Ini Dia 11 Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin di Indonesia, Peluang Besar dan Gaji Menjanjikan

Siapa nih di antara kamu yang tertarik banget untuk masuk ke jurusan teknik mesin? Yap, teknik mesin menjadi salah satu jurusan yang paling diminati oleh pelajar Indonesia, terutama yang berasal dari kelas MIPA atau SMK.

Indonesia sendiri memiliki beberapa universitas yang memiliki jurusan teknik mesin terbaik lho. Eits, sebelum jatuh hati lebih jauh ke jurusan satu ini, sepertinya kamu perlu tahu ini beberapa prospek kerja jurusan teknik mesin.

Dengan mengetahui prospek kerja, setidaknya kamu juga memiliki gambaran yang tepat mengenai apa yang akan kamu kerjakan di kemudian hari. So, tanpa menunggu lagi, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

1. Teknisi Pesawat Terbang

prospek kerja jurusan teknik mesin

Prospek kerja jurusan teknik mesin yang pertama ialah menjadi seorang teknisi pesawat terbang. Yap, pesawat terbang sendiri menjadi sebuah transportasi yang sangat umum digunakan di hampir seluruh penjuru dunia. Teknisi pesawat terbang di Indonesia sendiri, tergolong masih cukup jarang guys.

Apabila kamu memiliki kemampuan di atas rata-rata, sekaligus memiliki ketertarikan di bidang pesawat terbang maka peluang karir ini sangat mungkin untuk kamu jalani di masa depan guys. Belum lagi gaji sebagai seorang teknisi pesawat terbang yang tergolong cukup tinggi!

2. Designer Mesin

Berikutnya, sebagai seorang lulusan teknik mesin, kamu juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai seorang designer mesin. Eits, jangan salah guys! Mendesain mesin sendiri tidak semudah kelihatannya lho, bahkan menjadi salah satu hal yang penting dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Baca Juga:  Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Lapangan kerja yang tersedia pun terhitung banyak guys, mulai dari perusahaan transportasi, perusahaan mesin pabrik, dan masih banyak lagi guys. Salah satu jobdesk yang kamu miliki sebagai designer mesin ialah melakukan perancangan, menghitung, hingga menggambar mesin yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan.

3. Teknisi Operasional (Quality Control)

prospek kerja jurusan teknik mesin

Prospek kerja jurusan teknik mesin berikutnya ialah menjadi seorang teknisi operasional atau quality control. Selain belajar sekaligus bekerja sebagai pembuat mesin, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang teknisi operasional yang bertugas mengendalikan hingga memelihara mesin-mesin dengan baik.

Jangan salah guys, menggunakan mesin sendiri tidak semudah kelihatannya lho. Terutama mesin-mesin berat seperti yang ada di pabrik tekstil maupun pabrik bahan bakar. Ada banyak tombol yang tidak sembarangan orang mampu memahami.

4. Teknisi Kendaraan Darat

Selain menjadi seorang teknisi di bidang kepesawatan, prospek kerja jurusan teknik mesin berikutnya ialah menjadi seorang teknisi di bidang kendaran darat atau otomotif seperti mobil dan motor. Kamu bisa bekerja di banyak perusahaan seperti Honda hingga Astra sesuai passion yang kamu miliki guys.

5. Dosen Teknik Mesin

prospek kerja jurusan teknik mesin

Yap, kalau kamu termasuk sebagai seseorang yang senang belajar sekaligus mengajar maka prospek kerja teknik mesin berikutnya penulis rasa sangat cocok untukmu. Kamu bisa bekerja menjadi seorang dosen teknik mesin guys.

Jangan salah, jurusan teknik mesin sendiri termasuk banjir peminat setiap tahunnya lho. Apabila peminatnya semakin tinggi, bukan tidak mungkin apabila ada banyak universitas di Indonesia yang tertarik untuk membuka program studi ini. Sehingga, lapangan pekerjaan menjadi seorang dosen pun akan terbuka lebar untukmu guys.

6. Insinyur Energi Terbarukan

Prospek kerja jurusan teknik mesin berikutnya ialah menjadi seorang insiyur energi terbarukan. Yap, di program studi ini sendiri kamu akan berfokus untuk mempelajari pembuatan mesin, mulai dari bahan yang digunakan hingga desain yang akan dipakai.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka Anak Kost yang Umum Dirasakan

Oleh karena itu, peluang kerja sebagai insiyur energi terbarukan akan sangat menguntungkan melihat penggunaan batu bara atau gas alam yang semakin merusak lingkungan. Kamu bisa mengolah bagaimana sebuah mesin menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan tetapi cukup efisien dan mampu berjalan maksimal.

7. Teknisi HVAC

prospek kerja jurusan teknik mesin

Sebagian dari kamu tentu masing asing dengan istilah HVAC! Yap, HVAC merupakan singkatan dari Heating, Ventilation, and Air Conditioner. Sebagai seorang teknisi HVAC, kamu memiliki tugas untuk merancang sistem pemanas, AC, ventilasi, hingga alat pendingin lainnya guys.

Di era modern ini sendiri, teknisi HVAC sangat dibutuhkan bahkan terdapat perusahaan yang memang menyediakan jasa teknisi ini. Kamu tidak hanya bekerja langsung ke lapangan untuk mengontrol, melainkan juga mendesain, menjadi seorang mekanik, hingga project manager terutama dalam pembangunan gedung.

8. Staff BUMN

Yap, siapa sangka kalau salah satu prospek kerja jurusan teknik mesin ialah menjadi seorang staff BUMN. Kamu bisa bekerja di sektor-sektor yang berkaitan dengan teknologi, seperti PT Kereta Api Indonesia hingga PT Garuda Indonesia guys.

Sebagai seorang staff BUMN, tentu terdapat banyak peluang kerja yang bisa kamu ambil. Mulai dari menjadi staff kontrol mesin, mekanik, maupun ikut mengawasi berbagai produk mesin yang beredar di pasaran.

9. Data Scientist

prospek kerja jurusan teknik mesin

Next, peluang karir seorang lulusan teknik mesin selanjutnya ialah menjadi seorang Data Scientist. Kamu yang tertarik dengan statistika sekaligus analisis data, bisa bekerja menjadi seorang data scientist juga. Pekerjaan ini terhitung banyak dibutuhkan, khususnya pada perusahaan-perusahaan besar dan multinasional guys.

Salah satu keahlian yang harus kamu miliki sebagai seorang data scientist ialah programming, hingga keahlian dalam bidang ilmu komputer khususnya pengolahan data. Eits, tenang aja, untuk memperdalam kemampuan di bidang ini, kamu juga bisa mengambil beberapa kursus gratis baik secara offline maupun online guys.

10. Teknisi Pertambangan Minyak

Kalau kamu termasuk orang yang senang ‘berpetualang’ dan menyukai tantangan, maka pekerjaan menjadi seorang teknisi pertambangan minyak bisa menjadi pilihan karirmu di masa depan guys. Pekerjaan ini tergolong memiliki risiko yang tinggi karena kamu akan berada di tengah lautan dan jauh dari daratan.

Baca Juga:  iLab Gunadarma: Fasilitas Laboratorium Kebanggaan Gunadarma

Tidak hanya itu, dibutuhkan kemampuan mengoperasikan berbagai peralatan tambang khususnya pengeboran minyak yang tidak mudah atau sembarang orang bisa melakukannya lho. Namun, antara pekerjaan yang kamu lakukan dengan gaji yang terima, penulis rasa sangat worth it untuk diambil guys!

11. Researcher and Development

prospek kerja jurusan teknik mesin

Prospek kerja jurusan teknik mesin yang terakhir ialah menjadi seorang researcher. Kalau kamu termasuk sebagai orang yang memiliki banyak inovasi, khususnya di bidang mesin atau teknologi, maka peluang karir sebagai seorang researcher akan sangat cocok denganmu guys.

Profesi satu termasuk ke dalam salah satu pekerjaan dengan gaji yang besar lho guys, jangan salah ya! Ga hanya itu, biasanya seorang researcher juga akan bekerja sebagai pengajar atau mungkin teknisi senior di sebuah perusahaan mesin.

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja jurusan teknik mesin. Sampai sini, apakah kamu masih tertarik dengan program studi satu ini? Atau justru makin jatuh cinta karena menemukan pekerjaan yang memang kamu inginkan sedari dulu?

Jurusan teknik mesin sendiri memang memiliki lapangan pekerjaan yang luas dan snagat diperlukan dari masa ke masa. Jadi, kalau kamu memang menaruh minat dalam jurusan ini, maka kamu ga perlu khawatir tentang peluang karir atau prospek di masa depan.

Yap, apapun hasilnya, penulis harap kamu bisa masuk ke jurusan yang memang kamu cita-citakan ya guys. Perkuliahan sendiri menjadi batu loncatan yang penting lho, apalagi dalam memasuki dunia kerja yang semakin ketat. So, terus semangat pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap,…