8 Rekomendasi Pekerjaan untuk Ekstrovert Sesuai Tes MBTI!

Hi gengs, gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Nah, di kesempatan kali ini mimin mau share tentang beberapa pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert berdasarkan tes MBTI. Buat kamu yang belum pernah ikut tesnya, bisa dicoba ya. Banyak panduannya di internet kok gengs!

Sekedar informasi, tes MBTI membagi orang menjadi 16 tipe kepribadian mulai dalam hal Sensing (S) atau Intuition (N), Extraversion (E) atau Introversion (I), Thinking (T) atau Feeling (F), Judging (J) atau Perceiving (P). Nah, buat kali ini mimin mau share untuk kamu yang ekstrovert ya! Cekidot!

Daftar Isi

Rekomendasi Pekerjaan untuk Ekstrovert

1. ESTP

rekomendasi pekerjaan untuk ekstrovert

Kepribadian pertama adalah ESTP alias Extraversion Sensing Thinking Perceiving adalah kepribadian yang pintar bersosialisasi, cerdas dalam memecahkan masalah, lebih mengutamakan indera dan keputusan untuk berpikir.

Nah, makanya ESTP juga disebut kepribadian pengusaha. Kira-kira 10% penduduk di dunia punya kepribadian ini loh! Kamu juga salah satunya? Meski pintar bersosialisasi, ESTP punya kemandirian dalam menyampaikan ide pikirannya.

Pekerjaan yang cocok untuk ESTP adalah instruktur olahraga, actor, marketer, manajer sales, surveyor, polisi, tentara, stockbrocker, wirausaha, dan lainnya. Buat kamu para ESTP, kamu cocok banget loh dengan tipe ISFJ dan ISTJ, karena bisa sama-sama saling melengkapi. Hayo, kamu termasuk tipe ESTP nggak?

2. ESFP

Kepribadian selanjutnya adalah ESFP atau Extraversion Sensing Feeling Perceiving. Kepribadian ini adalah kepribadian yang sangat suka menghibur orang lain dan suka menjadi tempat perhatian. Orang dengan kepribadian ini umumnya optimis, perhatian, suka bersosialisasi, cenderung kurang suka dikritik, dan mudah berteman dengan semua orang.

Baca Juga:  Urutan Peringkat Perguruan Tinggi di NTB Skala Regional dan Nasional

Oleh karena itu, orang dengan kepribadian ini sering dijuluki “Sang Penghibur”. Sekitar 4-10% orang di dunia punya kepribadian ini. Kamu salah satunya? Oh iya, kamu perlu tahu kalau ESFP sering cepat bosan ketika melakukan suatu pekerjaan loh!

Mereka selalu mencari pekerjaan atau kegiatan lain yang mereka pikir lebih menarik untuk dilakukan. Pekerjaan yang ideal untuk kamu pemilik kepribadian ini adalah dokter anak, pramugari, tenaga penjualan, pemandu wisata, komedian, desainer, konselor, penata rambut, atau juga event planner.

3. ENFP

rekomendasi pekerjaan untuk ekstrovert

Kepribadian ekstrovert lainnya adalah ENFP alias Extraversion Intuition Feeling Perceiving. Kamu yang memiliki kepribadian ini cenderung senang berinteraksi dengan orang yang punya topic pembicaraan unik. Kelebihan yang lain, ENFP dapat mengajak atau membuat orang lain lebih yakin dan percaya dengan ucapan si ENFP.

ENFP juga sering menggali banyak informasi baru loh alias mereka itu orangnya penasaran banget! Kemampuan orang ENFP dalam bersosialisasi sangat dibutuhkan, sehingga pekerjaan yang cocok dilakukan oleh si ENFP adalah sebagai campaign manager, editor, perwakilan sales, perencana kota, bahkan agen perumahan loh!

Ternyata dari semua kepribadian E atau ekstrovert, ENFP termasuk yang paling introvert loh gengs! Mereka ternyata suka menghabiskan waktu sendiri untuk memikirkan hal-hal tertentu. Siapa nih yang ARMY? RM dari BTS punya kepribadian satu ini loh! Hehehe.

4. ENTP 

Kepribadian selanjutnya adalah ENTP alias Extraversion Intuition Thinking Perceiving. Kamu yang punya kepribadian ini cenderung kreatif, inovatif, dan suka berdebat. Nggak heran kalau ENTP sering disebut “The Debater”.

Para ENTP biasanya tidak nyaman dengan hirarki perusahaan dan lebih suka mengembangkan usahanya sendiri. Yup, ENTP juga sangat cepat dalam menyerap informasi serta menyimpulkan suatu informasi. Cerdas banget ya!

Baca Juga:  Kenapa Kabel Listrik Menggunakan Kawat Tembaga?

Sosok pemilik tipe kepribadian ENTP biasanya akan berhasil sebagai copywriter, pengacara, perencana keuangan, pelatih bisnis, programmer computer, psikolog, bahkan sutradara kreatif loh! Tapi gengs, sesuatu yang berhubungan dengan seni kurang disukai oleh ENTP.

Jadi, pekerjaan sebagai pemain film harus dihindari oleh pemilik ENTP. ENTP punya kelemahan loh, seperti kurang peka, susah fokus, dan cenderung emosional. Apa kamu salah satunya?

5. ESTJ

rekomendasi pekerjaan untuk ekstrovert

Kepribadian berikutnya adalah ESTJ atau Extraversion Sensing Thinking Judging. Orang pemilik kepribadian ini cenderung jujur, berdedikasi tinggi, serta mampu menemukan solusi dengan cepat. Ciri utama dari ESTJ adalah memiliki jiwa kepemimpinan, disiplin, percaya diri, dan agak keras kepala.

Gak heran kalau ESTJ sering disebut dengan “Si Eksekutif” karena mereka sangat pandai dalam memberi saran atau jalan saat ada kesulitan. Pekerjaan yang cocok untuk kamu pemilik kepribadian ESTJ adalah manajer hotel, pelatih, manajer pengembangan bisnis, polisi, dan agen perumahan.

Meski begitu, ESTJ mempunyai kelemahan seperti emosional, keras kepala dan kurang fleksibel, mudah menghakimi orang lain, dan kadang terlalu fokus pada status sosial dirinya. Apa kamu salah satunya?

6. ESFJ

Kepribadian keenam adalah ESFJ atau Extraversion Sensing Feeling Judging. Tipe kepribadian ESFJ ditandai dengan sikap serius, praktis, komitmen, dan kepekaan terhadap kebutuhan orang lain. Selain itu, si ESFJ punya sikap yang ramah dan berhati lembut.

Nggak salah kalau ESFJ sering dijuluki “Sang Pengasuh”. Dengan kepribadian ini, ESFJ sering dan dapat diandalkan oleh orang sekitarnya sehingga ia selalu memegang dan menyelesaikan tanggung jawab yang diterimanya.

Orang yang memiliki kepribadian ESFJ cocok untuk menjadi koreografer, manajer kantor, peneliti, wartawan hukum, pekerja sosial, resepsionis, guru, dan instruktur korporat. Orang dengan kepribadian ini cenderung menyukai bekerja di tempat yang kooperatif serta memiliki struktur yang jelas. Apakah kamu salah satunya?

Baca Juga:  Kegiatan Study Tour English Community

7. ENFJ

rekomendasi pekerjaan untuk ekstrovert

Kepribadian berikutnya adalah ENFJ atau Extraversion Intuition Feeling Judging. Karakterisik yang menonjol dari ENFJ adalah karisma dan empatinya yang besar. Selain itu, ENFJ cenderung suka bersosialisasi, ramah, penuh kasih sayang, terorganisir, dan persuasif.

ENFJ dapat dibilang sangat suka membantu orang lain serita terampil dalam berkomunikasi sehingga ia suka bekerja di lingkungan yang dapat membuatnya melakukan hal baru. Karir yang cocok bagi kamu pemilik kepribadian ini adalah mediator, terapis fisik, pembicara, sales, guru, dosen, sukarelawan, asisten eksekutif, atau sosiolog.

Nah, meski punya banyak kelebihan, ENFJ juga punya kelemahan loh gengs! Ternyata, ENFJ merupakan orang yang kaku, agak sensitif, serta sangat protektif. Gimana nih, kamu salah satunya?

8. ENTJ

Kepribadian terakhir yang mau kita bahas adalah ENTJ atau Extraversion Intuition Thinking Judging. Kamu pemilik tipe kepribadian ini cenderung dapat mengambil keputusan dengan cepat, jujur, inovatif, kharismatik, dan percaya diri. ENTJ sering dijuluki “Sang Komandan” karena mereka memiliki kharisma dalam menonjolkan kekuasaan. Kepribadian ini termasuk kepribadian yang langka loh!

Pekerjaan yang cocok untuk ENTJ adalah dalam bidang keuangan, administrator bisnis, lawyer, hakim, agen asuransi, dan insinyur. Steve Jobs dan Ratu Elizabeth I termasuk pemilik kepribadian ini loh. Selain kelebihan, ENTJ juga mempunyai kekurangan yaitu tidak peka, tidak sabaran, serta agresif.

Nah, itu aja gengs beberapa tipe kepribadian ekstrovert serta beberapa karir yang cocok sesuai karakterisiknya. Tapi ingat ya gengs, tes MBTI bukan berarti jalan untuk menemukan karir kalian. Kamu harus tetap merhatiin minat dan bakat kamu sesungguhnya ya! Yuk, tetap gali passion kalian ya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kisah Inspiratif Kesuksesan Tirto Utomo Pendiri AQUA

Kali ini saya akan berbagi tentang sebuah kisah kesuksesan Tirto Utomo, seorang yang telah…