Ini Dia Informasi Paling Lengkap Tentang 10 Organisasi di Bawah Naungan PBB

Siapa sih di sini yang ga kenal dengan salah satu organisasi paling bergengsi di dunia, yakni PBB? Yap, istilah PBB sendiri hampir selalu kamu temui di berbagai jenjang dalam pendidikan, dari sekolah dasar sampai SMA. Apalagi kalau kamu mengambil jurusan di kuliah yang berkaitan dengan politik, pemerintahan, atau hubungan luar negeri. 

Akan tetapi, apakah kamu juga mengetahui dengan tepat bagaimana sih sebenarnya sejarah PBB ini? Kenapa PBB masih eksis sampai kini menjadi sebuah organisasi paling bergengsi dengan kekuasaan yang cukup besar di berbagai negara? 

Nah, tepat banget nih teman-teman, kali ini penulis hendak membagikan informasi mengenai organisasi-organisasi di bawah naungan PBB. Dari sini kita bisa melihat bagaimana peranan PBB yang begitu besar melalui organisasi yang ada di bawahnya. So, langsung kepoin ulasannya di bawah ini ya!

Organisasi di Bawah Naungan PBB

organisasi di bawah naungan pbb

1. World Health Organization (WHO)

Organisasi di bawah naungan PBB yang pertama adalah World Health Organization atau akrab disapa dengan WHO. Organisasi satu ini berfokus di bidang kesehatan masyarakat dunia sekaligus melakukan riset terhadap berbagai virus-penyakit yang berkembang di belahan dunia dan berakibat pada masyarakat global. 

Markas besar WHO sendiri terletak di Jenewa, Swiss. World Health Organization (WHO) memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesehatan secara merata di seluruh dunia. Salah satu langkah paling kentara yang dilakukan WHO ialah sewaktu penanganan pandemi yang melanda dunia di tangan 2020 kemarin. 

Baca Juga:  10 Tugas dan Manfaat Eskul PMR, Salah Satu Eskul Keren di Sekolah

2. Food and Agriculture Organization (FAO)

Next, ada Food and Agriculture Organization atau FAO. Organisasi di bawah naungan PBB kali ini berfokus pada sektor pangan dan pertanian. Tujuan utama dibentuknya organisasi ini ialah meningkatkan standar gizi masyarakat dunia, khususnya dalam mengakses pangan yang berkualitas.

FAO memiliki markas besar di ibukota Italia, yakni Roma. Sebagai sebuah organisasi yang berfokus meningkatkan kualitas pangan yang ada di dunia, FAO juga dengan tekun memberikan penyuluhan terkait pembangunan pangan di dunia. 

3. International Monetary Fund (IMF)

IMF atau International Monetary Fund menjadi organisasi di bawah naungan PBB yang berikutnya. Organisasi satu ini bergerak di bidang keuangan atau finansial secara global. Salah satu tugasnya adalah menyediakan pinjaman kepada negara anggota PBB yang mengalami krisis keuangan. Markas besar IMF sendiri terletak di Washington DC, Amerika Serikat. 

4. International Telecommunication Union (ITU)

Yap, organisasi di bawah naungan PBB berikutnya adalah International Telecommunication Union atau biasa disingkat ITU. Organisasi satu ini bergerak di bidang telekomunikasi dan pengembangannya. Salah satu dari jobdesk yang dilakukan ITU ialah melindungi setiap proses individu dalam berkomunikasi. 

5. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)

Siapa sih yang ga tau dengan organisasi satu ini? Organisasi di bawah naungan PBB ini begitu familiar hampir di sebagian besar pelajar Indonesia karena bergerak di bidang pendidikan hingga kebudayaan. 

UNESCO sendiri bertugas untuk membina kerja sama dengan berbagai negara anggota PBB di bidang pendidikan, penelitian, maupun kebudayaan guys. Organisasi ini memiliki markas besar di Paris, Perancis. 

6. World Intellectual Property Organization (WIPO)

Selanjutnya ada World Intellectual Property Organization atau seringkali disingkat sebagai WIPO. Organisasi satu ini memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan kreativitas individu maupun melindungi setiap hasil karya yang dihasilkannya. 

Yap, WIPO mempunyai tugas yang cukup besar dalam memperkenalkan suatu barang ke kancah internasional sekaligus memberikan perlindungan atas hak cipta dari barang tersebut. WIPO sendiri bermarkas di Jenewa, Swiss. 

7. International Civil Aviation Organization (ICAO)

Tahukah kamu kalau penerbangan menjadi salah satu sektor yang cukup diperhitungkan di taraf internasional. Untuk mempermudah wilayah udara yang mungkin sangat sulit dipetakan, maka PBB membuat sebuah organisasi bernama ICAO atau International Civil Aviation Organization

Baca Juga:  Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Organisasi ini bertugas untuk memastikan pengembangan penerbangan dan navigasi, merencanakan angkutan udara internasional, dan membagi wilayah langit bagi 192 negara anggotanya guys. 

8. International Atomic Energy Agency (IAEA)

Next, ada international Atomic Energy Agency atau biasa disingkat sebagai IAEA. Organisasi ini merupakan pusat dalam pengembangan nuklir yang dilindungi oleh PBB. Yap, sebagai sebuah energi yang mutakhir, nuklir sendiri tetap harus dikembangkan dalam taraf yang aman, terjamin, dan damai.

9. International Labour Organization (ILO)

ILO menjadi organisasi di bawah naungan PBB berikutnya yang terletak di Jenewa, Swiss. Organisasi ini memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengembangkan keadilan sosial maupun memberikan perlindungan bagi setiap buruh di seluruh dunia. 

Organisasi ini melindungi kebebasan berserikat bagi buruh, penghapusan kerja paksa, maupun perlindungan buruh dari kekerasan hingga perdagangan manusia yang umum terjadi di negara-negara terbelakang dunia. 

10. International Maritime Organization (IMO)

Selanjutnya, ada IMO atau singkatan dari International Maritime Organization. Organisasi satu ini memiliki peran yang penting dalam melindungi sektor maritim dari berbagai kemungkinan pencemaran hingga menjalin kerja sama dengan industri pelayaran sebagai upaya meningkatkan keselamatan maritim. 

11. International Fund for Agricultural Development (IFAD)

IFAD atau International Fund for Agricultural Development merupakan sebuah organisasi di bawah naungan PBB yang menyediakan pendanaan khusus di bidang pertanian guys. Hal ini dikarenakan pertanian menjadi sumber ekonomi bagi banyak negara anggota PBB, sehingga perlunya perlindungan dan pengaturan terkait penyediaan dana maupun pengembangannya. 

12. United Nations Industrial Development Organization (UNINDO)

Kalau organisasi di bawah naungan PBB kali ini begitu akrab terdengar di berbagai perusahaan, khususnya yang berskala internasional. United Nations Industrial Development Organization atau akrab disapa UNINDO merupakan sebuah organisasi yang berfungsi untuk mengembangkan industrialisasi yang ada di negara berkembang. 

Salah satunya dengan mempromosikan kerja sama antar negara khususnya di bidang pembangunan dan infrastruktur guys. Markas besar UNINDO sendiri terletak di Wina, Austria dekat dengan negara Jerman.

Baca Juga:  Tujuan dan Tekhnik Penilaian dalam Kegiatan Belajar Mengajar

13. Universal Postal Union (UPU)

Masih bersemangat ya untuk mengetahui lebih dalam berbagai organisasi di bawah naungan PBB? Yap, kali ini ada Universal Postal Union atau akrab disingkat sebagai UPU. UPU sendiri memiliki peran yang cukup signifikan dengan membantu koordinasi kebijakan pos antar negara.

Dengan demikian kamu bisa dengan bebas menikmati pelayanan pengiriman surat hingga barang sampai ke luar negeri. Ga hanya itu, UPU juga bertugas untuk memastikan setiap jaringan produk dan layanan yang dibuatnya benar-benar bisa diakses oleh setiap orang di belahan dunia. 

14. World Meteorological Organization (WMO)

Di urutan ke-14, ada WMO atau World Meteorological Organization yang berperan sangat besar terhadap penelitian maupun pengembangan informasi mengenai cuaca hingga iklim di seluruh dunia. Organisasi ini memang berfokus dalam bidang meterologi, hidrologi, maupun geofisika. 

Selain itu, WMO juga bertugas untuk mengembangkan informasi terkait meterologi, bencana hidrologi, hingga berbagai informasi penting lainnya untuk tujuan keamanan, pengiriman barang, hingga penerbangan. 

15. World Tourism Organization (UNWTO)

Terakhir nih guys, organisasi di bawah naungan PBB kali ini mungkin tidak terdengar familiar bagi sebagian dari kamu tetapi memiliki peran yang cukup signifikan terutama dalam menambah devisa negara. 

Jadi, World Tourism Organization atau biasa disingkat sebagai UNWTO merupakan sebuah organisasi yang menangani masalah kepariwisataan dan meningkatkan informasi mengenai pariwisata di seluruh dunia. Markas UNWTO sendiri terletak di Madrid, Spanyol. 

Yap, di atas adalah informasi lengkap mengenai sejarah PBB beserta berbagai organisasi nirlaba lain yang bernaung di bawahnya. Melihat uraian di atas, tentu kamu sedikit banyak menyadari bagaimana PBB bisa eksis dan memiliki kekuasaan yang cukup besar di berbagai negara bukan?

Kalau kamu tertarik bergabung atau bekerja di PBB, maka penulis sangat merekomendasikanmu untuk masuk ke jurusan hubungan internasional atau ilmu politik guys. Kamu yang kepo tentang jurusan ini, bisa langsung klik link di sini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kisah Inspiratif Kesuksesan Tirto Utomo Pendiri AQUA

Kali ini saya akan berbagi tentang sebuah kisah kesuksesan Tirto Utomo, seorang yang telah…