6 Rekomendasi Beasiswa S2 di Luar Negeri yang Selalu Buka Setiap Tahunnya

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalani aktivitas ya. By the way, siapa sih di antara kamu yang ga tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau bahkan S3?

Yap, sebagian besar dari kita tentu sangat tertarik untuk melanjutkan pendidikan apalagi jika mendapat pembiayaan penuh, mulai dari uang kuliah hingga uang jajan selama menimba ilmu. Salah satu cara untuk melanjutkan pendidikan dengan cara demikian ialah menggunakan beasiswa guys.

Kebetulan banget nih, di artikel kali ini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi beasiswa S2 yang buka di pertengahan tahun ini hingga awal tahun depan. Beasiswa di bawah ini tersedia di banyak negara dengan berbagai jurusan lho! Penasaran? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

Rekomendasi Beasiswa S2

rekomendasi beasiswa s2

1. Beasiswa Erasmus

Rekomendasi beasiswa S2 yang pertama adalah beasiswa Erasmus. Beasiswa satu ini ditujukan untuk kamu yang hendak melanjutkan S2 khususnya di bidang teknologi, informatika, maupun cabang teknik lainnya. 

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Uni Eropa. Sedangkan, beberapa universitas yang menjadi mitra dari beasiswa Erasmus adalah University of London, University of Limerick di Irlandia, hingga University of Porto di Portugal. 

Pastinya ada banyak universitas di Eropa yang juga bekerja sama dengan beasiswa satu ini. Lantas, apa yang akan kamu dapatkan jika berhasil menjadi salah satu awardee dari beasiswa Erasmus? Kamu akan mendapatkan biaya studi bulanan, asuransi kesehatan, biaya perjalanan pulang dan pergi, hingga biaya pendaftaran universitas. 

Baca Juga:  Tips Memilih Tempat Liburan Sekolah Bagi Siswa

2. Jardine Scholarships

Next, rekomendasi beasiswa S2 berikutnya adalah Jardine Scholarships. Sebagai informasi, beasiswa satu ini termasuk salah satu beasiswa paling bergengsi yang ada di dunia guys. Jadi, sangat wajar apabila peminat dari beasiswa ini sangat besar dan ketat karena berasal dari seluruh mahasiswa di belahan dunia. 

Oh iya, beasiswa Jardine sendiri hanya ditawarkan untuk mahasiswa berprestasi yang ada di Kawasan Asia guys. Namun, tidak semua negara di Asia bekerja sama dengan beasiswa satu ini. Jardine Scholarships sendiri hanya dibuka untuk negara Indonesia, Hong Kong, China, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. 

Lantas apa aja fasilitas yang akan kamu dapatkan apabila berhasil mendapatkan beasiswa ini? Pertama, kamu akan mendapat tunjangan penuh untuk biaya Pendidikan, biaya tempat tinggal, biaya buku maupun peralatan kebutuhan selama belajar, biaya kesehatan, maupun biaya perjalanan pulang dan pergi. 

Terakhir, beasiswa ini diberikan untuk kamu yang hendak melanjutkan Pendidikan di berbagai kampus di Inggris. Mulai dari dari University of Oxford, Exeter, Trinity College, hingga University of Cambridge guys. 

3. Beasiswa LPDP

Kalau tadi kita sudah membahas berbagai rekomendasi beasiswa S2 yang berasal dari luar negeri, maka kini kita akan membahas salah satu beasiswa paling bergengsi yang ada di Indonesia yaitu beasiswa LPDP. 

Beasiswa satu ini selalu dibuka setiap tahunnya untuk kamu yang hendak melanjutkan Pendidikan S2 dan S3 di kampus dalam dan luar negeri guys. Setiap tahunnya, beasiswa ini akan membuka dua kali gelombang di awal tahun dan pertengahan tahun. 

Untuk fasilitas yang akan kamu dapatkan jika berhasil menjadi salah satu awardee dari beasiswa LPDP ialah cakupan pemenuhan biaya pendaftaran universitas sampai pembiayaan sampai kamu lulus, tunjangan buku, biaya untuk melakukan penelitian maupun tesis/disertasi, hingga biaya publikasi jurnal dan seminar internasional.

Baca Juga:  Kegiatan Study Tour English Community

Tidak cukup sampai di sana, kamu juga akan mendapat berbagai biaya pendukung seperti transportasi, biaya aplikasi visa, biaya pemenuhan kebutuhan hidup selama menempuh Pendidikan, hingga asuransi kesehatan. Gimana? Apakah kamu tertarik mendaftar beasiswa satu ini?

4. KAIST International Student Scholarship

Rekomendasi beasiswa S2 berikutnya khusus untuk kamu yang hendak melanjutkan Pendidikan di Korea Selatan. Yap, menempuh Pendidikan di Korea Selatan menjadi salah satu impian bagi sebagian pelajar Indonesia, terutama yang gemar menonton serial Korean Drama atau K-Drama. 

Beasiswa KAIST menjadi salah satu beasiswa yang paling bergengsi karena fasilitas yang diberikan dan berbagai keunggulan lainnya. Beasiswa ini sendiri ditujukan untuk kamu yang belajar di bidang Teknik, sains, informatika, hingga bisnis. 

Lantas, apa saja yang akan kamu dapatkan ketika berhasil memperoleh beasiswa ini? Kamu akan mendapat pembebasan biaya kuliah selama 4 semester atau 2 tahun (umumnya jenjang S2 dapat ditempuh selama dua tahun), kemudian biaya tunjangan hidup sebesar 4-5 juta per bulan, hingga biaya penelitian. 

Oh iya, beasiswa KAIST sendiri termasuk beasiswa yang tidak terlalu ‘ketat’ di bidang nilai guys. Kamu yang memiliki IPK 2.0 dapat mendaftar beasiswa ini apabila memang memiliki keinginan untuk melanjutkan Pendidikan. Kamu cukup melengkapi berbagai dokumen seperti persyaratan bahasa hingga surat rekomendasi dari dosen terkait. 

5. Chevening Scholarship

Kembali ke Inggris, terdapat rekomendasi beasiswa S2 yang paling bergengsi yaitu Chevening Scholarship. Kamu dapat memilih beberapa universitas terbaik di Inggris untuk melanjutkan Pendidikan Master. Mulai dari University of Cambridge, University of Bristol, University of Oxford, dan beberapa universitas keren lainnya. 

Chevening Scholarship sendiri memberikan cakupan fasilitas yang cukup lengkap bagi para awardee-nya. Mulai dari tunjangan biaya perkuliahan, tunjangan biaya hidup sehari-hari, biaya perjalanan pulang-pergi, biaya visa, maupun biaya perjalanan untuk mengadiri seminar atau acara Chevening di Inggris. 

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Kesuksesan Tirto Utomo Pendiri AQUA

Beasiswa ini sendiri umumnya dibuka pada akhir tahun, sekitar bulan Oktober hingga November dan Pendidikan akan mulai dilakukan satu tahun kemudian (dalam satu tahun kamu akan melewati serangkaian seleksi). Penulis sarankan untuk mempersiapkan beasiswa ini sematang mungkin karena pendaftaran yang diberikan cukup ketat.

6. Beasiswa Australia Awards

Terakhir, ada beasiswa Australia Awards yang juga selalu dibuka setiap tahunnya dan menawarkan berbagai fasilitas yang menarik bagi penerima beasiswa ini. Beasiswa ini dihadirkan untuk kamu yang hendak melanjutkan Pendidikan ke berbagai universitas bergengsi di Australia, mulai dari Australia National University, Univerity of Melbourne, University of Sydney, maupun University of South Wales.

Lalu fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan apabila mendapat beasiswa ini? Kamu akan mendapatkan training sebelum keberangkatan di Indonesia, uang saku, biaya kuliah, tiket pesawat pulang dan pergi, biaya pembuatan visa, asuransi kesehatan, maupun beberapa dana lain yang dibutuhan selama pembelajaran berlangsung. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi beasiswa S2 yang masih buka di pertengahan tahun ini hingga awal tahun depan. Ga hanya itu, berbagai beasiswa di atas juga tersedia mulai dari partial-funded sampai fully-funded. Gimana, apakah kamu tertarik dengan beasiswa di atas?

Apabila kamu tertarik, maka penulis sangat sarankan untuk benar-benar mempersiapkan sedari sekarang ya guys. Mungkin kini kamu masih menempuh pendidikan S1, tetapi kamu bisa mulai memikirkan di mana kira-kira akan melanjutkan pendidikan atau major apa yang hendak di ambil.

So, untuk kamu pelajar Indonesia, tetap semangat ya!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni pe…