10 Rekomendasi Sekolah Culinary Arts Terbaik di Indonesia, Adakah Kampus Idamanmu?

Culinary menjadi salah satu jurusan yang belakangan digandrungi oleh muda-mudi di Indonesia. Kini ada banyak banget kampus atau institusi yang menyediakan jurusan culinary atau bahkan didirikannya sekolah khusus untuk pastry hingga culinary arts. 

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan beberapa rekomendasi sekolah culinary arts yang bisa menjadi pertimbanganmu sebelum masuk dunia perkuliahan nanti. Berbagai kampus atau institusi di bawah ini tentunya sangat kredibel untuk mempersiapkanmu terjun ke dunia culinary guys. 

Kira-kira ada apa aja sih? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys! 

Rekomendasi Sekolah Culinary Arts

1. Bali Culinary Pastry School

rekomendasi sekolah culinary arts
Sumber: baliculinarypastryschool.com

Rekomendasi sekolah culinary arts yang pertama adalah Bali Culinary Pastry School. Terletak di Pulau Dewata, sekolah satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan kreativitas di bidang pastry atau baking guys. 

Sekolah satu menawarkan program berstandar internasional dengan harga yang bisa terbilang masih affordable guys. Oh iya, sesuai namanya Bali Culinary Pastry sendiri hanya berfokus di bidang pembuatan pastry dan juga modifikasinya guys. Menariknya sekolah satu ini juga menyediakan beasiswa bagi kamu yang berprestasi lho!

2. The Sages Institute

Berikutnya ada The Sages Institute sebagai rekomendasi sekolah culinary arts yang cukup bergengsi di Indonesia. Sekolah satu ini terletak di Surabaya dan menjalin dengan banyak negara di bidang kulinernya, jadi bisa dibilang berstandar internasional juga guys. 

The Sages Institute juga menawarkan lebih banyak praktek alih-alih teori belaka. Salah satu mata kuliah unik yang ditawarkan oleh sekolah ini adalah Gastronomic Science yang memadukan ilmu gastronomy dengan sains guys. 

Baca Juga:  Rincian Tugas Pokok Panitia Ujian Nasional

Dikarenakan berstandar internasional, maka berbagai peralatan yang disediakan hingga dapur yang digunakan pun juga berstandar internasional lho. Bahkan kamu mendapat berbagai pengetahuan di bidang culinary arts, pastry, baking, bar and beverage, hingga manajemen restoran. Apakah kamu tertarik guys?

3. Bogasari Baking Center

rekomendasi sekolah culinary arts
Sumber: tribunnews.com

Di urutan ketiga dari rekomendasi sekolah culinary arts terdapat Bogasari Baking Center. Yap, sesuai namanya, sekolah satu ini berfokus di bidang baking atau pembuatan kue guys. Sebagai salah satu produsen tepung terigu paling bergengsi di Indonesia, Bogasari menawarkan pendidikan di bidang memasak juga. 

Bogasari Baking Center sendiri terletak di beberapa wilayah di Indonesia seperti Semarang hingga Bandung. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan domisilimu saat ini guys. Tak hanya itu, Bogasari Baking Center juga menyediakan jasa konsultasi untukmu bahkan setelah lulus nanti. 

4. Indonesia Patisserie School

Rekomendasi sekolah culinary arts berikutnya adalah Indonesia Patisserie School. Yap, sekolah satu ini termasuk ke dalam primadona lho, khususnya di bidang kue. Di dalamnya kamu bisa bereksplorasi sepuasnya mengenai kue maupun pastry. Bisa dibilang sih, sekolah satu ini termasuk gudangnya kreativitas di kedua bidang itu. 

Lantas letaknya di mana? Sekolah satu ini terletak di DKI Jakarta dan sangat menarik untuk kamu yang hendak fokus di bidang pastry guys. Indonesia Patisserie School didirikan oleh Djap Siau Kan sejak tahun 1994. FYI, beliau merupakan seorang master di bidang bakery hingga pastry guys. 

5. Ottimo International Master Gourmet

rekomendasi sekolah culinary arts
Sumber: id.quora.com

Yap, Ottimo International Master Gourmet menjadi salah satu rekomendasi sekolah culinary arts yang tak kalah keren dan menjadi incaran bagi banyak pelajar di Indonesia. Meskipun tergolong baru didirikan, yakni pada tahun 2012 tetapi Ottimo menjadi salah satu primadona di Indonesia. 

Baca Juga:  Rangkaian Seri dan Paralel, Mana yang Lebih Terang?

Sekolah ini menawarkan kurikulum yang terdiri dari 80% praktek dan 20 persen teori guys. Selain berkreasi di bidang cake atau kue, sekolah ini juga menawarkanmu pengetahuan di bidang masak seperti dapur panas dan dingin, bakery lab, maupun informasi lengkap mengenai bumbu hingga rempah-rempah. 

6. Imperial Cooking School Tokyo

Selanjutnya ada Imperial Cooking School Tokyo sebagai sekolah culinary arts yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam menuntut ilmu di kemudian hari. Salah satu keunggulan dari sekolah ini adalah terletak di wilayah Jabodetabek, di tengah banyaknya sekolah culinary di wilayah Surabaya guys. 

FYI, sekolah ini didirikan pada tahun 2007 oleh salah satu chef terkemuka asal Jepang yaitu Chef Hideyoshi. Sayangnya, sekolah satu ini hanya mengajarkan dishes pada taraf internasional saja atau dengan kata lain kamu tidak akan menemukan pelajaran mengenai makanan tradisional di sekolah satu ini guys. 

7. Tristar Culinary Institute

rekomendasi sekolah culinary arts
Sumber: tristarculinary.net

Next, rekomendasi sekolah culinary arts yang tak kalah keren berikutnya adalah Tristar Culinary Institute. Sekolah satu ini terletak di beberapa wilayah di Indonesia guys, mulai dari Semarang, Bogor, hingga Pontianak. Jadi, kamu yang tertarik bisa menyesuaikannya sesuai domisilimu. 

Menariknya, sekolah ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu 3 tahun saja lho atau setara dengan D3. Terdapat beberapa program yang ditawarkan oleh Tristar Culinary Institute guys, mulai dari culinary, perhotelan, dan juga patisserie. Artinya, kamu yang hendak mendalami dan berkreasi mengenai kue maupun pastry bisa langsung mendaftar ke sekolah satu ini guys. 

8. Ions Culinary College

Sekolah satu ini berlokasi di Kota Pelajar alias Yogyakarta, yap rekomendasi sekolah culinary arts satu ini bernama Ions Culinary College yang juga bertaraf internasional guys. Seperti biasa, sekolah ini lebih menekankan mengenai praktek alih-alih teori. 

Baca Juga:  Kenapa Kabel Listrik Menggunakan Kawat Tembaga?

Menariknya, program yang ditawarkan pun tidak hanya mengenai sekolah culinary arts melainkan juga program kursus masak yang tersedia untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa guys. Jadi, kamu yang berminat bisa mencoba kursusnya terlebih dulu.

9. Monas Pacific Culinary Academy

rekomendasi sekolah culinary arts
Sumber: monaskuliner.ac.id

Kembali ke Surabaya, rekomendasi sekolah culinary arts satu ini bernama Monas Pacific Culinary Academy yang terletak di Surabaya. Usut punya usut, sekolah satu ini didapuk menjadi sekolah masak tertua yang ada di Indonesia lho guys. 

Oleh karena itu, Monas Pacific sendiri sangat berpengalaman dalam mencetak berbagai chef handal di Indonesia. Hal ini didukung pula dengan sistem pembelajarannya yang bertaraf internasional seperti Wales University bahkan California Culinary Academy di Amerika Serikat. 

10. Sekolah Kuliner Budi Mulia

Rekomendasi sekolah culinary arts yang terakhir adalah Budi Mulia. Sedikit berbeda dengan berbagai sekolah culinary di atas, sekolah satu ini lebih menekankan pembelajaran secara umum atau berbagai jenis masakan alih-alih culinary arts belaka. 

Akan tetapi, sekolah satu ini bisa dibilang cukup bergengsi dan menghasilkan banyak chef handal di bidangnya guys. Bahkan Sekolah Kuliner Budi Mulia sendiri memiliki akreditasi A dengan harga yang bisa dibilang masih cukup terjangkau. Oh iya, kamu bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah ini hanya dalam waktu 3 tahun aja lho!

Yap, di atas adalah beberapa rekomendasi sekolah culinary arts yang bisa menjadi pilihanmu dalam menentukan tempat menimba ilmu pada saat kuliah nanti. Siapa tahu kelak kamu bisa menjadi seorang ahli di bidang culinary maupun pastry. 

So, untuk kamu yang betul-betul ingin mendalami bidang ini maka penulis sangat menyarankanmu untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan pernah menyerah ya! Semangat selalu pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak …