Ketahui 4 Fakta Menarik Jurusan Aktuaria yang Belakangan Banyak Digemari Pelajar Indonesia

Halo teman-teman semua! Apa kabar nih? Masih semangat ya untuk masuk ke kampus impian? Tenang guys, seperti kata pepatah “Ada banyak jalan menuju Roma”, begitu pula dengan “Ada banyak jalan menuju kampus impian”.

Kalau kamu belum diterima melalui jalur SNMPTN, masih ada jalur SBMPTN atau mandiri yang siap menerimamu. Amin! Nah, kali ini penulis mau membagikan beberapa informasi mengenai jurusan aktuaria.

Siapa nih di antara kamu yang masih asing dengan jurusan satu ini? Kebetulan banget nih, penulis akan membagikan berbagai informasinya. Mulai dari mata kuliah hingga prospek kerja, universitas terbaiknya di Indonesia, hingga mata kuliahnya, semua lengkap!

Siapa tahu kamu tertarik dan berminat untuk mendaftar jurusan ini di jalur mandiri atau SBMPTN nanti. Tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Kenalan Dulu Yuk dengan Jurusan Aktuaria

jurusan aktuaria

Tahukah kamu, kalau jurusan akturaria sendiri belakangan ramai digemari oleh pelajari dari seluruh Indonesia lho! Yap, jurusan ini memang tergolong baru di Indonesia, tetapi memiliki banyak peminat yang terus bertambah dari tahun ke tahun guys.

Secara sederhana, jurusan aktuaria sendiri merupakan kombinasi antara matematika, statistika, hingga akuntansi lho. Namun, di mayoritas perguruan tinggi Indonesia, program studi ini masuk ke fakultas SAINTEK daripada SOSHUM, sehingga bukan sesuatu yang unik kalau kamu menemui jurusan ini di berbagai institut seperti ITB atau ITS.

Oh iya, program studi aktuaria juga memiliki prospek pekerjaan yang luas lho guys. Mulai dari seorang yang bekerja di badan pemerintahan seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga menjadi seorang auditor di perusahaan internasional. So, kalau kamu tertarik, lanjut scroll ulasan di bawah ini ya guys!

Mata Kuliah Jurusan Aktuaria

jurusan aktuaria

1. Dasar-dasar Kalkulus

Sebagai jurusan yang mayoritas tergabung ke dalam fakultas MIPA, di program studi ini kamu akan mempelajari dasar-dasar kalkulus. Yap, sangat matematis ya guys? Kalkulus sendiri berisi apa sih?

Baca Juga:  Simak 7 Kampus dengan Jurusan Teater Terbaik di Indonesia

Secara sederhana, di dalam kalkulus kamu akan mempelajari konsep lebih lanjut dari limit, turunan, integral, dan fungsi, materi ini tentu sudah kamu temui secara sederhana di kelas 3 SMA khususnya bagi kamu yang masuk ke kelas MIPA.

2. Komputerisasi

Dari kalkulus, kamu juga akan belajar mengenai komputerisasi. Eits, jangan salah, bukan komputerisasi yang sulit seperti yang kamu pelajari di jurusan informatika kok guys, melainkan mengenai analisis data dan sedikit banyak mengenai java script juga.

3. Asuransi (matematika sampai hukumnya!)

Menariknya, di jurusan aktuaria kamu juga akan mempelajari segala sesuatu mengenai asuransi guys. Akan ada banyak perhitungan matematis hingga teori dasar yang harus kamu pahami benar-benar setiap konsepnya.

Dari perhitungan matematis asuransi, kamu juga harus memahami berbagai perundang-undangan mengenai asuransi guys. Hal ini untuk menjagamu agar jangan sampai melanggar peraturan UU karena berurusan dengan berbagai laporan keuangan orang.

4. Manajemen SDM

Yap, jurusan aktuaria sendiri bisa disebut sebagai perpaduan antara materi SOSHUM dan SAINTEK. Setelah mempelajari kalkulus atau komputerisasi yang tergolong rumit, di program studi ini kamu akan mempelajari manajemen khususnya mengenai sumber daya manusia juga guys.

Kenapa mempelajari manajemen SDM? Karena paling tidak sebagai seorang yang lulus dari jurusan aktuaria, kamu akan bertemu dalam berbagai orang di lingkup perusahaan dan bisa jadi menjadi pemimpin atau manajer dari sebuah divisi keuangan.

5. Analisis Data

Last but not least, menjadi seorang aktuaris juga membutuhkan skill analisis data yang cukup in-depth lho. Di sinilah kamu harus mengasah ketelitian hingga kemampuan analisis jangka panjangmu, terutama yang berhubungan dengan keuangan melalui statistika sekaligus dasar-dasar matematis.

Universitas dengan Jurusan Aktuaria Terbaik

jurusan aktuaria
  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Universitas Padjajaran
  4. Institut Teknologi Bandung
  5. Universitas Gadjah Mada
  6. Institut Sepuluh Nopember
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universits Katolik Parahyangan
Baca Juga:  10 Cara Bahagia Agar Kamu Tetap Kuat Menghadapi Homesick

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

jurusan aktuaria

1. Aktuaris

Pekerjaan menjadi seorang aktuaris memang tidak terdengar umum, khusus di kalangan orang tua siswa bukan? Namun, pekerjaan satu ini belakangan ramai diperbincangkan pelajar di Indonesia karena peluang kerja yang selalu ada serta memiliki gaji yang cukup menjanjikan, khususnya di Indonesia guys.

Sebagai seorang aktuaris, kamu akan mengaplikasikan berbagai teori matematika hingga probabilitas untuk menyelesaikan permasalahan terkait keuangan dalam sebuah perusahaan. Perusahaannya pun bisa dalam rentang dalam negeri maupun internasional guys, tak hanya itu kamu harus mempertimbangkan dengan tepat berbagai risikonya.

2. Auditor

Next, peluang kerja dari jurusan aktuaria berikutnya ialah menjadi seorang auditor. Apa sih auditor itu? Secara sederhana, auditor adalah profesi yang berkaitan dengan evaluasi keuangan dalam sebuah perusahaan atau produk.

Kamu akan berurusan dengan laporan keuangan perusahaan, biaya pengeluaran, maupun memastikan bahwa laporan tersebut murni tanpa adanya ‘korupsi’ dan tentu tidak melanggar undang-undang perpajakan.

Auditor sendiri sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan, baik nasional hingga internasional. Menjadi seorang auditor juga memerlukan ketelitian luar biasa, tanggung jawab, dan tentunya kejujuran dalam mengerjakan evaluasi laporan keuangan.

3. Akuntan

Eits jangan salah, lulus dari jurusan aktuaria, kamu juga bisa kok bekerja menjadi seorang akuntan. Yap, akuntan biasanya erat dengan jurusan akuntansi bukan? Namun, di program studi ini kamu juga akan mempelajari berbagai laporan keuangan, mengawasi, hingga menghitung berbagai pengeluaran perusahaan.

By the way, akuntan sendiri memiliki banyak jenis lho guys. Mulai dari akuntan perusahaan, akuntan publik, hingga akuntan pemerintah. Berbagai jenis dari akuntan juga mewakili jobdesk yang berbeda guys, hanya saja tetap dalam satu bidang yaitu mengenai keuangan dan laporan keuangan.

Baca Juga:  Info Jurusan Astronomi Super Lengkap, Hanya Ada 1 Universitas yang Membuka Jurusan ini di Indonesia!

4. Dosen Aktuaria

Kalau kamu seseorang yang menyukai kegiatan belajar dan ingin memajukan berbagai teori dalam ilmu aktuaria, maka pekerjaan sebagai seorang dosen akan sangat cocok untukmu di masa depan guys.

Berhubung jurusan aktuaria memiliki banyak peminat, maka secara tidak langsung akan ada banyak universitas yang membuka jurusan ini, baik universitas negeri maupun swasta. Nah, kamu bisa mengambil peluang ini untuk menjadi seorang pengajar ya guys.

5. Financial Analyst

Rasa-rasanya jurusan aktuaria sendiri memang memiliki kaitan yang erat dengan bidang keuangan ya guys? Oleh sebab itu, kamu bisa banget nih bekerja menjadi seorang financial analyst. Pekerjaan satu ini sendiri tidak bisa dianggap remeh karena membutuhkan pengetahuan yang luas serta jangka panjang.

Berbagai perusahaan besar, umumnya memerlukan seorang financial analyst untuk memastikan pergerakan dari perusahaan bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian guys. Jadi, kalau kamu berbakat di bidang matematis dan analitis maka peluang karir sebagai financial analiyst akan sangat cocok denganmu.

Nah, gimana guys? Apakah jurusan aktuaria menarik perhatianmu? Kalau iya, maka jangan lupa tetap mempersiapkan mental maupun kemampuan sebelum benar-benar memilih jurusan satu ini. Terutama kalau kamu berminat masuk melalui jalur mandiri.

So, penulis ucapkan semangat untuk kamu yang masih harus berjuang untuk masuk ke kampus impian, baik via SBMPTN atau mandiri. Percaya deh, kamu pasti bisa! Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…