Simak 7 Persiapan Sebelum Memasuki Semester Baru yang Wajib Banget Dilakukan!

Wah gak terasa liburan sekolah yang panjang sudah selesai. Semoga kamu sudah menikmati liburan dengan baik, entah pergi berlibur, bersantai, atau mempelajari suatu hal baru. Sekarang, masa liburanmu sudah selesai, waktunya untuk kembali bersekolah dan menuntut ilmu. Namun, kamu juga merasakan gak sih , kalau setelah liburan rasanya malas untuk kembali belajar dan bersekolah.

Kamu bisa merasakan malas bersekolah karena masih terbawa suasana liburan yang santai. Sehingga kamu harus mendapatkan suasana bersekolah lagi agar bisa kembali semangat belajar. Agar kamu bisa siap belajar ketika sudah masuk sekolah, maka kamu perlu mempersiapkannya sebelum semester baru dimulai.

Nah, disini Penulis ingin membagikan beberapa persiapan sebelum memasuki semester baru yang wajib banget nih kamu ketahui! Penasaran? Cek, ulasan berikut ya!

Persiapan Sebelum Memasuki Semester Baru

1. Mulai persiapkan alat tulis atau alat belajar

persiapan sebelum memasuki semester baru
Blank corporate stationery set on light wood table background. Branding mock up. Template for placing your design.

Ketika sekolah atau belajar kamu pasti membutuhkan alat tulis ataupun alat belajar. Contoh alat belajar yang mungkin kamu butuhkan laptop atau gadget, terutama jika kamu masih menjalani sekolah online maka gadget dan laptop adalah hal yang kamu butuhkan. Namun, meski kamu masih sekolah online alat tulis juga masih menjadi hal penting yang harus kamu persiapkan.

Mempersiapkan alat tulis dan belajar dengan mengecek apakah sudah lengkap dan menatanya. Dengan melakukan hal ini kamu juga lebih mempersiapkan diri kamu untuk belajar, sehingga ketika kamu mulai bersekolah segala hal yang kamu butuhkan sudah siap. Mempersiapkan alat tulis dan memiliki alat tulis lengkap juga dapat membantu kamu membangun suasana sekolah sebelum semester baru dimulai.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

2. Persiapkan seragam yang kamu butuhkan

Persiapan sebelum memasuki semester juga ga lepas dari yang namanya seragam. Mulai dari mengecek apakah seragam lengkap dan sudah rapi? Apakah diletakkan di tempat yang mudah untuk dilihat atau ditempat biasa kamu meletakkan?

Melakukan hal ini akan mengingatkan kamu bahwa sebentar lagi adalah waktu untuk sekolah, dengan begitu kamu dapat mendapatkan suasana sekolah yang diharapkan. Jika kamu sekolah online dan tidak membutuhkan seragam ketika bersekolah, jangan bingung!

Kamu juga bisa menyiapkan baju yang biasa kamu gunakan untuk bersekolah. Lebih baik jika kamu menetapkan beberapa pakaian untuk bersekolah, hal ini dapat membangun suasana sekolah yang akan mempengaruhi semangat belajar kamu.

3. Tidur malam teratur

persiapan sebelum memasuki semester baru
Young female sleeping peacefully in her bedroom at night, relaxing

Tidur larut malam atau begadang merupakan kebiasaan kebanyakan remaja atau mungkin juga masuk dalam kebiasaan kamu ketika liburan. Asik menonton atau bermain game hingga larut malam dan tidak memperhatikan jam tidur dengan baik.

Hal ini jangan sampai kamu lakukan hingga masa sekolah dimulai. Tidur larut malam, selain membuat kamu susah untuk bangun pagi juga dapat membuat kamu mudah lelah. Karena itu, ketika memulai semester baru kamu harus sudah membuat jadwal tidur malam dengan baik dan menjalaninya.

Membiasakan tidur tidak larut malam juga bukan hal mudah, kamu harus membiasakan diri sehingga kamu harus membiasakan tidur larut malam mulai dari sebelum masa sekolah dimulai. Tidur yang baik adalah 8 jam dan sebelum jam 11 malam.

4. Mulai bangun pagi

Kebanyakan sekolah memulai jam pelajaran di pagi hari, mungkin sekolah kamu termasuk salah satunya. Karena hal ini, bangun pagi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Bangun lebih awal membantumu mempersiapkan diri sehingga kamu tidak panik dan menjadi berantakan.

Baca Juga:  7 Tips Untuk Jadi Anggota OSIS! Jangan Sampai di Skip Guys!

Selain siap dalam bentuk fisik, bangun pagi juga membantu pikiran kamu lebih siap dan tenang untuk belajar dan menjalani hari. Ketika liburan mungkin kamu bangun lebih siang dari biasanya karena terbawa suasana liburan yang santai.

Hal ini tidak menjadi masalah ketika kamu sedang liburan karena kamu tidak harus bersiap untuk sekolah atau belajar. Namun ketika menjelang memasuki liburan baru, kamu harus mulai membiasakan diri untuk bangun pagi.

5. Sibukkan diri dengan mengerjakan sesuatu

persiapan sebelum memasuki semester baru
True little painter. Selective focus on a young lady of magical beauty hiding her face behind painting brushes while sitting at a painting easel and posing for the camera.

Liburan memang suatu hal yang sangat disukai kebanyak siswa mungkin termasuk kamu. Selain memiliki suasana yang santai, ketika libur kamu tidak memiliki tanggungan tugas dari sekolah, sehingga tidak ada beban ketika kamu bermain game atau menonton film.

Akan tetapi, rasa santai dari liburan ini jangan sampai terbawa ketika masa sekolah sudah datang. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa hari sebelum sekolah dimulai kamu bisa mengerjakan hal-hal dirumah. Seperti, rutin membaca buku, membantu membersihkan rumah, dan masih banyak hal lainnya sesuai dengan diri kamu.

Dengan melakukan hal ini, akan mengurangi suasana santai dari liburan kamu sehingga ketika mulai masuk sekolah kamu sudah siap untuk mengikuti jadwal belajar.

6. Tata meja belajar

Mungkin ketika kamu liburan, kamu jarang menggunakan meja belajar sehingga meja belajarmu menjadi berantakan atau kurang tertata. Namun, ketika kamu memulai sekolah, meja belajar akan menjadi tempat yang sering kamu gunakan apalagi untuk belajar.

Apalagi kerapian dan keindahan meja belajar dapat membentuk semangat belajar kamu ketika sedang belajar atau bersekolah online. Menata meja belajar dapat kamu lakukan sebelum sekolah dimulai, sehingga kamu juga seperti diingatkan dan bersiap untuk menyudahi liburan kamu.

Baca Juga:  Sulit Konsentrasi? Yuk, Cobain 5 Tips Agar Cepat Menangkap Pelajaran Online!

Meja belajar yang tertata rapi juga membantu kamu mendapatkan suasana bersekolah. Selain membuat meja belajar menjadi lebih rapi, kamu juga bisa menata alat tulis atau alat belajar, atau membuat jadwal belajar dan menatanya diatas meja belajar kamu.

7. Buat jadwal pelajaran atau jadwal belajar

persiapan sebelum memasuki semester baru
On 2020 Calendar book,Female’hand of planner writing daily appointment.Woman mark and noted schedule(holiday trip) on diary at office desk.Calendar reminder event for planner concept

Sebelum memulai suatu semester ada baiknya kamu mulai mempersiapkan jadwal belajar kamu selama satu semester kedepan. Hal ini akan membantu kamu memikirkan dan kemudian membangun suasana sekolah yang diharapkan. Selain itu, belajar menggunakan jadwal dan mengikutinya akan menjadi lebih efektif bagi sebagian orang, mungkin kamu termasuk salah satunya.

Kamu bisa membuat jadwal belajar sesuai dengan diri kamu, selain jadwal belajar kamu juga bisa mempersiapkan untuk membuat jadwal pelajaran kamu. Sebaiknya, jadwal ini kamu letakkan di meja belajar kamu sehingga kamu tidak lupa dan lebih termotivasi ketika kamu belajar. Kamu juga bisa membuat target yang akan kamu capai selama satu semester untuk lebih memotivasi kamu ketika bersekolah dan belajar.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kamu memasuki semester baru bersekolah. Namun, pastikan bahwa kamu sudah menikmati liburanmu karena jika kamu tidak merasa puas dengan liburan maka kamu menginginkan liburan lagi selama masa sekolah dan membuat dirimu kurang semangat dan kurang produktif.

Penulis harap kamu tetap semangat untuk menjalani hari selama sekolah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…