Yuk, Ketahui 10 Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa! Siapa Tahu Ada yang Cocok Denganmu!

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah bagi para pelajar. Mungkin kamu juga sedang mengalami sulitnya memilih jurusan untuk kuliah. Hal ini seringkali dirasakan oleh siswa SMA kelas 11 hingga kelas 12 yang sedang mempersiapkan diri untuk menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah.

Kelas 12 SMA menjadi tahun yang super sibuk untuk kamu, selain karena memenuhi tanggung jawab di sekolah kamu juga harus belajar untuk kuliah. Namun, sebelum mulai mempersiapkan diri ke jenjang perguruan tinggi, kamu harus tahu tujuan kamu, yaitu dengan menentukan jurusan kuliah.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih jurusan, disini Penulis akan membagikan beberapa jurusan kuliah untuk anak jurusan bahasa! Penasaran? Simak ulasan di bawah ini ya!

Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa

1. Bahasa asing

jurusan kuliah untuk anak jurusan bahasa
Thank You Word Cloud printed on colorful paper different languages

Mempelajari suatu bahasa asing sudah bukan hal asing bagi kamu yang merupakan anak dari jurusan bahasa. Ketika SMA kamu pasti sudah diajarkan beberapa bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Sehingga masuk ke jurusan bahasa tidak akan menyulitkan kamu dalam beradaptasi mempelajari materi yang diajarkan.

Di Indonesia ada beberapa jurusan bahasa, seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Setelah lulus dari jurusan bahasa asing pun kamu bisa mendapat pekerjaan yang baik, seperti menjadi penerjemah di dalam suatu perusahaan atau menjadi guru bahasa asing sesuai dengan jurusan bahasa asing yang kamu pilih. Sebelum lulus kamu juga sudah bisa menghasilkan pendapatan dengan menjadi jasa penerjemah.

2. Sastra

Berbeda dengan bahasa, dalam sastra kamu lebih diajarkan untuk memahami arti tersirat dari suatu bahasa atau percakapan. Sastra juga diterapkan dalam beberapa karya seni seperti novel, film, atau lagu. Pelajaran sastra pun pasti sudah pernah kamu dapatkan di SMA, seperti Sastra Indonesia atau Sastra Inggris.

Baca Juga:  5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Sehingga mungkin kamu juga tidak akan kesulitan untuk memahami pelajarannya. Lulus dari kuliah dengan jurusan sastra kamu bisa bekerja di berbagai bidang yang lebih luas, seperti menjadi penulis, sastrawan, atau budayawan. Kamu juga bisa bekerja menjadi seorang pendidik atau penerjemah.

3. Antropologi

Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa
Anthropologist unearthing ancient human scull

Di SMA kamu mungkin juga sudah mendapatkan pelajaran antropologi. Antropologi mengajarkan mengenai kemajemukan hidup bermasyarakat dan kebiasaan masyarakat di masing-masing negara yang beragam. Jika kamu tertarik dengan hal tersebut, maka jurusan antropologi tidak diragukan lagi akan cocok dengan kamu.

Dalam antropologi kamu juga akan belajar mengenai asal usul dari berbagai unsur kebudayaan yang ada di kehidupan manusia. Jika kamu bingung karena tidak tahu harus bekerja sebagai apa, tenang karena kamu nanti akan menjadi seorang antropolog yang dapat bekerja sebagai staf penelitian dan pengembangan, konsultasi masyarakat, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa memilih menjadi seorang tenaga pendidik.

4. Psikologi

Jurusan psikologi akan mempelajari mengenai pikiran, pengalaman, hingga interaksi manusia. Dalam jurusan ini kamu akan diajarkan berbagai aspek yang berhubungan dengan pikiran dan interaksi manusia, sehingga nantinya kamu akan dapat memahami pikiran serta interaksi manusia.

Kamu sebagai anak bahasa mungkin akan dapat dengan mudah memahami apa yang diajarkan dalam jurusan psikologi. Seorang lulusan jurusan psikologi tidak lagi perlu bingung mengenai pekerjaan mereka. Karena lulusan jurusan psikologi memiliki prospek kerja yang cukup luas.

Kamu bisa menjadi seorang psikolog yang saat ini banyak dicari, atau di bagian manajemen sumber daya manusia. Kamu juga bisa bekerja di sekolah dengan menjadi seorang guru BK.

5. Sosiologi

Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa
Sociology concept in word tag cloud

Sebagai anak bahasa mungkin kamu sudah pernah mendapat pelajaran sosiologi di SMA. Jika kamu sudah pernah mendapatkannya maka akan lebih mudah untuk kamu menguasai pelajaran yang diberikan di jurusan sosiologi. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari atau menganalisa masyarakat.

Baca Juga:  Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan Lho!

Dalam jurusan ini kamu tidak hanya mempelajari teori, namun kamu juga akan melakukan penilitian terhadap masyarakat. Jika kamu memiliki minat dalam melakukan penilitan dalam masyarakat dan memahami segala sesuatu yang ada di dalam masyarakat, maka kamu bisa memilih jurusan Sosiologi ketika kuliah.

Setelah lulus kuliah kamu bisa menjadi seorang sosiolog dan bekerja di pemerintahan untuk memprediksi yang terjadi dalam masyarakat jika diterapkan suatu kebijakan tertentu.

6. Jurnalisme

Menjadi seorang jurnalisme tentu harus menguasai kemampuan bahasa yang baik. Hal ini menjadi salah satu nilai plus bagi kamu anak jurusan bahasa. Kemampuan bahasamu yang sudah diasah selama 3 tahun pasti sudah tidak diragukan lagi, sehingga jurusan ini akan cocok untuk kamu. Dalam jurusan bahasa kamu akan mempelajari tentang teknik mencari, menulis, serta menyunting berita.

Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana cara menyiarkan berita tersebut melalui berbagai media. Sehingga seorang jurnalis dapat bekerja di berbagai media seperti stasiun televisi, radio, penulis surat kabar, dan lainnya yang saat ini media menjadi sangat luas. Jika kamu tertarik dengan hal ini, maka jurusan jurnalisme akan cocok untuk kamu kuliah.

7. Ilmu komunikasi

Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa
Shot of two colleagues talking together in a modern office

Komunikasi tentunya juga membutuhkan kemampuan berbahasa yang kamu miliki sebagai anak bahasa. Ilmu komunikasi akan mempelajari bagaiamana menyampaikan pesan atau berkomunikasi secara efektif dan efisien. Selain itu, dalam ilmu komunikasi kamu juga akan belajar mengenai berbagai perkembangan teknologi dan cara berkomunikasi masyarakat yang semakin beragam.

Karena hal itu, ilmu komunikasi merupakan suatu ilmu yang akan terus berkembang mengikuti perkembang jaman dan teknologi. Sehingga seseorang yang mahir dalam bidang ini akan terus dibutuhkan mengikuti perkembangan jaman.

8. Perhotelan dan pariwisata

Sebagai anak bahasa tentu kamu setidaknya menguasai berbahasa Indonesia dan Inggris. Hal ini sudah cukup menjadi bekal kamu untuk belajar di jurusan perhotelan dan pariwisata. Dalam jurusan ini, kamu tidak akan hanya belajar teori, namun kamu juga akan belajar secara langsung dalam sebuah hotel atau biasa disebut magang agar kamu lebih mampu bekerja dalam perhotelan ataupun sektor pariwisata.

Baca Juga:  5 Situs Kuliah dan Kursus Online Gratis untuk Mahasiswa

9. Hubungan internasional

Jurusan Kuliah untuk Anak Jurusan Bahasa
worldwide business concept

Di dalam jurusan hubungan internasional kamu akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Karena itu, kamu butuh untuk mampu memahami bahasa, etika, serta budaya dari berbagai negara. Sehingga kemampuanmu dalam berbahasa asing yang sudah kamu asah di masa SMA dapat menjadi bekal kamu masuk jurusan hubungan internasional ini.

Prospek kerja dari jurusan hubungan internasional juga luas dan menjanjikan. Kamu bisa menjadi seorang menteri, diplomat, negosiator, atau pengusaha. Organisasi internasional yang jumlahnya cukup banyak akan sangat membutuhkan seseorang dari lulusan hubungan internasional.

10. Televisi dan film

Jurusan perfilman akan mengajarkan kamu teori serta praktek dalam pembuatan suatu film. Kamu akan mempelajari segala aspek tentang film, mulai dari sejarah, penulisan naskah, screenwriting, hingga menyutradarai. Untuk dapat menguasai itu semua dengan baik tentu saja juga dibutuhkan kemampuan bahasa yang baik yang sudah kamu miliki.

Lulusan jurusan televisi dan film tentu saja dapat bekerja dibidang pembuatan film. Kamu bisa menjadi seorang screenwriter, sutradara, atau bahkan produser suatu film atau acara tv. Bekerja di bidang hiburan tentu saja kamu dapat memiliki gaji yang cukup tinggi.

Tidak kalah dengan jurusan IPA dan IPS, jurusan bahasa juga memiliki banyak jurusan kuliah yang sesuai dengan yang dipelajari selama SMA. Setelah Penulis kasih tahu, kamu tidak perlu lagi bingung dalam memilih jurusan. Sesuaikan dengan minat serta bakat yang kamu miliki.

Tetap semangat untuk mempersiapkan pendidikan kamu menuju jenjang yang lebih tinggi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia 8 Aplikasi Presentasi Aesthetic dan Menarik Untuk Mempercantik Tugasmu

Ketika sekolah pasti kamu pernah mendapat tugas untuk membuat Power Point bukan? Namun, ap…