Manfaat Ruangkelas Untuk Guru Sebagai Solusi Pembelajaran

Manfaat Ruangkelas – Mengajar di tengah pandemi tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar di seluruh Indonesia. Beberapa kendala seputar jaringan, pengumpulan yang telat, sampai kesulitan penggunaan aplikasi pertemuan, menjadi kebiasaan baru di dunia pendidikan Indonesia.

Hal ini cukup membawa angina buruk bagi pendidikan di Indonesia bahkan seluruh dunia akibat pandemi yang belum juga berakhir. 

Bagi Anda pengajar di seluruh Indonesia yang mungkin mengalami beberapa kendala di atas, maka kini saatnya beralih menuju sebuah layanan yang bebas hambatan dan memudahkan Anda dalam melakukan pengajaran.

Layanan tersebut adalah Ruangkelas yang dibuat oleh salah satu bimbel terbesar di Indonesia, Ruangguru. Berikut terdapat beberapa manfaat Ruangkelas untuk guru yang ada di seluruh pelosok negeri. 

Manfaat Ruangkelas Untuk Guru Sebagai Solusi Pembelajaran

manfaat ruangkelas
Photo by Arthur Krijgsman on Pexels.com

1. Kemudahan dalam berinteraksi 

Interaksi yang menyenangkan adalah kunci kesuksesan materi bagi setiap guru dan murid. Tentunya keterbatasan ruang tatap membuat interaksi menjadi terhambat. Bahkan pengajaran yang biasanya ramai dengan ocehan sampai pertanyaan siswa, kini menjadi sepi karena terbatas oleh digital. 

Hal ini tentu dapat diselesaikan dengan Ruangkelas. Memberikan berbagai fasilitas yang mampu menunjang kelas online menjadi lebih baik lagi. Beberapa fitur tersebut antara lain seperti ruang diskusi umum, live teaching, hingga fitur lainnya. 

2. Melakukan penilaian dengan mudah

Seringkali siswa mengalami kesulitan untuk mengevaluasi setiap materi karena kurangnya ulasan. Di sisi lain, pihak pengajar sendiri cukup disibukkan dengan berbagai kelas dan keharusan membuat ulasan untuk kelas lain menjadi suatu pekerjaan tambahan tersendiri. 

Sehingga, melalui Ruangkelas ini Anda cukup memasukkan kunci jawaban dari tiap pertanyaan maupun  soal. Lalu pada saat siswa menjawab berbagai soal dalam bentuk esai maupun pilihan ganda, maka ulasan benar salah akan muncul bersamaan dengan skor hasil pengerjaan. Tentunya hal ini cukup memudahkan pengajar. 

3. Memberikan materi yang variatif

Membuat video materi untuk beberapa kelas menjadi kendala tersendiri yang dihadapi seorang pengajar. Belum lagi menyiapkan berbagai soal, kuis, sampai ulasan dari tiap soal yang mungkin saja diperlukan siswa untuk kedepannya. Hal ini memang menjadi kendala  bagi beberapa aplikasi kelas online.

Akan tetapi, di Ruangkelas sendiri Anda dapat memberikan berbagai video pembelajaran sampai materi tambahan dengan berbagai macam pilihan di Ruangbelajar. Di mana hal ini memudahkan Anda untuk tetap memberikan materi pelajaran menggunakan video yang telah disediakan oleh Ruangkelas. 

4. Memantau siswa secara intens

Kesulitan yang menjadi tanggungan tersendiri bagi tiap pengajar ialah memantau siswa secara intens dari jarak jauh. Sementara itu, melalui Ruangkelas Anda bisa memantau siswa baik secara individual melalui berbagai hasil belajar sampai keaktifan siswa di Ruangkelas. 

Selain itu, Anda juga mendapatkan fasilitas untuk memantau siswa secara kolektif dengan beberapa fitur menarik seperti live teaching, grup diskusi, sampai beberapa komentar dari siswa yang menunjukkan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

5. Fitur menari yang inovatif

Seperti yang sempat disinggung di atas, Ruangkelas memang memiliki beragam fitur yang menarik. Mulai dari grup diskusi yang memungkinkan Anda mengajar melalui grup chat dengan memberikan berbagai video, dokumen, sampai link kepada siswa.

Fitur lainnya yang menjadi Andalan di Ruangkelas ialah live teaching yang mampu menampilkan pengajaran secara langsung tanpa melalui aplikasi pertemuan. Di live teaching sendiri Anda juga bisa mendapatkan komentar dan pertanyaan secara langsung dari para siswa yang mengikuti pembelajaran. 

6. Kemudahan untuk mengakses

Ruangkelas sendiri sangat mudah untuk diakses baik untuk murid maupun guru. Guru dapat mengakses Ruangkelas secara gratis melalui kelas.ruangguru.com dan menikmati berbagai fasilitas dan fitur menarik yang tersedia di sana. 

Nah, di atas ialah beberapa manfaat Ruangkelas untuk guru yang mungkin dapat menjadi pertimbangan setiap pengajar di Indonesia untuk beralih menuju layanan yang lebih inovatif.

Ibaratnya, Ruangkelas adalah sebuah aplikasi yang super lengkap dan komplit untuk menunjang berbagai pengajaran secara online di masa pandemi. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Stop Insecure! Yuk, Kenalan Dengan Metode Deliberate Practice

Ada dong di sini yang merasa insecure sama kemampuannya sendiri? Mungkin juga sering memba…