu bisa mulai berlatih bermain musik, tentunya dengan alat musik yang kamu sukai ya guys.

Yap, itu tadi adalah beberapa tips mahir main musik sampai beberapa manfaat musik yang perlu kamu ketahui nih. Penulis berharap, setelah ini kamu jadi memiliki semangat untuk bermain musik ya! Toh, selagi muda kenapa tidak mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…