Gabut di Rumah Aja? Ini Dia 8 Pekerjaan Sampingan Sebagai Pelajar yang Paling Menjanjikan Selama Pandemi!

Halo gengs, gimana kabar kalian semua? Semoga kalian berada dalam keadaan yang baik-baik saja ya. Aku berharap semoga kamu tetap dilindungi sama Tuhan di masa pandemi ini. Nah, omong-omong soal pandemi nih ya, aku yakin seratus persen kalau beberapa dari kamu ada yang sedang kesusahan atau kesulitan ekonomi.

Karena kita semua di rumah terus dan sekolah juga secara online, mungkin beberapa dari kalian ada yang nggak dapet uang saku kayak biasanya. Iya nggak gengs? Nah kalau iya, artikel ini cocok banget untuk kamu baca. Kali ini aku ingin membagikan beberapa pekerjaan sampingan sebagai pelajar yang bisa kamu lakukan di rumah.

Semoga lewat artikel yang aku tulis, kamu bisa lebih optimis ya. Cekidot!

Pekerjaan Sampingan Sebagai Pelajar di Tengah Pandemi

1. Dropshipper

pekerjaan sampingan sebagai pelajar
Female warehouse worker, seller, dropshipping small business owner holding phone scanning retail package postal parcel barcode on ecommerce shipping box label on smartphone using mobile app, close up.

Nah, pekerjaan pertama yang bisa kamu lakuin sebagai pelajar adalah menjadi seorang dropshipper. Dropshipper sendiri adalah kamu berperan sebagai penjual, namun tugasmu hanyalah memasarkan atau menjual barang dari supplier tanpa perlu memiliki stok barang.

Kedengerannya simple ya gengs. Iya, emang simple, tapi kamu harus benar-benar pandai menerapkan strategi pemasaran agar produk yang kalian jual bisa laku. Selain pandai menentukan strategi, kamu juga harus pandai menemukan supplier yang tepat. Jangan sampai pilih supplier yang menjual barang dengan kualitas rendah.

Yang ada, pembeli kalian nggak bakal repeat order loh. Biasanya, dropshipper ini bisa dilakuin antar marketplace. Bisa marketplace yang sama atau yang berbeda. Gimana? Tertarik nggak untuk jadi dropshipper?

Baca Juga:  Tips Mudah Produktif Selama di Rumah Aja!

2. Reseller

Tadi dropshipper, sekarang reseller. Apa bedanya kak? Sebenarnya hampir sama ya. Perbedaannya cuma di stok aja. Tadi kalau dropshipper nggak perlu ngestok barang, sedangkan reseller perlu ngestok barang. Reseller itu seperti membeli barang dari supplier, lalu dijual kembali. Jadi, of course kalian perlu modal untuk stok barang.

Kalau dari kelihatannya sih, lebih simple jadi dropshipper ya gengs. Tapi sebenarnya, mereka punya kelebihan dan kelemahan kok. Kalau kamu jadi reseller, kamu nggak usah susah-susah cek stok barang setiap hari karena kamu sudah punya barangnya, dan jelas kamu sudah tau kualitas barang yang kamu jual. Hayo, kamu lebih pilih jadi dropshipper atau reseller nih?

3. Open Pre-Order alias PO

pekerjaan sampingan sebagai pelajar
selection of cakes

Siapa sih yang nggak tau PO? Pasti pada tau lah ya karena sekarang lagi tren-trennya buka PO. Nah, tren ini bisa kamu manfaatin nih biar jadi cuan. Jenis produk dan sistemnya bisa beragam loh. Untuk sistemnya, kamu bisa coba bikin produk sendiri atau kamu bisa beli dari marketplace, lalu bisa langsung kalian jual ke teman atau saudara kalian dengan harga yang sudah kamu tentuin.

Barangnya juga beragam loh. Kalau yang handmade, kamu bisa coba jualan makanan nih seperti cookies, cake, dessert box, atau segala jenis makanan yang lagi viral. Kamu juga bisa jual barang-barang kerajinan loh, misalnya kamu yang hobi ngerajut atau menjahit bisa bikin syal, boneka, dan lain-lain.

Kalau barang yang kamu beli dari marketplace beragam juga loh, bisa baju, lilin aromaterapi, skincare, kaos distro, jam tangan, banyak deh pokoknya. Kalau kamu punya banyak teman, ide bisnis satu ini cocok banget loh untuk nambah penghasilan. Semangat gengs!

4. Menjadi Freelancer

Nah, mungkin beberapa dari kalian udah tau nih tentang freelancer. Buat kamu yang belum tau, sini mimin jelasin. Jadi freelance sendiri adalah pekerjaan lepas atau gampangnya seperti bekerja tanpa batas waktu. Tapi, tetap ada deadline ya. Intinya kamu bisa melakukan pekerjaan ini dimanapun dan kapanpun yang kamu mau. Sedangkan freelamcer adalah istilah yang dipakai untuk orang yang melakukan freelance.

Freelance ini banyak banget loh jenisnya, ada yang freelance di bidang menulis, desain grafis, fotografi, editor, dan lain sebagainya. Jadi seorang freelancer itu bermanfaat banget loh gengs! Kita jadi lebih bisa mengembangkan skill dan kemampuan kita lewat pekerjaan kita. Selain itu, kita bisa cari cuan tambahan kan hehehe.

Siapa bilang kita sebagai pelajar nggak bisa jadi freelancer? Kita bisa banget kok gengs, karena udah banyak banget website-website penyedia jasa freelance. Ayok, coba deh pekerjaan yang satu ini, dijamin seru karena kita bisa lebih leluasa untuk mengembangkan kemampuan dan bakat kita. Semangat gengs!

5. Berjualan Pulsa dan Kuota

pekerjaan sampingan sebagai pelajar
Teenage girl listening music using mobile phone and headphones while e-learning on laptop at home

Di masa sekarang, kebutuhan akan gadget bakal semakin bertambah kan gengs? Jelas dong, orang juga butuh pulsa dan kuota untuk gadget-nya. Nah, kita sebagai pelajar bisa memanfaatkan untuk berjualan. Kalian nggak perlu membuka konter pulsa kok, melainkan coba untuk berjualan ke orang sekitar kalian, seperti saudara, tetangga, atau teman-teman kalian.

Baca Juga:  Tips Lulus Ujian Nasional

6. Menjual Hasil Foto ke Internet

Nah, pekerjaan satu ini cocok banget untuk kalian yang memiliki hobi fotografi. Apalagi kalau hasil jepretan foto kalian bagus dan banyak diminati. Nah, kamu bisa memanfaatkan hobi dan kemampuan yang kalian punya untuk mendapatkan uang jajan tambahan yaitu dengan menjual hasil foto kalian.

Banyak loh website yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk menjual foto kamu. Misalnya shutterstock, adobe stock, dreamstime,com, crestock, etsy, dan lain sebagainya. Mereka adalah website yang berasal dari luar negri. Jadi, pembayarannya akan dalam bentuk dolar dan biasanya akan dicairkan ke dalam rupiah melalui PayPal. Gimana, menarik bukan kelihatannya? Buruan dicoba gengs!

7. Blogger

pekerjaan sampingan sebagai pelajar
woman reading blog online on computer

Nah, udah pada nggak asing ya sama blogger. Blogger adalah pekerjaan bagi orang yang membuat ataupun mengelola blog. Untuk menjadi seorang blogger, kamu harus mempunyai skill menulis yang baik. Selain itu, kamu harus rajin membaca buku, mengerti perkembangan berita terkini, serta kreatif.

Sebagai blogger yang baik, kamu harus bisa memberikan informasi yang berguna serta bermanfaat bagi pembaca blog kamu. Jangan buat mereka kecewa yah. Terus pertanyaannya, darimana sumber pendapatan blogger? Banyak kok, bisa melalui Google AdSense, endorsement, hingga afiliasi.

8. YouTuber

Nah, udah nggak asing ya sama pekerjaan satu ini. Kamu bisa loh jadi seorang youtuber juga. Kamu hanya perlu membuat konten yang menarik dan tentunya berguna bagi banyak orang. Lewat pekerjaanmu sebagai youtuber, kamu harus memiliki jiwa kreatif dan inovatif.

Kamu juga harus memiliki jadwal khusus untuk upload video agar para pengikut alias subscriber-mu tidak kecewa. Lalu, darimana penghasilan youtuber? Nggak jauh beda seperti blogger kok gengs, kamu bisa dapat penghasilan dari AdSense, endorsement, dan afiliasi.

Baca Juga:  Tips Mengetahui Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Nah, gimana gengs pekerjaan sampingan yang aku rekomendasiin? Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah uang jajan kalian di masa pandemi ini ya. Tetap sehat semuanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Alat Tulis Aesthetic yang Membuatmu Semakin Semangat Mencatat

Hai gengs! Kabar baik untuk aku dan kamu ya! Gimana nih, kamu udah masuk sekolah tatap muk…