Cek It Now! 6 Tips Mempersiapkan Ujian dengan Maksimal Hanya dari Rumah

Hai semua! Balik lagi di pembahasan seputar produktifitas bareng aku, nih. Disini aku bakal bahas beberapa tips simple yang bisa kalian lakuin sebagai salah satu persiapan menjelang ujian agar kalian bisa lebih produktif lagi.

Kadang kita seringkali ngerasa males banget baca-baca materi, lihat-lihat catatan, pokoknya hal apapun yang berkaitan dengan mempersiapkan ujian seringkali membuat kita malah enggan melakukan persiapan tersebut. Akan tetapi, sebaiknya hal itu mulai kamu singkirin perlahan ya.

Nah, kali ini aku akan membagikan 6 tips mempersiapkan ujian dengan maksimal cukup dari rumah. Maka dari itu, yuk simak bareng apa aja sih tips-tipsnya. Berikut penjelasannya!

Tips Mempersiapkan Ujian dengan Maksimal

1. Belajar Visual

Buatlah bagan alir dan diagram sebisa mungkin. Kamu tidak perlu menjadi seniman untuk menerapkan ini juga tidak harus terlihat rapi dan aesthetic sama sekali, tetapi jika itu membantu kamu belajar, maka lakukan saja. Karena kamu hanya perlu memahami apa yang kamu tulis.

Dengan begitu kamu akan melibatkan lebih banyak bagian otak untuk belajar. Dengan melibatkan lebih banyak bagian otak selama belajar, kamu dapat memiliki pemahaman yang lebih lengkap tentang konsep dan juga akan membantu dalam retensi.

2. Menuliskannya di Kertas

Menulis catatan membantu memasukan informasi ke dalam memori lebih cepat daripada mengetiknya. Jadi mulailah menyiapkan catatan sendiri. Sekali lagi, kamu tidak perlu memiliki tulisan tangan yang baik atau dasar tata bahasa yang kuat untuk hal ini. Cukup pahami catatanmu, buatlah catatan agar dapat senyaman mungkin dibaca olehmu.

3. Prediksi Jawaban dari Sebuah Pertanyaan

Setelah kamu selesai membuat catatan, catat sebanyak mungkin pertanyaan dari catatan yang sudah kamu siapkan, selagi masih segar didalam pikiranmu. Kemudian, waktu kamu mempersiapkan diri untuk ujian, periksa pertanyaan-pertanyaan yang ada, jawab tanpa membaca catatanmu.

Pastikan kamu selesai menjawab pertanyaan-pertanyaannya sebelum membaca catatan untuk mengukur perincian dan memeriksa jawaban yang kamu kerjakan itu benar atau tidak.

4. Pelajari Bagian yang Paling Sulit Dahulu

Hal ini memberimu dorongan ego yang bagus, duduk dan membaca materi yang kamu tahu dengan baik. Tapi mulai sekarang hentikan itu dan mulailah memprioritaskan topik-topik dari materi pembelajaranmu yang tidak kamu ketahui.

Jangan sampai kamu menunda-nunda untuk sementara waktu untuk menerapkan hal ini karena kamu merasa hal itu membosankan atau menakutkan. Pelajari terlebih dahulu topik-topik yang paling kamu butuhkan ga peduli mau itu topik materi sulit atau tidak, kamu harus menghadapinya. Kemudian kamu bisa melanjutkan mmpelajari topik-topik yang menurutmu relatif mudah.

5. Membaca Kembali Catatan Lama

Catatan lama dengan materi-materi serta topik yang mendukung dapat membantu kamu belajat dengan berbagai penmahaman. Catatan lama itu bisa dikatakan adalah teman terbaikmu. Hal tersebut memberi kamu gambaran bagaimana ujian yang sebenarnya akan berlangsung dan ada kesempatan untuk pertanyaan yang diulang muncul dari waktu ke waktu sehingga kamu dapat mencetak lebih mudah.

6. Jangan Menunda-nunda

Aku tahu kamu pasti sudah mendengar hal seperti ini ratusan kali tapi gapapa,  kamu cuma perlu mengambil langkah baru, dan berhentilah menunda-nunda apapun itu. Jadi mulailah secepatnya jika kamu tidak ingin menyesal di kemudian hari dengan mendapatkan nilai dibawah rata-rata

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa lebih produktif dalam mempersiapkan ujianmu. Dengan banyaknya waktu dalam mempersiapkan sesuatu, tentu kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya hal tersebut bisa menjadi suatu kepuasan tersendiri.

Hindari hal-hal yang sekiranya dapat menghambat belajarmu, manfaatkan waktu sebaik mungkin, tetap tekun, konsisten, semangat, dan buktikan kamu mampu dapatkan hasil yang terbaik dalam ujianmu! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif – Tahukah kamu jika otak berpotensi untuk mengha…