Ketahui Yuk, 6 Buku untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pelajar

Membaca buku memang memiliki banyak manfaat. Kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa, menambah kosakata, menemukan pemikiran atau pandangan baru, hingga menambah wawasan. Bahkan buku juga dapat memengaruhi pembacanya.

Ada buku yang memberi wawasan pengetahuan umum, buku untuk meningkatkan kreativitas dan ada buku yang mampu mengubah kebiasaanmu. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa rekomendasi buku untuk meningkatkan kreativitasmu.

Penasaran? Yuk, langsung kepoin ulasan di bawah ini ya!

Rekomendasi Buku Untuk Meningkatkan Kreativitas 

1. Keep Going

buku untuk meningkatkan kreativitas
Sumber: aliem.com

Keep Going ditulis oleh Austin Kleon. Buku ini berisi 10 aturan sederhana untuk tetap menjadi kreatif, fokus, dan setia pada diri sendiri. 10 peraturan ini dapat kamu pelajari dan ikuti untuk mengasah kemampuan kreatif dalam kehidupan. Keep Going juga dapat menjadi refleksi untuk lebih memaknai kehidupan.

Buku ini mengajarkan kamu untuk membentuk kebiasaan atau rutinitas sehari-hari agar lebih produktif. Selain itu, kamu juga dapat mengenal diri sendiri lebih dalam. Salah satu caranya dengan mengambil waktu untuk melepaskan diri dari dunia luar termasuk gadget.

2. Fish Eye

Fish Eye ditulis oleh Handoko Hendroyono. Handoko Hendroyono merupakan orang Indonesia yang patut kamu dukung karyanya. Buku ini membuat kamu berpikir lebih kreatif dalam menyelesaikan pemasalahan yang ada dalam hidup.

Pak Handoko Hendroyono juga membantumu untuk menerbitkan ide-ide baru dalam dunia bisnis, kreativitas, dan kemasyarakatan. Penulisan buku ini sendiri berawal dari berbagai pertanyaan seputar keadaan di Indonesia selama beberapa tahun.

Baca Juga:  5 Alasan Kenapa Generasi Sekarang Penentu Masa Depan

Beberapa pertanyaan tersebut seperti mengapa brand lokal sulit berkembang di Indonesia, seberapa jauh perkembangan teknologi informasi bisa membantu, dan masih banyak lagi. Dalam buku ini, Pak Handoko akan mengulas pertanyaan tersebut dengan jawaban cerdas dan menarik.

3. Kreatif Sampai Mati

buku untuk meningkatkan kreativitas

Kreatif Sampai Mati ditulis oleh Wahyu Aditya. Buku ini mengajarkan mengenai cara untuk menuangkan kreativitas secara spontan, dalam keterbatasan, dan dengan fleksibel. Buku ini sangat berguna untuk menghadapi permasalahan atau kejadian tak terduga dengan cara yang kreatif, sehingga kamu dapat menyelesaikannya dengan baik.

Buku ini menekankan bahwa kreatif itu berbeda. Kreatif itu membalikkan cara pandang dan kreatif membutuhkan niat yang kuat. Sehingga, dengan buku ini kamu mendapatkan cara pandang yang berbeda dan beragam untuk menumbuhkan kreativitas dalam keadaan yang dibutuhkan.

Semakin dewasa maka semakin jarang untuk berimajinasi dan takut untuk mengeluarkan ide. Namun, dengan buku ini kamu diajak untuk kembali berani.

4. The Magic of Creativity

The Magic of Creativity ditulis oleh Peng Kheng Sun. Dalam buku ini, Peng Kheng Sun membahas peranan kreatvitas dalam kehidupan manusia. Kreativitas dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup dan menggapai segala sesuatu.

Selain itu, kreativitas juga digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang tak bisa lagi diselesaikan dengan cara biasa. Sehingga kamu diajak untuk berpikir lebih kreatif.

Dalam buku ini juga dibahas bahwa kreativitas bermanfaat untuk merealisasikan potensi diri. The Magic of Creativity memaparkan berbagai hukum kreativitas yang dapat diaplikasikan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Melalui buku ini diharapkan kamu bisa mengaplikasikan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.

5. Think Like a Freak

buku untuk meningkatkan kreativitas
Sumber: femina.co.id

Think Like a Freak ditulis oleh Steven Levitt dan Stephen J. Dubner. Buku ini mengajak kamu untuk berpikir tidak bisa guna menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik untuk Calon Mahasiswa Fakultas Hukum 2021!

Buku berisi pertanyaan-pertanyaan aneh yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Dari pertanyaan-pertanyaan itu nantinya akan menghasilkan pikiran yang tidak biasa dan menjadi suatu bentuk kreativitas. 

Salah satu contoh pertanyaannya yaitu, ‘’Apakah orang yang menikah itu bahagia ataukah orang yang bahagialah yang menikah?’’ pertanyaan tidak terduga seperti inilah yang justru membuka lebih luas pikiran kamu.

Setelah menemukan pertanyaan, kamu diajak untuk menganalisis dan berpikir mengenai jawaban yang tepat. Dengan begitu, pola pikirmu akan lebih terasah, kreatif, dan rasional.

6. Big Magic

Big Magic ditulis oleh Elizabeth Gilbert. Buku ini berisi perjalanan perburuan dalam menemukan kehidupan yang kreatif. Jika kamu ingin tahu cara dan perjalanan dalam menemukan kreativitas atau dalam menggali proses kreatif, maka kamu bisa membaca buku ini.

Setelah membacanya, mungkin kamu dapat terinspirasi dan membuat kisah perjalanan menemukan kreativitas milikmu sendiri.  Big Magic yang dimaksud dalam buku ini adalah potensi diri yang dianalogikan seperti harta karun tersembunyi dalam diri kamu.

Meraih Big Magic adalah menemukan potensi diri kamu dan menunjukkannya ke dunia luar. Buku ini mengajarkan kamu untuk melepaskan ketakutan, memanggil keberanian, dan bertemu dengan inspirasi. Berisi kisah-kisah yang menarik untuk dibaca, sehingga dapat menginspirasi kamu.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi buku bacaan yang bisa kamu baca untuk mangasah kreativitas. Kreatif bisa dalam berbagai bidang seperti kreatif dalam menghadapi masalah, mengembangkan potensi diri dengan cara yang kreatif, hingga membuat suatu karya.

Semua orang dapat berpikir kreatif jika mereka mau mencoba dan mengembangkannya. Sehingga, kamu pun bisa jika mau berusaha mencari tahu. Menjadi kreatif sangat penting bagi kehidupan baik ketika masa sekolah saat ini, maupun ketika kamu berada di dunia kerja nantinya.

Baca Juga:  Resensi Buku Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN Soshum

Kreativitas dapat membantu kamu menciptakan segala sesuatu yang unik dan berbeda. Selain itu, kreativitas dapat membantumu menjalani hidup dengan lebih baik. Bacalah buku ketika waktu luang karena kamu akan mendapat banyak manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…