8 Tips Membangun Rasa Percaya Diri, Biar Gak Insecure!

Hai Readers! Banyak diantara kamu yang sering merasa minder dan rendah diri sehingga mebuat kamu susah bergaul bahkan tidak mempunyai teman. Kali ini aku akan ngebahas tentang tips membangun rasa percaya diri, biar kamu gak merasa minder.

Padahal rasa minder dan tidak percaya diri cenderung membuat kamu memandang dunia sebagai tempat yang tidak aman dan berasumsi bahwa kamu tidak akan pernah sukses dalam hal apapun.

Tips Membangun Rasa Percaya Diri
Photo by Mikael Blomkvist on Pexels.com

Lebih parahnya lagi tak jarang orang orang seperti itu kehilangan kesempatan untuk mengubah keadaan lebih baik. Padahal sebenarnya kamu dapat membangun kepercayaan diri dengan hal hal sederhana namun sangat berpengaruh besar lho.

Tips Membangun Rasa Percaya Diri

Apa apa saja tips membangun kepercayaan diri? Simak tips – tips berikut ini.

1. Buatlah Daftar Kelebihan dan Kekurangan Kamu

person writing a to do list
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Saat kamu menunjukkan ke dunia kalau kamu mempunyai bakat tertentu, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu. Tidak perlu pengakuan dari khalayak ramai, tapi pada saat orang tua atau saudara ataupun teman teman kamu menyadari kemampuanmu, hal itu akan membuat kamu lebih yakin pada diri sendiri.

Sedangkan untuk kelemahan, kamu harus mengasahnya terus menerus agar suatu saat nanti kelemahan itu tidak menjadi penghalang kesuksesan kamu.

2. Stop Negatif Thinking

backlit beach clouds dark
Photo by Pixabay on Pexels.com

Banyak diantara kita yang sudah menyerah terlebih dahulu padahal kamu belum memulai. Hal ini disebabkan karena kamu sudah berpikir tentang kegagalan padahal belum mulai.

Sudah banyak kata-kata pesimis seperti “tidak mungkin aku berhasil”, ”aku tidak bisa melakukannya”, dan pikiran negatif lainnya yang bikin kamu gak jadi mulai. Untuk itu mulailah berfikir positif, karena kamu tidak akan tahu bagaimana hasilnya sebelum memulai.

3. Jangan Takut Akan Kegagalan

upset little girl sitting near crop woman in classroom
Photo by Gustavo Fring on Pexels.com

J.K Rowling, seorang penulis yang sangat melegenda dengan salah satu novelnya yang berjudul  “Harry Potter” yang pernah ditolak sebanyak 12 kali sebelum akhirnya menjadi  novel mendunia.

Namun pada saat ditolak, dia tidak menyerah. Dia bahkan terus menerus merevisi dan memperbaiki novelnya selama kurang lebih 7 tahun. Dia yakin bahwa usaha yang dia lakukan akan sebanding dengan hasil yang dia terima nantinya.

Sampai akhirnya sekarang beliau menjadi orang yang memiliki kekayaan mencapai 9,7 triliun rupiah atau setara dengan 650 juta USD. Dari beliau kita bisa belajar bahwa usaha tidak akan pernah menghianati hasil yang kita terima, oleh sebab itu jangan pernah menyerah dan jangan takut akan kegagalan.

4. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

motivational quotes
Photo by Bich Tran on Pexels.com

Setiap kali kamu membandingkan diri dengan orang lain yang berada diatas kamu, akan selalu merasa jadi yang paling tidak beruntung, karena ada banyak di dunia ini dan akan selalu banyak yang lebih baik darimu.

Oleh sebab itu jadilah diri sendiri dengan versi terbaikmu. Jika kamu ingin membandingkan diri sendiri, bandingkan dengan cara yang sehat yang akan mendorongmu untuk menjadi lebih baik karena jika kamu terus menerus membandingkannya, kamu akan selalu merasa di bawah walau kamu sudah berusaha sangat keras.

5. Selalu Bersyukur

man in black suit sitting on chair beside buildings
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Saat kamu melihat temanmu yang berkekurangan, saat itulah kamu akan merasa sangat bersyukur, kamu masih bisa seperti sekarang ini. Kamu masih bisa mencapai titik ini.

Jangan hanya membandingkan diri dengan orang diatas, ingat juga orang yang berada di bawah kamu agar selalu bersyukur.

6. Ubah Penampilan Menjadi Lebih Baik

smiling woman looking upright standing against yellow wall
Photo by juan mendez on Pexels.com

Terkadang seseorang merasa minder karena tidak bisa mengekspresikan dirinya lewat penampilannya. Penampilan seseorang sangat berpengaruh pada kepercayaan dirinya.

Maka dari itu, ubah penampilanmu dengan sebaik mungkin mulailah dengan merawat dan menjaga diri, hal itu dapat meningkatkan kepercayaaan dirimu.

7. Bersikap Ramah dan Dapat Dipercaya

people girl design happy
Photo by Bess Hamiti on Pexels.com

Jika kamu ingin diperlakukan dengan baik maka kamu juga harus memperlakukan orang lain dengan baik. Cobalah dengan sering tersenyum dan menyapa orang orang disekitarmu.

Terkadang senyuman dapat membuat orang lebih percaya diri dan dapat menular pada orang lain.

8. Mengevaluasi dan Mengapresiasi Diri Sendiri

photo of person writing on notebook
Photo by fauxels on Pexels.com

Belajar dari kesalahan yang sudah dibuat membuatmu menjadi lebih baik. Jadikan kesalahan tersebut media pembelajaran dan berjanji untuk melakukannya lagi.

Tetapi jangan lupa juga untuk mengapresiasi diri, saat berhasil akan sesuatu meski hal itu adalah hal kecil, selalu apresiasi dirimu, hal itu akan menjadi dorongan untuk mampu mengejar tujuan selanjutnya yang lebih besar lagi.

 Semakin sering kamu melakukan hal-hal diatas maka kepercayaan diri akan semakin meningkat. Tetapi kunci paling utamanya adalah menjadi diri sendiri dan tidak pernah menyerah.

Karena terkadang ketika kamu menyerah keberhasilan sudah selangkah di depan. Jadikanlah kegagalan itu untuk menjadi dorongan terus berusaha. Semangat Guys!

“Some failure in life is inevitable. It is imposible to live without failing at something, unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all – in which case, you fail by defaut.”
( J.K ROWLING)

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yan…