Info Jurusan Arkeologi yang Jarang Diketahui Sampai 4 Mata Kuliah Unik di Jurusan Ini!

Apakah kamu termasuk orang yang susah move on guys? Kalau iya, maka jurusan satu ini mungkin cocok buat kamu lho, hehehe! Guys, apakah kamu masih asing dengan jurusan arkeologi? Yap, banyak orang berkata bahwa jurusan ini hanya menggali-gali tulang atau sering dikaitkan dengan orang gagal move on karena menggali kenangan aja kerjanya.

Eits, jangan salah lho! Kali ini penulis akan membagikan info jurusan arkeologi untuk mencerahkan pengetahuanmu mengenai jurusan satu ini. Kerjanya engga hanya menggali-gali aja lho! Ada banyak hal baru, menarik, sekaligus ga akan kamu temukan di jurusan lain. So, tanpa menunggu, yuk simak ulasan berikut yak!

Apa sih Jurusan Arkeologi itu?

info jurusan arkeologi
graduate student participating in an archaeological dig

Banyak banget orang salah kaprah tentang jurusan arkeologi guys. Mereka berpikir bahwa jurusan satu ini membosankan, prospek rendah, dan juga pekerjaan yang melelahkan. Padahal mereka belum tahu ada banyak keseruan serta hal menarik di jurusan arkeologi.

Nih, info jurusan arkeologi yang pertama dan wajib kamu pahami adalah arkeologi merupakan jurusan yang berkaitan erat dengan sejarah. Namun, kamu ga melulu bekerja di depan tumpukan buku tebal dan menghafal nama-nama purba guys.

Di jurusan arkeologi, kamu lebih belajar seperti seorang detektif. Yap, seperti mencari tahu siapa pembunuh dalam sebuah kasus, sebagai seorang arkeolog kamu juga diharuskan mencari tahu bagaimana sebuah sejarah terjadi. Bagaimana sebuah peradaban terjadi dan berkembang.

Dari mana? Melalui penelitian panjang dengan membaca buku, jurnal, sampai turun ke lapangan untuk mengidentifikasi tulang-tulang. Nah, menariknya seorang arkeolog juga bekerja di berbagai tempat menarik seperti Afrika, Nigeria, dan berbagai negara di seluruh dunia. Tergantung dengan penelitian yang kamu lakukan.

Baca Juga:  6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Lalu, Belajar Apa Aja di Jurusan Arkeologi?

info jurusan arkeologi
Archaeology researcher in laboratory reconstructs usage of ancient tools.

1. Paleoantropologi

Info jurusan arkeologi kali ini membahas tentang materi terutama di jurusan arkeologi. Apalagi kalau bukan paleoantropologi. Apa tuh? Secara sederhana paleoantropologi ialah sebuah cabang ilmu paleontologi yang belajar mengenai tahapan peradaban manusia di bumi guys.

Kamu pasti mengenal berbagai manusia purba seperti Pithecantropus Erectus atau Homo Sapiens dan sederet manusia purba lain bukan? Nah, di pelajaran utama ini kamu akan merekonstruksi kembali bagaimana hubungan kekerabatan manusia purba dengan manusia modern masa kini.

2. Sejarah kuno

Materi yang pastinya kamu temui di jurusan arkeologi ialah sejarah kuno dunia. Sejarah kuno ini akan membicarakan berbagai perkembangan manusia purba di dunia. Mulai dari peradaban pertama di Sungai Gangga dan Sungai Indus. Bahkan sampai peradaban di Asia yang terletak di Sungai Kuning.

Kamu juga akan belajar tentang bagaimana mereka bertahan hidup. Bagaimana mereka bersosialisasi, terutama tempat mereka tinggal di masa tersebut. Mulai dari Bangsa Mesir, Suku Maya, bahkan sampai suku terpencil yang ada di Amerika dan juga Asia.

3. Keramologi

Salah satu info jurusan arkeologi yang tanpa kamu sadari digunakan dalam kehidupan sehari-hari ialah keramologi. Apa sih keramologi itu? So, singkatnya keramologi ialah sebuah metod penelitian untuk membuktikkan keaslian sekaligus meneliti berbagai benda bersejarah yang terbuat dari keramik.

Nah, pasti Mama atau Papa atau bahkan keluarga kamu ada yang mengoleksi berbagai guci kuno. Katanya dari Cina atau katanya dari Afrika dan masih banyak lagi. Semua pembuktian tersebut hanya bisa dilakukan oleh seorang lulusan jurusan arkeologi.

4. Seni kuno Indonesia

Last but not least, di jurusan arkeologi kamu akan belajar mengenai seni kuno di Indonesia. Yap, selain berbagai peradaban dunia maka kamu juga akan belajar mengenai berbagai sejarah kuno Indonesia.

Baca Juga:  Info Jurusan Filsafat! Mulai dari Mata Kuliah sampai 4 Prospek Pekerjaan Paling Menguntungkan!

Di mulai dari nenek moyang yang ada di Indonesia, seperti manusia purba pertama yang ditemuikan di Sangiran sampai perkembangannya hingga masa kini. Kamu juga akan bertemu dengan berbagai kesenian kuno yang mungkin masih ada hingga saat ini di suku-suku tertentu di Indonesia.

Universitas dengan Jurusan Arkeologi Terbaik di Indonesia

info jurusan arkeologi
University sign and building

1. Universitas Indonesia

Yap, universitas satu ini memang menjadi salah satu kampus dengan banyak jurusan terbaik di Indonesia. Sebagai info jurusan arkeologi, di UI sendiri kamu akan bertemu dengan kegiatan seru seperti latihan eskavasi.

Sebuah latihan untuk menggali berbagai peninggalan purbakala. Selain itu, jurusan arkeologi di UI juga sering mengadakan kegiatan angkatan yang bertujuan memperat hubungan mahasiswa.

2. Universitas Gadjah Mada

Next, ada kampus yang terletak di Yogyakarta. Apalagi kalau bukan Universitas Gadjah Mada. Universitas satu ini memiliki sederet prestasi dari jurusan arkeologi. Salah satunya ialah alumni UGM yang menjadi penanggung jawab benda-benda cagar budaya Indonesia.

Kabarnya gengs, benda-benda tersebut disimpan di museum Gadjah Mada yang teletak di lantai 3 perpustakaan UGM. Jurusan arkeologi UGM juga memiliki sederet prestasi lain, seperti menjadi peneliti di LIPI khususnya bidang budaya dan cagar alam Indonesia.

3. Universitas Udayana

Yup, info jurusan arkeologi selanjutnya ialah kampus dengan jurusan arkeologi terbaik ke-3. Siapa lagi kalau bukan Universitas Udayana. Universitas yang terletak di Bali ini memang menjadi rekomendasi kampus dengan jurusan arkeologi paling baik di Indonesia guys.

Prospek Pekerjaan Jurusan Arkeologi

info jurusan arkeologi
Archeaologist working and notes on site

1. Arkeolog atau sejarawan

Setelah mengetahui berbagai info jurusan arkeologi di atas, maka kini saatnya kamu mengetahui apa aja sih prospek pekerjaannya? Tentu lulusan jurusan ini memiliki prospek utama sebagai seorang arkeolog atau sejarawan.

Baca Juga:  10 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Yang Umum Ditanyakan

Gimana sih nasib arkeolog di Indonesia? Mungkin kamu jarang mendengarnya bukan? Namun, kebanyakan arkeolog Indonesia bekerja di LIPI sebagai peneliti guys. Di sisi lain, kebanyakan lulusan arkeologi melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga.

2. Dosen Arkeologi

Next, prospek pekerjaan berikutnya ialah menjadi dosen arkeologi. FYI guys, jurusan arkeologi di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tentu hal ini membuat banyak universitas membuka jurusan arkeologi di tiap kampus.

Sehingga prospek sebagai dosen arkeologi pun akan sangat menjanjikan untukmu. Ga hanya itu, sebagai dosen kamu juga boleh melakukan penelitian maupun berbagai project mengenai arkeolog lho guys. Biasanya LIPI sendiri yang akan membiayai project tersebut.

3. Jurnalis

Kamu gemar menulis tentang sejarah? Yap, masuk jurusan arkeologi dan menjadi seorang jurnalis bukan hal yang mustahil lho. Ada banyak juga lulusan arkeologi yang memiliki kemampuan di bidang menulis memutuskan bekerja sebagai jurnalis.

Berbagai media internasional seperti National Geographic, tentu membutuhkan seorang lulusan arkeologi untuk mengisi kolom sejarah miliknya. Ga hanya itu, sebagai seorang jurnalis kamu juga bisa berjalan-jalan sembari melakukan wawancara untuk pekerjaan guys! Gimana, seru kan?

4. Pustakawan

Info jurusan arkeologi yang terakhir ialah prospek pekerjaan sebagai pustakawan. Kamu suka buku dan juga berbagai jurnal mengenai sejarah? Maka menjadi seorang pustakawan adalah pekerjaan impianmu guys.

Selain itu, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai seorang pustakawan di luar negeri lho! Di luar negeri, pustakawan adalah salah satu pekerjaan yang prestige dengan gaji yang juga tinggi guys!

Nah, itu tadi berbagai info jurusan arkeologi yang wajib kamu ketahui nih. Gimana? Apakah sekarang sudah tercerahkan? Kalau kamu masih penasaran dengan jurusan arkeologi, maka penulis rekomendasikan untuk menonton seri film dari Indiana Jones.

Yap, Indiana Jones adalah salah satu tokoh fiktif yang bekerja sebagai seorang arkeolog guys. So, see you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga …