12 Rekomendasi Buku Mahasiswa Ilmu Politik yang Wajib Dibaca Sebelum Masuk Kuliah

Penulis ucapkan selamat kepada kamu yang tahun ini berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi impian melalui jalur SNMPTN atau jalur prestasi. Yap, kini saatnya teman-teman di jalur SBMPTN atau mandiri berusaha lebih keras agar bisa masuk ke perguruan tinggi impian.

Kali ini, penulis mau membagikan kepadamu beberapa rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik, khusus bagi kamu guys. Liburan akhir SMA memang masih panjang, bisa 2-3 bulan nih, jadi kamu bisa mengisi waktu luang dengan refreshing atau sesekali membaca buku.

Apalagi jurusan ilmu politik memang membutuhkan kemampuan membaca yang tinggi. So, langsung aja yuk, simak beberapa rekomendasi buku jurusan ilmu politik khusus untuk mahasiswa baru.

Rekomendasi Buku Mahasiswa Ilmu Politik

1. Dasar-Dasar Ilmu Politik – Miriam Budiardjo

rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik

Rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik yang pertama berjudul Dasar-Dasar Ilmu Politik karangan Miriam Budiardjo. Buku satu ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa politik, hubungan internasional, hukum, hingga ilmu pemerintahan. Bahkan bisa disebut sebagai salah satu buku yang wajib untuk dibaca.

Buku ini berisi uraian panjang mengenai definisi ilmu politik, lingkup politik, partai, hubungan internasional hingga pemahaman mendalam mengenai pembagian kekuasaan maupun kewenangan. Sebagai mahasiswa ilmu politik, penulis sangat merekomendasikan buku ini untuk kamu baca!

2. Filsafat Politik – Henry J. Schmandt

Selain mempelajari perkembangan politik dari masa ke masa, kamu juga perlu memahami bagaimana filsafat berperan dalam ilmu politik guys. Yap, rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik berikutnya berjudul Filsafat Politik karya Henry J. Schmandt. Buku ini menarik banget untuk dibaca!

Baca Juga:  Daftar Rekomendasi Buku Untuk Menemanimu Selama Pandemi!

Kamu akan disuguhi pemahaman mengenai kajian historis politik dari zaman Yunani hingga zaman modern, khususnya dalam perkembangan intelektual di dunia barat. Oh iya, buku ini juga termasuk mudah dipahami khususnya dalam membahas mengenai filsafat politik yang seringkali menggunakan bahasa yang terlalu akademis atau ilmiah.

3. Politik Hukum di Indonesia – Prof. Dr. Moh. Mahfud MD

rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik

Selain mempelajari filsafat, mahasiswa ilmu politik sedikit-banyak akan bersinggungan dengan hukum guys. Maka dari itu, kamu juga wajib nih mempelajari Politik Hukum yang ada di Indonesia. Penulis sendiri merekomendasikanmu buku berjudul Politik Hukum di Indonesia karya Prof. Mahfud MD.

Beliau sendiri kini duduk di jajaran kementerian pemerintahan Jokowi setelah sebelumnya menjabat sebagai hakim di Mahkamah Konstitusi. Dalam buku ini, kamu akan disuguhkan berbagai penalaran kritis tentang sistem hukum di Indonesia khususnya mengenai demokrasi.

4. Etika Politik – Franz Magnis Suseno

Next, rekomendasi buku jurusan ilmu politik berikutnya berjudul Etika Politik karya budayawan Franz Magnis Suseno. Buku ini sendiri sangat menarik dan memiliki banyak insight baru yang dibahas dalam bahasa sederhana guys.

Etika Politik akan membawamu menyusuri bagaimana sistem pembagian kekuasaan, bentuk negara (dari lahirnya liberal negara hingga republik), maupun hak asasi manusia guys. Pastinya buku ini sangat menyenangkan untuk dibaca karena bahasanya yang mudah dipahami walaupun isinya cukup berbobot.

5. Il Principe atau Sang Penguasa – Niccolo Machiavelli

rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik

Rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik berikutnya mungkin sudah sering terdengar di telinga sebagian pelajar humaniora, yap buku berjudul Il Principe atau dalam Bahasa Indonesia berarti Sang Penguasa menjadi salah satu karya studi klasik terbaik mengenai kekuasaan. Tentang bagaimana kekuasaan tercipta, diperoleh, maupun diperluas.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Novel Dee Lestari Terbaik yang Siap Menemani Akhir Pekanmu

Buku ini akan menyuguhkanmu pengetahuan baru mengenai cara mendapatkan kekuasaan hingga berbagai tipe kekuasaan. Bagaimana kekuasaan dapat dipertahankan secara bijak maupun menggunakan ‘tipu muslihat’. Sang penguasa menjadi buku yang tidak pernah mati dan masih relevan hingga saat ini guys.

6. The Social Contract – Jacques Rousseau

Nama Rousseau sendiri terdengar tidak asing bagi mahasiswa sosiologi, hukum, apalagi ilmu politik. Beliau menjadi seorang yang mencetuskan adanya Social Contract antara rakyat atau masyarakat sipil dengan pemerintah atau kekuasaan yang berwenang.

Social Contract sendiri sangat memengaruhi perkembangan kehidupan kenegaraan hingga saat ini guys. So, penulis sangat menganjurkanmu  untuk membawa buku ini apabila ingin mendalami materi khususnya mengenai ilmu negara secara komprehensif.

7. Leviathan – Thomas Hobbes

rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik

Rekomendasi buku jurusan ilmu politik berikutnya berjudul Leviathan karya Thomas Hobbes. Yap, Hobbes sendiri menjadi salah satu tokoh penting dalam sejarah kenegaraan di barat. Karyanya yang paling terkenal berjudul Leviathan yang berarti seekor ular raksasa yang menjadi monster laut.

Hobbes mengibaratkan negara sebagai ‘Leviathan’ bagi rakyatnya, yakni ‘monster’ yang menjaga gerak-gerik rakyatnya agar tetap patuh pada pemerintah yang berwenang. Sejauh ini, buku Leviathan sendiri tersedia dalam Bahasa Inggris guys. Namun, tetap menarik dan juga mudah dipahami kok.

8. Republik – Plato

Republik karya Plato menjadi salah satu buku yang wajib banget nih guys untuk kamu baca sebagai mahasiswa ilmu politik. Bukunya memang sudah lama banget, tapi masih sangat bagus dan relevan secara teori.

Buku ini sendiri membahas secara mendalam mengenai konsep politeia yang dalam bahasa Yunani disebut sebagai suatu cara hidup. Secara sederhana, buku ini akan membawamu menyusuri bagaimana manusia bermasyarakat dan bentuk negara yang menaungi masyarakat itu sendiri.

9. Animal Farm – George Orwell

rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik

Kalau di atas penulis sudah memberikan beberapa rekomendasi ‘buku serius’ atau buku yang akan kamu temui di berbagai mata kuliah, maka rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik berikutnya berjudul Animal Farm karya George Orwell.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Buku ini tergolong novel politik satire yang sangat menarik untuk dibaca karena keseluruhan tokohnya diimajinasikan sebagai hewan (babi), tetapi memiliki sifat-sifat seperti manusia khususnya tokoh politik.

Keseluruhan ceritanya pun disusun dengan menyenangkan dan tidak berbelit, jadi sangat cocok untuk kamu baca ketika sedang suntuk. Tak hanya itu, Animal Farm sendiri termasuk buku yang dapat habis hanya dalam 1-2 hari saja guys.

10. Laut Bercerita – Leila S. Chudori

Belakangan, novel karya Leila S. Chudori kembali mencuat di kalangan pelajar muda Indonesia. Setelah sempat sukses dengan novel berjudul pulang, Chudori kembali menulis sebuah novel yang mengangkat kisah kelam 1998 berjudul Laut Bercerita.

Secara singkat, novel ini bercerita mengenai Laut yang merupakan seorang mahasiswa di Yogyakarta. Ia bersama beberapa rekannya melakukan sebuah aksi untuk membela hak rakyat, sayangnya sebelum hal ini terlaksana terjadilah pengkhianatan yang membuatnya harus terseret kejaran intel.

Sekilas novel ini mirip dengan Saman karya Ayu Utami yang berlatar di tahun 1998 juga guys. Namun, Saman sendiri masih jauh lebih kental mengangkat kesan mistis atau realisme magis daripada novel karya Chudori ini.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi buku mahasiswa ilmu politik yang bisa kamu baca selama liburan ini guys. Tidak perlu terlalu serius dengan menargetkan sebulan 4 atau 5 buku sekaligus, cukup 1-2 saja. Setidaknya kamu bisa menyicil untuk materi perkuliahan nanti.

Ingat guys, perkuliahan sendiri memiliki sistem belajar yang cukup berbeda dari SMA atau SMP. Di bangku kuliah, kamu dituntut untuk lebih mengeksplorasi secara mandiri ilmu pengetahuan yang ada maupun konsentrasi di jurusanmu.

Sekali lagi, penulis ucapkan selamat karena diterima melalui jalur SNMPTN dan selamat liburan! Eits, jangan lupa membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Rekomendasi Novel Fantasi Paling Menakjubkan yang Wajib Kamu Baca!

Membaca novel fantasi menjadi sebuah sensasi yang menyenangkan untuk dilakukan, terutama d…