Ini Dia 8 Universitas dengan Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia

Profesi sebagai guru mungkin menjadi cita-cita dari sebagian besar pelajar di Indonesia. Yap, mengajar dan berbagi edukasi merupakan hal paling penting untuk kemajuan sebuah bangsa. Kira-kira nih, siapa dari kamu yang memiliki passion untuk mengajar atau mungkin menyukai anak-anak? Siapa tahu kamu memang ditakdirkan menjadi seorang guru atau pengajar guys.

Giveaway

Nah, kali ini penulis ingin membagikan beberapa universitas dengan jurusan pendidikan terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu memilih universitas di kemudian hari. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung simak ulasannya di bawa ini ya!

Universitas dengan Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia

universitas dengan jurusan pendidikan terbaik
Cheerful male dancing celebrating graduation outdoors university, knowledge

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas dengan jurusan pendidikan terbaik yang pertama ialah Universitas Pendidikan Indonesia atau akrab disapa UPI. Kampus ini terletak di Bandung, Jawa Barat dan berdiri sejak tahun 1954.

UPI memiliki 8 fakultas dengan lebih dari 20 jurusan di bawahnya. Mulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Fakultas Pendidikan Ilmu Alam, Fakultas Pendidikan Teknik, Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis, dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Jasmani.

By the way, Universitas Pendidikan Indonesia ini tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten dengan pusat di Kota Bandung. UPI juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, sehingga menjadi salah satu incaran pelajar yang ingin menempuh pendidikan keguruan di seluruh Indonesia.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Next, universitas dengan jurusan pendidikan terbaik berikutnya yaitu Universitas Negeri Yogyakarta yang terletak di Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Yap, Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang paling diidamkan seluruh pelajar Indonesia dalam menuntut ilmu.

Baca Juga:  Contoh Format Surat Lamaran Pekerjaan atau CPNS

Kampus ini menyediakan 9 fakultas dengan 102 jurusan di bawahnya. FYI, kampus ini memiliki akreditasi A yang dikeluarkan secara resmi oleh BAN-PT. Kira-kira ada fakultas apa aja sih di universitas satu ini?

Dimulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan dengan 9 jurusan di bawah naungannya, Fakultas Bahasa dan Seni dengan 11 program studi, Fakultas Ilmu Sosial dengan 8 program studi, Fakultas Teknik dengan 13 program studi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan 4 program studi, dan Fakultas Ekonomi dengan 5 program studi.

3. Universitas Negeri Surabaya

Dari Yogyakarta kita beralih ke Surabaya, ada Universitas Negeri Surabaya atau akrab disapa UNESA sebagai salah satu universitas dengan jurusan pendidikan terbaik. Kampus satu ini memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 50 program studi.

Selain jurusan di bidang pendidikan UNESA juga menyediakan beberapa jurusan di luar pendidikan kok. Kamu bisa menjumpai program studi psikologi, manajemen pendidikan, sastra Jerman, sampai sosiologi, bahkan teknik elektro di universitas satu ini guys.

Ga hanya itu, kampus ini juga menyediakan berbagai program studi unggulan yang ramai diincar pelajar. Mulai dari Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Administrasi Negara, dan juga beberapa jurusan untuk jenjang DIII. So, cek baik-baik berbagai jurusan yang kamu inginkan di setiap kampus yang kamu tuju guys!

4. Universitas Negeri Malang

Selanjutnya ada Universitas Negeri Malang atau UM. Kampus ini juga menjadi salah satu universitas dengan jurusan pendidikan terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan UM termasuk ke dalam jajaran kampus terbaik versi Kemenristekdikti.

Total ada 8 fakultas dengan lebih dari 100 program yang ditawarkan Universitas Negeri Malang. Mulai dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Sains, Fakultas Bahasa, Fakultas Teknik, Fakultas Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, dan Pendidikan Psikologi. Kabarnya Pendidikan Akuntansi di Kampus ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia lho guys!

5. Universitas Negeri Jakarta

UNJ atau Universitas Negeri Jakarta merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1964. Universitas satu ini terletak di Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Yap, selain program sarjana, UNJ juga menyediakan program pascasarjana untuk gelar magister dan doktor guys. Bahkan ada Program Profesional yang disediakan di kampus satu ini.

Baca Juga:  10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Universitas Negeri Jakarta memiliki 8 fakultas untuk program sarjana, lebih dari 10 program studi yang berfokus pada pendidikan untuk program magister, dan 9 program studi yang juga berfokus pada pendidikan bagi jenjang doktoral.

6. Universitas Negeri Semarang

Bergeser ke bagian tengah Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah terdapat sebuah universitas dengan jurusan pendidikan terbaik berikutnya. Kampus ini ialah Universitas Negeri Semarang atau akrab disapa UNNES. Hampir mirip dengan UI, UNNES juga memiliki jakun atau jaket kuning sebagai jas bagi setiap mahasiswanya.

UNNES menyediakan 13 fakultas dengan lebih dari 90 jurusan atau program studi. FYI, sebagian besar program studi di kampus ini telah terakreditasi A dan terbukti menghasilkan banyak mahasiswa berprestasi.

Ga hanya itu, kampus yang terletak di Gunungpati wilayah Kota Semarang ini juga terkenal sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan. Bahkan bisa disebut salah satu kampus pioner di Semarang guys.

7. Universitas Negeri Medan

Selanjutnya ada Universitas Negeri Medan atau UNIMED yang terletak di Deli Serdang, dekat dengan perbatasan Kota Medan. FYI, kampus satu ini dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP Medan.

Sebagai universitas dengan jurusan pendidikan terbaik, UNIMED menawarkan 7 fakultas yang berbasis di bidang pendidikan. Mulai dari Pendidikan Ilmu Alam, Pendidikan Teknik, Pendidikan Bahasa, dan masih banyak lagi.

Menariknya, Universitas Negeri Medan juga menyediakan program studi pendidikan Bahasa Jerman guys. Jarang-jarang lho ada universitas di Indonesia yang membuka program studi untuk pendidikan Jerman.

Ga hanya itu, UNIMED yang memang berbasis sebagai universitas keguruan juga menawarkan program studi Pendidikan Antropologi, Bisnis Digital, sampai Kewirausahaan. Yap, bener-bener jarang kita temui ada universitas yang menyediakan berbagai jurusan tersebut guys.

8. Universitas Muhammadiyah Malang

Terakhir, ada Universitas Muhammadiyah Malang atau sering disebut sebagai UMM. Sebagai salah satu universitas dengan jurusan pendidikan terbaik, UMM memiliki 12 fakultas dan juga menyediakan program pascasarjana untuk magister dan doktoral.

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

FYI, UMM merupakan salah satu kampus swasta yang cukup terkenal di Indonesia. Untuk bidang pendidikan sendiri, UMM menawarkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 6 program studi.

Mulai dari Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan PPKN, Pendidikan Guru SD, dan juga Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk kamu yang tertarik mengenal lebih dalam, maka kamu bisa klik link ini ya guys.

Di atas adalah beberapa rekomendasi universitas dengan jurusan pendidikan terbaik di Indonesia. Gimana guys? Apakah ada universitas incaranmu di atas? By the way, Penulis ingin mengapresiasi setiap dari kamu yang bercita-cita menjadi guru. Kenapa? Karena guru merupakan salah satu profesi mulia yang kini mulai menurun peminatnya.

So, untuk kamu yang ingin menjadi seorang guru, maka jangan lupa untuk tetap semangat belajar dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya untuk kebaikan generasi muda di masa mendatang. Semangat teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…