Ini Dia 9 Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Liburan yang Wajib Kamu Coba!

Halo semuanya, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Musim liburan mau tiba nih, kamu ngapain aja gengs? Di rumah aja atau pergi nih? Hehehe.

Nah, buat kamu yang liburannya di rumah, jangan khawatir ya, karena sebenarnya banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakuin di rumah loh! Apalagi untuk self-improvement. Apa aja nih? Simak sampai habis ya!

Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Liburan

1. Baking

rekomendasi kegiatan produktif

Nah, ini nih ide kegiatan pertama yang bisa kamu lakuin selama liburan. Tenang, buat kamu yang kurang bisa bikin kue atau memasak, kamu bisa coba cari resep di internet. Pasti banyak lah! Menurut mimin, baking ini melatih kita untuk lebih bersabar dan tetap konsisten loh. Apa hubungannya kak? 

Kalau baking, nggak semua hasil produk kita memuaskan ya, jadi harus trial and error berulang kali sampai nemu resep yang beneran cocok di lidah kita. Itu ngelatih kesabaran banget kan gengs? Terus kalau udah berhasil nemu resep yang cocok, kamu harus belajar konsisten untuk tetap memakai resep itu. Jangan diubah-ubah ya.

Oh iya, kalau kamu hobi baking, bisa jadi cuan loh gengs! Apalagi kalau makananmu rasanya mantap. Beuh…pasti banyak yang order!

2. Membaca Buku

Hayo, siapa yang ngga suka baca buku? Yuk rajin-rajin baca buku ya gengs! Ini kebiasaan yang baik loh. Cocok banget kan untuk memulai kebiasaan baik ini saat liburan? Selain untuk mengisi waktu luang, dengan membaca buku kamu bisa dapat banyak ilmu baru, mengurangi stress, bahkan meningkatkan daya ingat loh! Bayangin kalau kamu rutin membaca buku. Bakal dapet segudang manfaat kan?

Baca Juga:  10 Alat Tulis Aesthetic dan Bahan yang Membuat Catatanmu Semakin Keren!

Buku yang bisa kamu baca beragam ya. Kalau mimin paling suka buku self-improvement. Selain membantu menjaga mental health, buku self-improvement memang cucok banget untuk kamu yang ingin belajar gimana sih cara mengembangkan diri atau mengubah mindset dalam dirimu yang ternyata selama ini salah. Yuk, mulai terapin kebiasaan baik satu ini ya!

3. Menonton Film atau Serial Bahasa Inggris

rekomendasi kegiatan produktif

Kurang seru apalagi sih aktivitas satu ini? Apalagi kalau dilakuin bareng sama doi wkwkwk. Tapi nonton film dan serial beneran seru ya. Selama liburan, mimin coba untuk nonton film berbahasa Inggris. Tujuannya untuk menghilangkan bosan selama liburan sembari belajar bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris dengan nonton film itu seru banget loh! Yang jelas, kamu harus lakuin ini secara rutin supaya kamu semakin terbiasa dengan bahasanya. Tapi inget gengs, harus tahu batas waktu ya. Jangan seharian diisi dengan nonton terus wkwkwk.

Kamu juga harus mengimbangi dengan kegiatan produktif lainnya ya. Kalau biasanya, mimin nonton film di laptop nggak sampai dua jam gengs. Jadi, harus tetep ingat waktu ya.

4. Olahraga

Nah, kegiatan yang satu ini penting banget untuk dilakuin secara rutin ya. Khususnya buat kamu nih, yang berat badannya naik karena pandemi hehe. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membantu untuk mengontrol berat badan loh!

Nggak cuma secara fisik, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan mental karena saat olahraga, tubuhmu akan mengeluarkan senyawa kimia yang dapat meningkatkan mood loh gengs!

Kamu bisa lakuin bermacam-macam olahraga seperti senam aerobik, bersepeda, yoga, atau bahkan lari keliling kompleks rumah kalian. Yuk, mulai biasakan diri untuk olahraga secara rutin. Jangan mager ya gengs! No pain, no gain!

5. Memulai Usaha atau Small Business

rekomendasi kegiatan produktif

Zaman sekarang udah zamannya digital kan? Semuanya serba digital. Nah, sebagai anak muda kita harus melihat hal ini sebagai peluang. Selama liburan, kamu bisa mulai untuk membuat bisnis kecil-kecilan loh! Nggak perlu keluarin modal besar, kamu bisa mulai untuk berjualan secara online. Bisa melalui e-comemerce, bahkan Tiktok loh!

Baca Juga:  Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah untuk MaBa!

Produk yang kamu jual juga bisa beragam, misalnya produk white label, casing HP, makanan berat, snack, dan lainnya. Selain barang, kamu juga bisa nawarin jasa nih. Misalnya sebagai fotografer, desainer grafis, dan lain-lain. Manfaatin skill yang kamu punya ya.

Jualan online peluangnya besar banget loh! Buktinya banyak banget anak muda yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah hanya dari jualan online. Orang lain bisa, pasti kamu juga bisa. Semangat!

6. Mendekorasi Ruangan atau Kamar

Nah, kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakuin selama liburan adalah mendekorasi ruangan. Yup, biasanya mimin suka banget mempercantik kamar mimin ala korea. Untuk idenya, kamu bisa temuin di Pinterest, dan lainnya.

Untuk hiasannya sendiri, kamu bisa sesuaiin dan beli di e-commerce ya. Biasanya, mimin nggak ada waktu untuk dekor kamar saat sekolah. Jadi, saat-saat liburan adalah waktu yang pas untuk mempercantik kamar. Setuju kan gengs?

Selain mempercantik kamar, mendekorasi juga bisa melatih kreativitasmu loh! Kalau menurut mimin, mendekorasi kamar juga bisa balikin mood. Apalagi kalau hasilnya bagus hehehe. Yuk, coba kegiatan satu ini deh!

7. Membuat Kerajinan Tangan

rekomendasi kegiatan produktif

Kegiatan selanjutnya juga melatih kreativitas kalian loh! Bikin kerajinan tangan selama liburan juga bakal asik banget. Kamu bisa mencoba belajar merajut, seperti bikin syal, gantungan kunci, dan lainnya. Kamu bisa juga bikin scrapbook yang isinya foto-foto kalian.

Bisa foto sama temen atau keluarga. Bisa dijadiin ide untuk gift saat ulang tahun kan? Dijamin semua bakal suka hehe. Inspirasinya bisa kamu temuin di Pinterest atau Google ya.

8. Bikin Vlog dan Edit Video

Ini nih, aktivitas yang menurut mimin seru pake banget. Saat waktu luang alias liburan, kamu bisa bikin konten nih, seperti a day in my life, what I eat in a day, mini study vlog, dan lain-lain. Setelah itu, kamu bisa coba untuk ngedit video yang udah kamu buat! Kamu bisa edit di HP atau laptop.

Baca Juga:  9 Tips Memilih SMA dengan Tepat! Siswa Kelas 9 Wajib Banget Tahu!

Untuk aplikasinya, mimin punya rekomendasi seperti VLLO, Wondershare Filmora, DaVinci, Adobe Premiere, dan lain sebagainya. Menurut mimin, bikin video seperti ini banyak manfaatnya loh! Bisa buat memori atau juga melatih kreativitas kamu dalam mengedit. Lumayan kan kalau skill editing kita bertambah. Yuk, cobain aktivitas satu ini deh. Dijamin seru!

9. Membersihkan Ruangan

rekomendasi kegiatan produktif

Kegiatan terakhir yang bisa kamu lakuin selama liburan adalah membersihkan ruangan. Saat kamu udah mulai bosan, coba deh bersihin kamar atau ruangan di rumahmu. Mungkin saat pertama rasanya mager banget. Tapi coba deh paksa lakuin, pasti kalau udah selesai, you will be thank yourself  hehe. Karena bakal seneng banget kalau lihat ruangan jadi rapi dan bersih, Setuju kan gengs?

Nah, jadi itu aja 9 ide aktivitas yang bisa kamu lakuin saat liburan. Ingat ya, meskipun liburan kita harus tetap melakukan kegiatan yang produktif. Jangan males-malesan ya! Selagi liburan, kembangin skill yang kamu punya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. …