Ini Dia 5 Buku untuk Meningkatkan Produktivitasmu Selama New Normal

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Dalam kesempatan kali ini, aku mau share sedikit nih tentang buku favorit mimin. Buku yang mimin rekomendasiin ini cocok banget untuk kamu yang ingin lebih produktif dalam mencari uang.

Mungkin kamu sedang dalam fase on off  menjalani pekerjaan, side hustle, atau hal lain. Aku harap buku-buku yang mimin rekomendasiin bisa bantu kamu ya! Yuk baca sampai abis!

Daftar Isi

Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Produktivitas

1. Rich Dad Poor Dad

buku untuk meningkatkan produktivitas

Buku karya Robert T. Kiyosaki ini menurut aku timeless banget karena bisa dibaca seluruh kalangan loh! Buku ini bisa banget menjawab pertanyaan “kenapa sih orang kaya bisa makin kaya?”, “kenapa orang miskin makin miskin?”.

Semuanya dijelasin secara detail loh di buku ini! Yang paling ngaruh diantara gap ini adalah pendidikan tentang uang. Yup, pendidikan tentang uang jarang kita dapat loh semasa kita sekolah. Basically, di buku ini kita diajarkan untuk gimana sih caranya agar kita nggak kerja untuk uang, melainkan uang yang bekerja untuk kita.

Nyentuh banget kan gengs, hehe. Mungkin kebanyakan dari kita mikir harus selamanya kerja untuk dapat uang. Hayooo, bener atau nggak nih? Tapi di buku ini Robert bilang kalau kita sebenarnya bisa loh menumbuhkan kekayaan kita dan menghasilkan lebih banyak uang dengan waktu dan tenaga yang lebih sedikit. Wah, menarik banget ya? Gimana kak caranya? Baca sendiri deh bukunya wkwkwk. 

2. The Psychology of Money

buku untuk meningkatkan produktivitas

Buku karya Morgan Housel ini sangat menarik loh! Bisa dibilang, ini salah satu buku favorit aku dari semua buku yang aku sebutin. Yang menarik dari buku ini, Morgan menjelaskan sudut pandang atau perspektif yang berbeda tentang uang loh!

Baca Juga:  Judul Buku "Menemukan Pancasila di Negeri Gajah Putih"

Biasanya, orang sering mengambil keputusan tentang uang seperti investasi, menabung, dan lainnya hanya didasarkan pada angka dan logical aja. Tapi lewat buku ini kita jadi diingetin kalau sebagai manusia, kita harus being reasonable, bukan hanya berdasarkan logika aja. 

Karena kita seorang manusia dan bukan robot, kadang keputusan yang kita buat terkait uang sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar seperti keluarga, keberhasilan kita, kegagalan kita, dan lainnya. Nah, disinilah psychology side muncul.

Misalnya, kadang aku sering lihat orang lain itu berani banget untuk investasi bitcoin. Sedangkan aku lihatnya, invest bitcoin itu serem, hehe. Tapi bagi orang itu, investasi bitcoin biasa aja kok. Dari situ kita tahu dan kita harus paham kalau setiap manusia punya pengalaman yang berbeda tentang keuangan.

That’s why, kita nggak berhak untuk nge-judge orang lain ya. Selain itu, ada statement di buku ini yang bilang kalau kebahagiaan bisa dibeli dari uang loh! Nah, dari situ kita bisa ngerasa terinspirasi loh untuk lebih giat dalam bekerja. Yuk, jangan kelewatan baca buku ini ya!

3. Steve Jobs by Walter Isaacson

buku untuk meningkatkan produktivitas

Buku ini tebel banget sih, tapi isinya worth banget! Yups, dari judulnya kita tahu kalau buku ini akan mengupas tentang biografi seorang penemu sekaligus pendiri Apple Computer alias Steve Jobs. Buat kamu yang kepo soal Steve Jobs, buku ini jawabannya.

Mulai dari kepribadian, keluarga, masa kecil, prestasi, inovasi masalah hidup, dan masih banyak lagi. Semuanya dibahas secara tuntas deh pokoknya! Steve Jobs by Walter ini memiliki tebal sekitar 600 sampai 700 halaman loh! Banyak bangettt. But, beneran worth buat dibaca.

Aku suka banget sama buku biografi, karena kita bisa belajar banyak dari kisah kesuksesan dan kegagalan. Dari buku ini aku belajar soal pentingnya berinovasi. Yups, as we know, Steve Jobs beneran inovatif dalam menciptakan produk Apple yang kita gunakan sampai saat ini. Yuk, cus baca buku ini!

Baca Juga:  Ini Dia 9 Rekomendasi Buku Karya Putu Wijaya yang Paling Menarik untuk Dibaca!

4. How to Win Friends and Influence People

buku untuk meningkatkan produktivitas

Buku karya Dale Carnegie satu ini juga timeless banget loh! Mau dibaca kapanpun juga pasti relate banget sama kehidupan kita! Nah, saat kita masuk di kehidupan bermasyarakat ataupun bekerja, skill yang mungkin selama ini kita anggap sepele seperti skill komunikasi atau juga skill nge-manage orang, ternyata susah loh!

Butuh jam terbang tinggi dan pengetahuan yang cukup loh gengs untuk bisa menguasai skill-skill tadi. Nah, menurutku kamu bisa dapat ilmunya dengan baca buku ini! Isi dari buku ini sangat lengkap dan super relatable dengan kehidupan kita.

Buku ini membahas mulai dari teknik menghadapi orang, cara membuat orang suka berbicara dengan kita, bahkan dijelaskan juga gimana supaya orang dapat menyetujui apa yang kita pikirkan. Gilaaa, keren abis kan gengs? Menurutku, ini buku yang paling berkesan karena banyak banget yang bisa dipelajari.

Part yang cukup berkesan dan beneran terngiang-ngiang nih gengs yaitu saat penulis njelasin cara supaya orang lain jadi lebih nyaman dan percaya dengan kita adalah bikin orang itu bercerita tentang dirinya sendiri.

Iya gengs, menurut buku ini, ternyata semua orang suka loh cerita tentang dirinya sendiri. Pokoknya, buku ini bener-bener relatable sama kehidupan kita deh! Apalagi saat kita masuk ke dunia kerja dan ingin mencari relasi yang luas. Cus, baca buku ini ya!

5. You Do You

buku untuk meningkatkan produktivitas

Buku terakhir yang mau aku rekomendasiin ke kalian adalah You Do You karya Fellexandro Ruby. Buku ini merupakan buku self improvement dalam negeri loh! Buku ini ringan banget, jadi cocok untuk dibaca kalian yang masih muda yang biasanya punya masalah dan sering galau saat nyari passion, masalah keuangan, dan lainnya. Semuanya dijelasin secara lengkap di buku ini loh!

Baca Juga:  Buku Kapur dan Papan Kisah Inspiratif Guru

Chapter yang paling aku suka di buku ini adalah saat penulis membahas tentang “Multipotentialite”. Intinya, penulis ngomong kalau sebenarnnya anak muda itu punya banyak potensi dan kelebihan dalam diri masing-masing loh! Tapi sayangnya, banyak anak muda yang cenderung undervalue diri mereka sendiri dan membatasi dirinya untuk menggali lebih banyak profesi.

Lewat buku ini, aku jamin kamu akan semakin terinspirasi untuk menggali passion kamu dan lebih banyak mencari side hustle lain. Yang penting kamu harus suka dan jago dalam hal itu ya! Jadi, jangan takut untuk mengeksplor kemampuan dalam dirimu ya! Nggak papa kalau prosesmu lebih lama dari yang lain. Bukan berarti kamu gagal ya!

Nah, itu gengs 5 buku yang aku rekomedasiin supaya kamu lebih produktif dalam bekerja dan nyari cuan! Hehehe. Yuk, jangan males baca buku ya, apalagi buku self improvement! Pasti banyak banget yang bisa kamu ambil dan pelajari dari bukunya. Aku suka banget kutipan dari buku You Do You,

“Ada musim untuk segala sesuatu. Ada musim menabur. Ada musim menuai. Proses dihadirkan sebagai bagian dari perjalanan. Bukan untuk dilompati, tapi dinikmati.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Rekomendasi Novel Fantasi Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Baca!

Membaca novel fantasi menjadi sebuah sensasi yang menyenangkan untuk dilakukan, terutama d…